Cek Fakta: Tidak Benar Video Arti CT Value Pada Pasien Covid-19

Beredar kembali di media sosial dan aplikasi percakapan postingan terkait arti CT value pada pasien covid-19. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 09 Feb 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2022, 15:00 WIB
Cek Fakta arti CT value 1
Cek Fakta arti CT value pada pasien covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kembali di media sosial dan aplikasi percakapan postingan terkait arti CT value pada pasien covid-19. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 Juni 2021.

Dalam postingan itu terdapat video berjudul "edukasi tentang pcr yang menakutkan". Dalam video juga terdapat gambar dengan narasi sebagai berikut:

 

Cek fakta CT Value sebagai penentu kesembuhan pasien covid-19.

Selain itu akun tersebut juga menambahkan narasi:

"Jangan panik jika dinyatakan "Positif covid"Lihat hasil CTnya ya :Kalau CT masih dibawah 30 virus masih aktif dan sangat menularJika sudah diatas 30 In sha Allah sdh tidak menular ya"

Lalu benarkah postingan terkait arti CT value pada pasien covid-19?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta:

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan meminta penjelasan dari Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi.

"Postingan itu tidak benar ya. Untuk kesembuhan sendiri bagi pasien covid-19 adalah menyelesaikan masa isolasinya dan juga dari pantauan dokter yang merawat," ujar dr. Nadia saat dihubungi Rabu (9/2/2022).

Kemudian dr. Nadia juga memberikan postingan penjelasan yang berasal dari Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDSPatklin).

Berikut isi penjelasannya:

Cek Fakta arti CT value pada pasien covid-19

 

Sebelumnya Cek Fakta Liputan6.com juga pernah menulis artikel terkait hal ini yang tayang pada 2 Juli 2021 dengan judul "Cek Fakta: Tidak Benar CT Value Sebagai Penentu Kesembuhan Pasien Covid-19". Dalam artikel tersebut terdapat penjelasan dari dr. RA Adaninggar, SpPD.

"Penggunaan nilai CT ini hanya membantu dokter untuk menilai kondisi pasien, bukan satu-satunya patokan dan bukan patokan pasti karena banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan. Tidak ada satupun pedoman nasional atau internasional atau dasar ilmiah yang menyatakan nilai CT dapat dipakai untuk menentukan derajat keparahan gejala, kesembuhan, atau daya penularan, pada semua pasien covid-19," ujar dr. Ning.

"Sembuh bukan berarti PCR harus negatif atau nilai CT harus di atas angka tertentu. Sembuh adalah Anda sudah tidak menular (melewati masa isolasi minimal 10 hari) ditambah 3 hari setelah bebas gejala, badan anda fit, dan hasil lab atau pemeriksaan penunjang lain sudah normal. Yang jelas selalu konsultasikan ke dokter bila Anda menerima hasil PCR dengan nilai CT tertentu. Jangan mendiagnosis diri sendiri," katanya menambahkan.

Sumber:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4596735/cek-fakta-tidak-benar-ct-value-sebagai-penentu-kesembuhan-pasien-covid-19?source=search

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33248218/

https://www.journalofmedula.com/index.php/medula/article/view/190

https://www.pdspatklin.or.id/assets/files/pdspatklin_2021_05_03_20_47_08.pdf

https://www.liputan6.com/health/read/4594016/ct-value-rendah-dan-tinggi-apa-maknanya?source=search

https://www.who.int/diagnostics_laboratory/eual/eul_0515_202_00_covid19_coronavirus_real_time_pcr_kit_ifu.pdf?ua=1


Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Postingan terkait arti CT value pada pasien covid-19 adalah tidak benar.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya