Patahkan Ilmu Fisika, Benda-Benda Ini Sempat Dikira Hasil Sihir

Karena tidak sejalan dengan ilmu fisika, benda-benda ini sempat dikira hasil ilmu sihir.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 11 Jan 2017, 17:00 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2017, 17:00 WIB
Patahkan Ilmu Fisika, Benda-Benda Ini Sempat Dikira Hasil Sihir
Karena tidak sejalan dengan ilmu fisika, benda-benda ini sempat dikira hasil ilmu sihir.

Liputan6.com, Jakarta - Belajar fisika atau kimia di laboratorium memang menyenangkan. Ada beberapa percobaan yang akan membuatmu takjub dan tak percaya. Namun, ini semua nyata adanya dan tidak ada sangkut-pautnya dengan ilmu sihir.

Terkadang, fisika dan kimia digunakan oleh para pesulap untuk membuat para penonton terkesan, padahal itu semua adalah sains. Berikut ini ada beberapa percobaan seperti ilmu sihir, tapi ini adalah sains. Penasaran?

Inilah percobaan yang mematahkan ilmu fisika dan sempat dikira ilmu sihir:

1. Logam yang dapat mencair

Galium adalah logam yang jika dihangatkan sedikit saja sudah bisa mencair. Logam ini tidak cocok untuk konstruksi bangunan karena tidak akan tahan lama. Namun, kamu bisa coba untuk membuat temanmu kaget, yaitu dengan mengaduk minuman hangat dengan sendok dari galium.

Temanmu pasti akan kaget dengan sendok yang lama-kelamaan akan lenyap. Anehnya, galium tidak cocok dengan aluminium karena dapat membuat kaleng menjadi serapuh kertas.

2. Permukaan Anti Air (Hidrofobik)

Cairan ini bisa kamu dapatkan di tempat umum. Cairan ini akan kembali ke bentuk semula meskipun kamu melemparkannya dan memainkannya, karena di pinggirnya sudah dilapisi pelapis hidrofobik, yang artinya menolak air walau bertetes-tetes.

Air akan berkumpul di area yang tidak dilapisi cairan ini. Ide utama adanya cairan hidrofobik adalah untuk membuat fasilitas anti air atau anti kotor pada pakaian.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya