Ini Cara Perpanjangan Paspor Secara Online

Memperpanjang paspor yang usianya lima tahun pun ternyata bisa secara online. Bagaimana caranya?

oleh Sulung Lahitani diperbarui 19 Mar 2015, 14:31 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2015, 14:31 WIB
Paspor RI Punya Tampilan Baru?
Tampilan baru paspor RI memiliki sampul depan berwarna biru dan bagian dalamnya lebih berwarna-warni. Foto: Facebook Backpacker Dunia
Citizen6, Jakarta Nah, ini dia nih, postingan yang bakal beredar nanti per 5 tahunan. Secara bikin passport itu ya jangka waktunya cuma 5 tahun kan maksimal. Iya, itu pun kalo perpanjangan passpor karena habis masa berlaku (macam saya ini, ya... jarang pergi luar negeri, makanya passpor habis karena expired). Secara ini pengalaman pertama perpanjang passpor ngurusin sendiri (tanpa dibantuin bokap), makanya wajib dan perlu di-share di blog.
 
Hahaha, mudah-mudahan mempermudah buat yang membutuhkan informasi untuk perpanjang passport dan mau bikin online sama kayak saya. Sekarang perpanjangan passpor mudah kok. Alhamdulillah, nggak di-macem-macemin macam dulu lagi. Emang dulu gitu ya? Banget! Kalo nggak pake "orang dalem" atau "calo" ya wassalam lah urusannya. Ribet tingkat dewa (nggak pake 19). 
 
Perpanjang passpor di Indonesia sekarang emang jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Kenapa? Soalnya sekarang udah bisa ngurus secara online. Bukan berarti bisa nggak dateng ke kantor Imigrasi ya..., ya tetap harus datang ke KanIm (Kantor Imigrasi) untuk sidik jari, foto, tanda tangan paspport.
 
Tapi kalo pake online, kita menghemat sedikit proses di KanIm. Ya lumayanlah, menghemat waktu daripada lama-lama di KanIm. Secara kemarin ada yang cerita, dia mau perpanjangan passpor dengan proses yang biasa (disebut sistem Walk-In), itu datengnya dari pkl. 06.00. Wadaw, PR banget ya, dateng pagi-pagi gitu. Kalau saya disuruh dateng pagi buta begitu, pasti langsung lemes tak berdaya.
 

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Mona Anggiani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya