Pesan Terakhir Mandela kepada Tim Rugby Afrika Selatan

Wafatnya Nelson Mandela membuat dunia olahraga berduka. Banyak atlit yang mengucapkan belasungkawa.

oleh Liputan6 diperbarui 06 Des 2013, 13:27 WIB
Diterbitkan 06 Des 2013, 13:27 WIB
olahragawan-131206b.jpg

Kabar duka datang dari Afrika Selatan. Nelson Rolihlahla Mandela meninggal dunia di usia 95 tahun. Wafatnya Mandela tak hanya menjadi duka dunia politik, tapi juga dunia olahraga.

Momen paling monumental Mandela yang dikenang dalam olahraga Afrika Selatan adalah saat dia menyerahkan piala kepada tim rugby Afrika Selatan pada 1995. Dengan tenang Mandela turun ke lapangan dan memberikan trofi juara kepada mantan kapten tim rugby Afrika Selatan, Francois Pienaar. Pienaar pun mengungkapkan pembicaraannya dengan Mandela kepada BBC, Jumat (6/12/2013).

"Apa yang dikatakan Nelson Mandela adalah, 'Terima kasih banyak untuk apa yang telah kau berikan kepada Afrika Selatan', tapi saya katakan 'Terima kasih untuk apa yang telah anda lakukan'," ujar Pienaar.

"Saya merasa hampir memeluknya, tapi saya pikir itu tidaklah sopan," terang Pienaar.

"Lalu saya mengangkat trofi dengan perasaan yang tidak tergambarkan. Saya tidak dapat menggambarkan perasaan saya, karena saya menjalani pertandingan untuk keadilan," pungkas Pienaar.

Ucapan belasungkawa pun disampaikan para atlet yang tersebar di seluruh dunia. Bukan hanya sepakbola, tapi juga cabang olahraga lain mengucapkan belasungkawa terhadap tokoh penentang politik apartheid di Afrika Selatan itu.

"Terima kasih Madiba untuk warisan dan contoh yang telah Anda berikan. Anda akan selalu bersama kami," ujar Cristiano Ronaldo melalui akun Twitter miliknya.

Sementara itu pembalap Lewis Hamilton mengucapkan belasungkawanya dengan yang sama, namun melalui situs jejaring sosial, Facebook. "Salah satu momen spesial saya adalah ketika saya bertemu dengan Madiba," tulis Hamilton.

"Salah satu manusia paling menginspirasi yang pernah hidup dan tanpa ada keraguan dia adalah orang yang paling ramah yang pernah saya temui. Kami akan merindukanmu, Madiba. Semoga Tuhan memberkatimu, saya mencintaimu seperti seorang anak mencintai ayahnya. Beristirahatlah dengan tenang. Lewis dan keluarga," lanjut Hamilton.

Selain itu, ada pula Usain Bolt, Jack Wilshere, Rio Ferdinand, Robin van Persie, Juan Mata, Ruud Gullit, Gary Lineker, Steven Pienaar, dan beberapa olahragawan lainnya yang menyampaikan belasungkawa. (Ary)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya