Hasil Euro 2024 Italia vs Albania: Dikejutkan Gol Cepat 23 Detik, Gli Azurri Sukses Tempel Spanyol

Italia sempat terkejut dengan gol cepat yang dicetak Albania tapi berhasil mengamankan tiga poin usai menang 2-1 pada laga grup B Euro 2024 di stadion Signal Iduna Park.

oleh Defri Saefullah diperbarui 16 Jun 2024, 03:55 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2024, 03:54 WIB
Timnas Italia Euro 2024
Timnas Italia merayakan gol penyeimbang ke gawang Albania yang dicetak oleh Alessandro Bastoni pada laga grup B Euro 2024 di Signal Iduna Park (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Italia berhasil mengamankan tiga poin penting usai menang 2-1 atas Albania dalam pertandingan grup B Euro 2024 di stadion Signal Iduna Park, Minggu (16/6/2024) dini hari WIB. Dua gol dari Davide Bastoni dan Nicolo Barella selamatkan Italia dari perlawanan sengit Albania.

Hasil ini juga menempatkan Italia tepat di bawah Spanyol di klasemen grup B Piala Eropa 2024. Sama-sama mengoleksi 3 poin, Italia hanya kalah produktivitas gol saja.

Albania langsung mencetak gol kejutan saat pertandingan baru berjalan 23 detik. Nadim Bajrami mengejutkan Italia lewat tendangan kerasnya di kotak penalti sehingga membuat skor jadi 1-0 di menit ke-1.

Italia nyaris saja langsung membalas di menit ke-2. Namun tendangan Lorenzo Pellegrini masih melebar. Dalam dua edisi Euro sebelumnya pada 2016 dan 2020, Italia tak pernah kebobolan lebih dari 1 gol, tapi mereka juga tidak produktif.

Italia akhirnya membalas gol di menit ke-11. Lewat skema apik dari tendangan sudut, Bastoni mencetak gol usai manfaatkan umpan Federico di Marco. Skor pun berubah jadi 1-1.

Setelah dikejutkan gol cepat Albania, Italia makin mendominasi permainan. Italia pun menambah gol di menit ke-16 lewat Nicolo Barella yang manfaatkan umpan Di Marco. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Setelah gol tersebut pertandingan berjalan berimbang. Italia kebut serangan ke gawang Albania, tapi Albania tetap memberi perlawanan sengit sehingga tak ada gol tambahan hingga menit ke-30.

Davide Frattesi membuka peluang emas buat Italia. Mendapatkan umpan dari Chiesa di menit ke-33, tapi tembakannya masih mengenai tiang. Skor bertahan 2-1 untuk keunggulan Italia.

Upaya Italia menambah gol Kembali mental saat tendangan Gianluca Scamacca ditepis kiper Albania. Scamacca gagal mengubah skor 2-1 usai manfaatkan umpan Pellegrini di menit ke-39.

Albania juga mencoba peruntungan lewat Asani di menit ke-44. Namun tembakan Asani dari kotak penalti masih melambung terlalu jauh dari gawang Italia. Italia juga gagal manfaatkan sundulan lewat sundulan Pellegrini di injury time babak pertama.

Hingga babak pertama berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan Italia tetap bertahan. Apakah Albania bisa membalas gol di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua Italiavs Albania di Euro 2024

Alesandro Bastoni Euro 2024
Alesandro Bastoni mencoba lewati pemain Albania saat pertandingan grup B Euro 2024 di stadion Signal Iduna Park (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Babak kedua berlangsung dalam tempo kencang. Italia dan Albania sama-sama mendapatkan peluang tapi tak ada gol tambahan sampai menit ke-55.

Federico Chiesa mencoba peruntungan di menit ke-59. Tapi tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti sedikit melebar dari gawang Albania.

Italia membuka peluang lagi lewat Di Lorenzo di menit ke-66, tapi sundulannya mengenai pemain Albania dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Italia mulai kesulitan untuk menambah gol. Serangan-serangan Italia lebih rapih diantisipasi oleh Albania yang tampil spartan hingga menit ke-75.

Italia melakukan dua pergantian pemain Bryan Cristante dan Andrea Cambiaso untuk memperbaiki lini serang pada menit ke-77. Sedangkan Lorenzo Pellegrini dan Federico Chiesa ditarik keluar.

Albania nyaris saja dapatkan peluang di menit ke-81. Namun umpan terobosan gagal dimanfaatkan Rey Manaj yang baru masuk di babak kedua. Skor 2-1 pun masih bertahan.

Albania membuka peluang lewat Rey Manaj di menit ke-90. Namun umpan silangnya ta ada yang menyambut di kotak penalti. Albania nyaris samakan skor.

Hingga pertandingan berakhir, Italia berhasil jaga keunggulan 2-1 atas Albania. Sebuah kemenangan dengan susah payah.


Susunan Pemain Italia vs Albania

Nadim Bajrami Euro 2024
Winger Albania Nadim Bajrami menciptakan sensasi menjadi pencetak gol tercepat di Euro 2024 kali ini ke gawang Italia (AP)

Italia (4-2-3-1): Donnarumma; Giovani Di Lorenzo, Calaviori, Bastoni, Federico Di Marco; Nicola Barella, Jorginho; Frattesi, Pellegrini, F Chiesa; Gianluca Scmacca

Albania (4-3-3): Strakosha; Hysaj, Ajeti, Berat Djimsiti, Mitaj; Asllani, Ramadani, Bajrami; Asani, Alejandro Broja, T Seferi

Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A-F
Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A-F (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya