Babak I Melempem, Indra Lakukan `Hair Dryer Treatment`

"Babak pertama, pemain tak mau berlari. Mereka sudah seperti pemain bintang karena meraih gelar juara AFF kemarin," ujar Indra Sjafri

oleh jeffrey diperbarui 09 Okt 2013, 00:31 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2013, 00:31 WIB
ina-laos-2-131009a.jpg
Tim nasional Indonesia U-19 tampil gemilang dalam laga pembuka kualifikasi AFC U-19. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Selasa (8/10/2013), Skuat Garuda Muda mampu mengalahkan Laos dengan skor telak 4-0.

Tapi ada yang menarik di jalannya pertandingan. Timnas nampak bermain 'loyo' atau tak begitu semangat di babak pertama. Dalam pantauan Liputan6.com, tercatat tak ada peluang emas yang berbahaya bagi timnas selain gol yang dicetak Muchlis Hadi di menit 10.

Disinggung masalah permainan timnas di babak pertama, Pelatih Indra Sjafri mengakui harus mengeluarkan sedikit komentar pedas bagi para pemainnya agar bangkit di babak kedua.

"Babak pertama, pemain tak mau berlari. Mereka sudah seperti pemain bintang karena meraih gelar juara AFF kemarin," ujar Indra dalam konfrensi pers seusai pertandingan, Selasa (8/10/2013).

"Kemudian saya bertanya kepada para pemain apakah mereka ingin tampil di Piala AFC? Mereka serentak menjawab ya, kami ingin main di Piala AFC," tegas pria asal Minang itu.

Indra mengakui, lecutan semangat itu sudah membuat permainan timnas membaik pada babak kedua. "Ternyata setelah saya katakan itu, penampilan mereka membaik di babak kedua," pungkas Indra.

Mungkin "hair dryer treatment" ala Sir Alex Ferguson ketika timnya bermain buruk di babak pertama menjadi inspirasi dari pelatih  Indra Sjafri dalam pertandingan itu.

Dengan kemenangannya ini, Indonesia bersama Korea Selatan yang juga menang 4-0 berada di puncak klasemen Grup G. Kedua negara tersebut untuk sementara sudah mengantungi perolehan tiga angka. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya