Akademi Basket Kelly Purwanto Jadi Tuan Rumah Academy League Seri 3

KBA merupakan akademi bola basket Kelly Purwanto. Mereka mendapat kesempatan jadi tuan rumah seri III Liga Basket Antar Akademi.

oleh Thomas diperbarui 02 Sep 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 07:00 WIB
Peserta Liga Basket Antar Akademi
Peserta Liga Basket Antar Akademi

Liputan6.com, Jakarta- Untuk menjaga regenerasi bola basket di Indonesia, gebrakan memajukan basket tingkat pemula (akademi) tengah tengah digalakkan oleh Kelly Basketball Akademi (KBA) Tangsel dan juga tiga akademi basket lainnya yakni Tamtelahitu Basketball Akademi (TBA) Jakarta, Asaba Jakarta dan Thunderstorm Bogor. Mereka dengan menggelar liga basket antar akademi yang diharapkan kelak akan menjadi cikal bakal kompetisi basket antar akademi nasional.

Erza Antu Bomantara, salah satu founder KBA mengatakan bahwa kompetisi antar akademi basket ini merupakan pilot project yang diusung bersama keempat akademi tersebut dengan harapan kedepannya akan menjadi besar dan bisa diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia yang mempunyai akademi basket.

"Jadi ini merupakan impian kami semua agar akademi basket semakin menjamur diseluruh Indonesia. Kenapa akademi? Karena akedemi ini adalah cikal bakal bagi pebasket pemula yang membutuhkan proses dan sekaligus juga kita mengenalkan wadah untuk berkompetisi awal," ujar Erza Antu Bomantara.

"Sedangkan kalau mereka main di klub, mereka belum saatnya dan masih butuh polesan basic fundamental basket. Yang terutama para pemainnya merupakan 100 % binaan akademi dan tidak ada model pemain yang berpindah-pindah secara instan seperti level kompetisi antar klub," kata Erza Antu Bomantara.

Lebih lanjut Erza mengatakan bahwa event ini sudah berlangsung sejak Januari dan saat ini akan memasuki seri ke III "Gas Kita PGN" dimana KBA (akademi basket milik Kelly Purwanto) akan menjadi tuan rumah yang didukung penuh oleh Perusahaam Gas Negara (PGN) mulai dari tanggal 7-8 September dan 14-15 September di GOR Fullbelly Sport Kota Bogor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbagai Kategori

Kelly Purwanto memberikan pelatihan
Kelly Purwanto memberikan pelatihan

Sua seri sebelumnya telah sukses berlangsung pada bulan Januari dan Mei kemarin, dimana TBA dan Asaba bergantian menjadi tuan rumah. Erza pun berharap, pada penyelenggaraan seri III nanti yang diikuti mulai dari kelompok KU 8 Mix, KU 12 Putra, KU 12 Putri, KU 14 Putra, KU 14 Putri, KU 16 Putra akan semakin kompetitif dan semua peserta semakin matang dan terus berproses baik secara individu maupun juga secara permainan tim

"Event ini harapan mulianya akan menjadi pioner kompetisi liga antar akademi basket se Indonesia. Karena kompetisi antar klub sudah banyak diselenggarakan setiap tahun nya. Jadi tahun ini Kelly Basketball Akademi (KBA) bersama tiga akademi basket lainnya yakni Tamtelahitu Basketball Akademi, Asaba dan Thunderstorm Bogor memperkarsai sebuah liga untuk akademi basket di Indonesia."


Jumlah Akan Bertambah

Diharapkan event ini pada tahun depan bisa bertambah jumlah akademi yang berpartisipasi.

"Tujuan jangkauan panjangnya, pelan-pelan kita mau ekspansi ke wilayah Jawa lainnya, Bali dan daerah lainnya di luar Pulau Jawa. Tentunya Liga Basket Akademi ini akan bisa besar dengan dukungan para sponsor dan juga pemberitaan media."

"Jika ini sudah berjalan konsisten imbasnya akan dirasakan untuk kemajuan Basket Indonesia sekaligus ini mendidik karakter adik-adik dan generasi muda kita, karena tidak hanya kompetisi saja, melainkan kita menanamkan nilai-nilai yang baik seperti mengajarkan sportivitas, sopan santun, disiplin, menerima kemenangan dan kekalahan selain tentunya membuat anak-anak kita semakin sehat untuk bekal masa depan mereka juga," pungkas Erza Antu Bomantara.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya