Ilkay Gundogan Tutup Karier di Timnas Jerman, Juga Bakal Tinggalkan Barcelona?

Ilkay Gundogan mengumumkan pensiun dari sepak bola Internasional setelah memimpin Jerman sebagai kapten di Euro 2024. Gelandang Barcelona berusia 33 tahun itu mencetak 19 gol dalam 82 penampilan Internasional dan mengumumkan keputusannya di akun media sosial pribadi.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 20 Agu 2024, 19:30 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2024, 19:30 WIB
Ilkay Gundogan, Timnas Jerman, Euro 2024
Gelandang timnas Jerman, Ilkay Gundogan, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Hungaria dalam laga Grup A Euro 2024 di Stuttgart Arena, Rabu (19/6/2024) malam WIB. (THOMAS KIENZLE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Ilkay Gundogan mengumumkan pensiun dari sepak bola Internasional setelah memimpin Jerman sebagai kapten di Euro 2024.

Gelandang Barcelona berusia 33 tahun itu mencetak 19 gol dalam 82 penampilan Internasional dan mengumumkan keputusannya di akun media sosial pribadi.

"Setelah beberapa minggu mempertimbangkan, saya sampai pada kesimpulan bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri karier tim nasional," tulisnya.

"Saya melihat kembali dengan penuh kebanggaan 82 pertandingan internasional untuk negara, sebuah angka yang tidak pernah saya impikan ketika melakoni debut untuk tim nasional senior pada tahun 2011."

Gundogan mengikuti jejaknya Thomas Muller yang pensiun dari tim nasional setelah Euro 2024, ketika Jerman tersingkir oleh Spanyol di perempat final. Kedua pemain ini menutup babak dalam karier Internasional mereka setelah menjalani periode sulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bangga Pimpin Jerman di Euro 2024

Grup E Piala Dunia 2022: Jerman vs Jepang
Pemain Timnas Jerman, Ilkay Gundogan (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol lewat eksekusi penalti ke gawang Timnas Jepang dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Luca Bruno)  

 

Pada Piala Dunia 2018, keduanya gagal membantu Jerman mencapai babak gugur. Jerman lalu kalah dari Inggris di babak 16 besar Euro 2020.

"Yang paling berkesan bagi saya adalah kehormatan besar karena bisa memimpin tim sebagai kapten pada Euro 2024 di kandang sendiri," ungkapnya.

"Tetapi bahkan sebelum turnamen, saya merasakan kelelahan tertentu di tubuh dan juga di kepala saya, yang membuat saya berpikir. Sedangkan jumlah pertandingan di tingkat klub dan nasional tidak berkurang."

"Saya pasti akan terus menjadi penggemar tim nasional dan saya sangat berharap kita dapat melanjutkan tren positif ini bersama-sama. Tidak ada yang dapat menghentikan kita untuk menjadi salah satu pesaing utama untuk meraih gelar di Piala Dunia 2026. Kita memiliki pelatih yang fantastis, skuad yang sangat kuat, dan semangat tim yang hebat." sambungnya.


Masa Depan Ilkay Gundogan di Barcelona

Wajah Sedih Pemain Barcelona
Reaksi gelandang Barcelona Ilkay Gundogan pada penghujung laga leg kedua perempat final Liga Champions 2023/2024 menghadapi PSG, di Stadion Olimpic Lluis Companys, Rabu (17/4/2024) dini hari WIB. (AP Photo/Joan Monfort)

Selain timnas, masa depan Gündogan di Barcelona juga belum jelas. Laporan media Spanyol mengatakan bahwa Gündogan akan pergi sebelum bursa transfer ditutup, hanya bertahan setahun setelah didatangkan dari Manchester City.

Namun, manajer Barcelona Hansi Flick yakin Gundogan tetap bertahan bersama tim musim ini. Beberapa sumber dari ESPN mengungkapkan bahwa Gundogan akan berbicara ketika waktunya sudah tepat, meskipun untuk saat ini dia menegaskan niatnya untuk bertahan di Barcelona.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya