Cek Fakta: Tidak Benar Ridwan Kamil Kerahkan Semua Warga Jabar untuk Menangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Ridwan Kamil mengerahkan semua warga Jabar untuk memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 06 Nov 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2023, 15:00 WIB
Cek fakta Ridwan Kamil dukung Anies Baswedan
Cek fakta Ridwan Kamil dukung Anies Baswedan

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Ridwan Kamil mengerahkan semua warga Jabar untuk memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 6 November 2023.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul "Ridwan Kamil Kerahkan Semua Warga Jabar untuk Menangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024, Nuhun Pisan Kang Emil"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Ridwan Kamil mengerahkan semua warga Jabar untuk memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan membuka laman Moots.suara.com seperti dalam postingan. Di kolom pencarian kami memasukkan kata kunci "Ridwan Kamil Kerahkan Semua Warga Jabar".

Hasilnya ada artikel yang identik dengan postingan tersebut. Artikel itu berjudul "Ridwan Kamil Kerahkan Semua Warga Jabar untuk Menangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024, Benarkah?"

Kesamaan terdapat pada nama penulis artikel dan waktu artikel itu diunggah yakni Rabu, 9 Agustus 2023 pukul 08.58 WIB.

Berikut isi artikelnya:

"Baru-baru ini beredar kabar berisi klaim Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengerahkan semua warga Jawa Barat untuk memenangkan bakal Calon Presiden (Capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Klaim Ridwan Kamil kerahkan warga Jawa Barat untuk menangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang beredar melalui video yang diunggah kanal Youtube POLITIK INDONESIA.

"REZIM KET4R-K3TIR!! RIDWAN KAMIL KERAHKAN SEMUA WARGA JABAR UNTUK MENANGKAN AN1ES PILPRES DI 2024," tulis narasi unggahan kanal YouTube tersebut.

Lantas benarkah Klaim Ridwan Kamil kerahkan warga Jawa Barat untuk menangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024? selengkapnya akan terjawab melalui artikel ini.

Penjelasan Cek Fakta

Video berisi Klaim Ridwan Kamil kerahkan warga Jawa Barat untuk menangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024 diunggah Kanal Youtube POLITIK INDONESIA.

Usai menyaksikan video tersebut hingga akhir, ternyata tidak ditemukan informasi kredibel soal klaim dalam narasi video tersebut.

Video itu ternyata hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda lalu digabung menjadi satu.

Narator video tersebut ternyata hanya membacakan artikel dari salah satu media nasional berjudul “Golkar Soal Kemungkinan Dukung Anies Baswedan: Koalisinya Beda dengan Kita”.

Sementara, thumbnail video yang memperlihatkan Ridwan Kamil sedang berpidato itu identik dengan artikel berjudul “Meski Menang Quick Count, PKB Perintahkan Kadernya Kawal Suara Rindu”.

Sedangkan tayangan video itu di awal-awal yang memperlihatkan Ridwan Kamil berpidato identik dengan video unggahan kanal YouTube milik Metro TV dengan judul “Ridwan Kamil: Kita Syukuri Kemenangan Sementara Ini”.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan Cek Fakta di atas, klaim Ridwan Kamil kerahkan semua warga Jabar untuk menangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

Judul dan isi video tidak sesuai dan narasi yang dibacakan dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi terkait Ridwan Kamil kerahkan semua warga Jabar untuk menangkan Anies di Pilpres 2024.

Karenanya, dapat disimpulkan video yang diunggah kanal Youtube POLITIK INDONESIA merupakan konten yang menyesatkan."

Sumber:

https://moots.suara.com/read/2023/08/09/085846/ridwan-kamil-kerahkan-semua-warga-jabar-untuk-menangkan-anies-baswedan-di-pilpres-2024-benarkah


Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Postingan yang mengklaim Ridwan Kamil mengerahkan semua warga Jabar untuk memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024 adalah tidak benar. Faktanya judul dalam artikel tersebut telah diedit.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya