6 Foto Hoaks Terbaru Jokowi dan Anies

Berikut sederet foto hoaks Jokowi dan Anies hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6,.com.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 27 Sep 2020, 08:28 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2020, 09:30 WIB
Didampingi Anies Baswedan, Jokowi Tinjau Wisma Altet
Presiden Jokowi didampingi Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau wisma atlet di Kemayoran, Senin (26/2). Peninjauan tersebut dilakukan untuk melihat persiapan wisma untuk menampung para atlet Asian Games 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Hoaks foto terkait Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih beredar di dunia maya. Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, biasanya foto yang disajikan tersebut telah mengalami edit kemudian diberi keterangan yang tidak sesuai bahkan mengada-ngada sehingga menciptakan informasi sesat.

Bagi pihak yang menerima dan melihat foto hoaks pun perlu berhati-hati, agar tidak langsung percaya bahkan menyebarkan informasi yang tidak benar tersebut.

Berikut sederet foto hoaks Jokowi dan Anies hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6,.com.

 

1. Foto Jokowi Menjadi Aktor Film Mortal Combat

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi menjadi aktor film Mortal Combat

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi aktor film Mortal Combat. Namun, setelah dilakukan penelusuran 

klaim foto Jokowi menjadi aktor film Mortal Combat tidak benar.

Busana yang dikenakan Presiden Jokowi saat menghadiri  Sidang Tahunan MPR RI 2020 dan Pidato Kenegaraan pada Jumat (14/8/2020)  merupakan adat khas Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

2. Foto Jokowi Masuk Peti Mati

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi di dalam peti mati

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) di dalam peti,  foto yang diunggah hasil tangkapan layar seorang bermuka Jokowi yang mengenakan baret merah dan rompi oranye berada di dalam peti.

Hasil penelusuruan Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Jokowi di dalam peti mati tidak benar. Foto tersebut merupakan hasil editan.

Foto sebenarnya adalah seorang warga yang kedapatan keluar rumah tidak menggunakan masker dihukum masuk peti mati, di Kelurahan Pasa Rebo, Jakarta Timur.

3. Foto Anies Baswedan Mengendarai Mobil Model Peti Mati

 

Gambar Tangkapan Layar Foto Hoaks tentang Anies Baswedan (sumber: Facebook)

 

Sebuah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tengah mengendarai mobil model peti mati beredar di media sosial. Dalam foto tersebut, tampak Anies mengendarai mobil model peti mati. Di sisi kanan mobil tersebut terdapat tulisan REM DARURAT.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tengah mengendarai mobil model peti mati ternyata tidak benar alias hoaks.

Foto yang diunggah akun Facebook Sudiro Wi diduga hasil suntingan dan menambahkan narasi yang tidak sesuai fakta sebenarnya.

 

4. Foto Ini Rumah DP 0 Persen dari Anies Baswedan

 

Gambar Tangkapan Layar Foto Hoaks tentang Rumah DP 0 Persen

 

Sebuah foto yang diklaim rumah DP 0 persen dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beredar di media sosial. Dalam foto tersebut, rumah DP 0 persen digambarkan sebagai pet mati.

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto peti mati yang diklaim sebagai rumah DP 0 persen dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ternyata tidak benar.

Program rumah dp 0 persen atau 0 rupiah dari Pemprov DKI Jakarta satu di antaranya adalah di Rusunami Klapa Village. Selain itu terdapa juga di Rusunami Bandar Kemayoran, Jalan Rajawali Utara, Pademangan, Jakarta Utara.

 

5. Foto Anies Mendapat Piala Juara Satu Corona

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies mendapat piala juara satu dalam corona

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang mengklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mendapat piala juara satu corona. Foto tersebut menampilkan Anies sedang memegang piala dan terdapat tulisan "JAKARTA JUARA 1 CORONA".

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Anies mendapat piala juara satu dalam corona tidak benar.

Foto yang sebenarnya Anies memegang piala reksa bahasa dalam acara penghargaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

6. Foto Jokowi Mengejar Dua Orang

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi mengejar dua orang

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengejar dua orang, foto tersebut menampilkan seorang dengan wajah Jokowi sedang mengejar dua orang. Dalam foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"WASPADA..

Kemungkinan tgl 30 september

ditetapkan sebagai hari orang g*** nasional"

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com Foto Jokowi mengejar dua orang tidak benar. Foto tersebut hasil editan, berasal dari video perbuatan jahil atau prank orang gila ngamuk yang diunggah di YouTube.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya