Dana Cekak, Arsenal Kalah Saing dengan Klub Arab Saudi untuk Striker Baru

Pemain depan incaran Arsenal kini telah resmi bergabung bersama klub Arab Saudi, Al Hilal.

oleh Salma Sophiatunnisa diperbarui 06 Sep 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 15:00 WIB
Foto: Deretan 5 Transfer Termahal pada Pekan Pertama Bursa Transfer Pemain Musim Dingin 2023/2024, Dominasi Pesepak Bola Amerika Selatan
Marcos Leonardo, striker Brasil berusia 20 tahun ini didatangkan secara resmi Benfica dari Santos pada 4 Januari 2024 dengan nilai transfer 18 juta euro atau setara Rp306 miliar dengan durasi kontrak hingga lima setengah tahun ke depan hingga 30 Juni 2029. Pemain yang membela Santos selama 4 musim mulai 2020 hingga 2023 ini total tampil dalam 168 laga di semua ajang dengan torehan 54 gol dan 11 assist. (AFP/Luis Robayo)

Liputan6.com, Jakarta- Arsenal gagal mendatangkan penyerang muda asal Brasil, Marcos Leonardo, pada bursa transfer musim panas lalu. Mereka padahal telah mengajukan tawaran sebesar 25,5 juta poundsterling kepada Benfica.

Meriam London tertarik dengan pemain asal Brasil itu setelah melihat kinerjanya yang bagus musim lalu. Leonardo mengakhiri setengah musim pertamanya di sepak bola Portugal dengan mencetak tujuh gol dari 14 pertandingan Primeira Liga setelah kedatangannya dari Santos.

Striker kelahiran 2003 itu mencetak 54 gol dalam 168 pertandingan untuk klub masa kecilnya sebelum pindah ke Benfica seharga 15,2 juta poundsterling pada bulan Januari. Pada musim 2024-25, ia mencetak gol pertamanya dalam hasil imbang 1-1 melawan Moreirense pada 30 Agustus, yang merupakan hari terakhir transfer di Inggris.

Menurut laporan dari TBR Football, sebelum jendela transfer ditutup, Arsenal dikabarkan mempertimbangkan pendekatan terakhir untuk merekrutnya, yang mengklaim bahwa direktur olahraga Edu sangat tertarik padanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Leonardo hargai keputusan Arsenal untuk bergabung dengan Al-Hilal

Foto: Inilah Barisan Pencetak Gol saat Brasil Gilas Dominika 6-0 di Piala Dunia U-20 2023
Brasil berhasil meraih kemenangan besar 6-0 atas Dominika pada matchday kedua Grup D Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Stadion Malvinas, Argentina, Kamis (25/05/2023) dini hari WIB. Gol skuad Samba Muda dicetak oleh Savio (37'), Marcos Leonardo (38'), Jean Pedroso (57'), Giovane (82'), Marlon Gomes (90+1'), dan Matheus Martins (90+3'). (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Petinggi The Gunners menunjukkan minat untuk membawa Leonardo ke Emirates pada bulan Januari, namun dikalahkan oleh Benfica. Meski tetap berkomunikasi dengan agennya sepanjang musim panas, Arsenal mundur setelah mengetahui bahwa Al-Hilal siap membayar 33,7 juta poundsterling untuk membawa Leonardo ke Timur Tengah.

Arsenal merasa tawaran tersebut terlalu tinggi, dan Leonardo kini telah menandatangani kontrak lima tahun dengan Al-Hilal hingga 2029.

Leonardo bergabung dengan Neymar, Ruben Neves, Sergej Milinkovic-Savic, Aleksandar Mitrovic, Joao Cancelo, dan Kalidou Koulibaly di Al-Hilal, di mana ia diperkirakan menerima gaji yang sangat besar.


Akankah Arsenal menyesal tidak mendatangkan striker baru?

Foto: Inilah Barisan Pencetak Gol saat Brasil Gilas Dominika 6-0 di Piala Dunia U-20 2023
Pemain Brasil U-20, Marcos Leonardo melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua ke gawang Dominika U-20 pada laga matchday kedua Grup D Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Malvinas, Argentina, Kamis (25/05/2023) dini hari WIB. Brasil menang dengan skor 6-0. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Sebelum jendela transfer musim panas dibuka, Arsenal hanya memiliki satu penyerang, Gabriel Jesus, yang berjuang dengan cedera, dan Kai Havertz, yang mengalami pasang surut di musim pertamanya Havertz tampil baik di akhir musim sebagai penyerang utama.

Mikel Arteta memutuskan untuk memprioritaskan perbaikan di posisi penjaga gawang, bek kiri, dan lini tengah. Banyak penggemar Arsenal mendukung Havertz dan berharap agar dapat menikmati musim tanpa cedera.

Rencana yang terakhir telah digagalkan oleh cedera pangkal paha, meskipun cedera itu seharusnya tidak membuatnya absen lebih dari beberapa minggu.

Eddie Nketiah bergabung dengan Crystal Palace pada hari terakhir bursa transfer setelah merasa lelah sebagai pilihan ketiga. Havertz masih memiliki cadangan Leandro Trossard dan Gabriel Martinelli, serta pelapis ekstra di sisi kiri dengan masuknya Raheem Sterling.

Arsenal telah menetapkan prioritas yang tepat di bursa transfer musim panas, tetapi penyerang nama besar mungkin akan menjadi target pada 2025 jika cedera Jesus berlanjut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya