Masuk Grup Sulit Bulu Tangkis Olimpiade 2024, Pelatih Ganda Indonesia Soroti Pentingnya Persiapan

Pelatih ganda putri Indonesia Eng Hian menyoroti pentingnya persiapan teknik, fisik, hingga mental Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti saat mengarungi persaingan sengit bulu tangkis Olimpiade 2024.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 13 Jul 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2024, 09:00 WIB
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti - Apri/Fadia - Malaysia Open 2022 - 3 Juli-1
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berpelukan dengan pelatih kepala ganda putri Eng Hian. (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih ganda putri Indonesia Eng Hian menyoroti pentingnya persiapan teknik, fisik, hingga mental Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti saat mengarungi persaingan sengit bulu tangkis Olimpiade 2024.

“Fadia/Apri harus lebih siap secara teknik, fisik dan mental dengan grup ini,” kata Eng Hian pada keterangan PP PBSI.

Berdasar undian yang berlangsung Jumat (12/7/2024), Apri/Fadia masuk Grup A bersama unggulan pertama asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di Olimpiade Paris. Keduanya juga mesti saling sikut melawan pasangan Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dan wakil Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

“Kita semua tahu rekor pertemuan dengan pasangan Tiongkok dan Malaysia di pertemuan terakhir hasilnya kurang baik, dengan pasangan Jepang walaupun pertemuan terakhir menang tapi cukup alot pertandingannya,” jelas Eng Hian.

“Saya berharap Fadia/Apri dapat lebih fokus mempersiapkan diri pertandingan per pertandingan, mengenai hasil itu nanti kita lihat di lapangan,” ujarnya menambahkan.

Di sektor ganda campuran Olimpiade 2024, pelatih Herry Iman Pierngadi menilai semua grup memiliki tantangan masing-masing. Maka Setiap pemain memiliki kans untuk lolos.

“Tidak ada grup yang mudah tapi tapi saya rasa semua punya kans yang sama untuk bisa lolos dari grup,” kata Herry IP.

Wakil Indonesia satu-satunya di nomor ganda campuran adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Seperti Apri/Fadia, mereka juga bertemu unggulan pertama asal China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di Grup A. Rinov/Pitha turut bersua ganda Korea Selatan Kim Won-ho/Jeong Na-eun dan wakil tuan rumah Thom Gicquel/Delphine Delrue.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PP PBSI Tanggapi Hasil Undian Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024

Kasubid Pengembangan Prestasi Daerah PP PBSI, Ricky Soebagdja
Kasubid Pengembangan Prestasi Daerah PP PBSI, Ricky Soebagdja, memberikan keterangan saat jumpa pers di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (01/12/2022). (Bola.com/M iqbal Ichsan)

Sebelumnya Kabid Binpres PP PBSI Ricky Soebagdja menilai undian sulit wakil Indonesia tidak boleh disikapi dengan pesimis. Dia meminta para atlet untuk tetap bersemangat memberikan yang terbaik.

"Memang tidak ada lawan yang mudah di Olimpiade. Semua lawan sama beratnya dan pasti semua akan melakukan yang terbaik untuk hasil yang terbaik juga," kata Ricky Soebagdja.

"Untuk ganda putra, kami masih menunggu keputusan final dari BWF dan IOC terkait penambahan peserta untuk ganda Prancis. Semoga tidak berlarut-larut dan bisa segera dilakukan undian," tandasnya.


Hasil Drawing Wakil Indonesia di Olimpiade 2024

Doa Bersama PBSI-Skuad Bulu Tangkis Indonesia Menuju Olimpiade Paris 2024
Para atlet bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 (dari kiri) Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu, Pitha Haningtyas Mentari, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Rinov Rivaldy, Muhammad Rian Ardianto dan Fajar Alfian berfoto bersama usai acara doa bersama untuk kesuksesan skuad bulu tangkis Indonesia menuju Olimpiade Paris 2024 di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Kamis (11/7/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Tunggal Putra

Grup H

Anthony Sinisuka Ginting (INA)

Toma Junior Popov (FRA)

Howard Shu (USA)

Grup L

Jonatan Christie (INA)

Lakshya Sen (IND)

Kevin Cordon (GUA)

Julien Carraggi (BEL)

Tunggal Putri

Grup G

Gregoria Mariska Tunjung (INA)

Polina Buhrova (UKR)

Tereza Svabikova (CZE)

Ganda Putri

Grup A

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (CHN/1)

Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (JPN)

Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (MAS)

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (INA)

Ganda Campuran

Grup A

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (CHN/1)

Kim Won-ho/Jeong Na-eun (KOR)

Thom Gicquel/Delphine Delrue (FRA)

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (INA)

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya