Lionel Messi Ungkap Alasan Tidak Ikut Olimpiade Olimpiade 2024

Bintang Inter Miami, Lionel Messi putuskan fokus bela timnas Argentina pada Copa America dan mundur dari Olimpiade Paris 2024.

oleh Rossa Izza Amalia diperbarui 14 Jun 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2024, 14:00 WIB
Lionel Messi - Inter Miami
Penyerang Inter Milan Lionel Messi berselebrasi setelah mencetak gol dalam pertandingan Grup J Piala Liga melawan Cruz Azul di Stadion DRV PNK di Fort Lauderdale, Florida, pada 21 Juli 2023. (Chandan Khanna / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi telah menegaskan bahwa dirinya tidak akan bermain di Olimpiade 2024 bersama Argentina. Dalam wawancara eksklusif dengan ESPN Argentina, Messi mengungkapkan bahwa tampil di Olimpiade setelah Copa America akan menjadi beban yang terlalu berat.

Saat ini, Messi, yang berusia 36 tahun, tengah bersiap membela Argentina dalam mempertahankan gelar Copa America di Amerika Serikat. Turnamen ini dimulai pada 20 Juni dan akan berakhir pada 14 Juli. Messi dan tim nasional Argentina bertekad untuk mengulang kesuksesan mereka dan membawa pulang trofi.

Cabor sepak bola putra Olimpiade, yang berlangsung dari 24 Juli hingga 9 Agustus, sebenarnya diperuntukkan bagi pemain di bawah usia 23 tahun. Namun, peserta bisa membawa tiga nama senior.

Sempat dirumorkan tertarik ikut serta, Messi akhirnya memastikan tidak berangkat ke Paris. Kepada ESPN, dia mengaku sudah berbicara dengan pelatih Argentina U-23, Javier Mascherano, dan mengungkapkan alasannya..

"Saya berbicara dengan Mascherano dan sebenarnya kami berdua memahami situasi,” ujar Messi. “Sulit untuk memikirkan Olimpiade karena saat ini kami berada di Copa America. Ini akan menjadi dua, tiga bulan berturut-turut jika saya tidak bersama klub, dan lebih dari segalanya, saya berada pada usia yang membatasi untuk ikut serta dalam semua turnamen."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keputusan yang Dipertimbangkan Matang

Foto: Daftar 5 Pemain dengan Caps Terbanyak Bagi Timnas Argentina di Piala Dunia, Lionel Messi Siap Lewati Rekor Maradona
Lionel Messi. menjadi Sosok paling berpengaruh di Timnas Argentina saat ini, pemain berusia 35 tahun ini tercatat telah mengoleksi 19 caps dengan torehan 6 gol dan 5 assist bersama Argentina di ajang Piala Dunia dan berpeluang melewati rekor Diego Maradona sebagai penampil terbanyak. Jumlah tersebut dicatatkannyanya dalam 4 edisi Piala Dunia, yaitu mulai 2006 hingga 2018. Prestasi terbaiknya yaitu saat membawa Argentina menjadi runner-up pada edisi 2014 di Brasil setelah kalah 0-1 (0-0) dari Jerman lewat perpanjangan waktu di partai final. (AFP/Andres Kudacki)

Messi menjelaskan bahwa bermain di dua turnamen besar secara berurutan akan sangat menguras fisik dan mentalnya.

"Saya harus memilih dengan hati-hati, dan bermain di dua turnamen berturut-turut akan terasa berat. Saya sangat beruntung bisa bermain di Olimpiade sebelumnya, memenangkannya bersama Masche. Itu adalah pengalaman yang luar biasa di level sepak bola. Olimpiade, tim U-20, kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan," tutur Messi.

Keputusan ini juga dipengaruhi oleh komitmen Messi terhadap klubnya, Inter Miami. Messi berpeluang melewatkan setidaknya lima pertandingan Inter Miami saat tampil di Copa America. Dia bakal absen lebih lama lagi jika juga mengikuti Olimpiade.

Pelatih Inter Miami, Gerardo "Tata" Martino, yang akan kehilangan banyak pemain karena berbagai turnamen musim panas ini, sebelumnya menyatakan anak asuhnya harus memilih antara bermain di Copa America atau Olimpiade.

"Saya mendukung tim nasional, namun dalam hal ini ada dua kompetisi (Copa America dan Olimpiade) yang berdekatan dan itu berarti seorang pemain harus absen lebih dari dua bulan." kata Martino pada bulan Februari.


Kenangan Manis Olimpiade

Messi Akhiri Puasa Gelar Argentina
Penyerang Argentina, Lionel Messi merayakan trofi Copa America 2021 bersama rekannya usai mengalahkan Brasil 1-0 dalam pertandingan final di stadion Maracana, Brasil, Minggu (11/7/2021). Inilah kali pertamanya Messi mempersembahkan trofi juara bagi Albiceleste. (AP Photo/Bruna Prado)

Messi memiliki kenangan manis terkait Olimpiade. Pada tahun 2008 di Beijing, ia memenangkan medali emas bersama Javier Mascherano. Sejak itu, ia melengkapi serangkaian gelar internasional dengan meraih gelar Piala Dunia U-20 2005, Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022.

Dengan fokusnya yang sepenuhnya tertuju pada Copa America, Messi berharap bisa memberikan yang terbaik untuk tim nasional Argentina dan klubnya, Inter Miami, tanpa harus menghadapi beban fisik yang berlebihan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya