7 Cara Mudah Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri menjadi kemampuan yang dibutuhkan individu untuk bisa menonjol dan mendapatkan penghargaan diri dari orang lain.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 16 Jul 2022, 18:08 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2022, 18:08 WIB
Ilustrasi percaya diri, tertawa, bahagia
Ilustrasi percaya diri, tertawa, bahagia. (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Kepercayaan diri menjadi kemampuan yang dibutuhkan individu untuk bisa menonjol dan mendapatkan penghargaan diri dari orang lain. Selain itu, kepercayaan diri juga bisa mendukung langkahmu menuju kesuksesan

Namun, ada banyak alasan mengapa beberapa individu kurang percaya diri, dan pengalaman masa lalu adalah salah satunya. Cara seseorang dibesarkan dan diperlukan sebagai seorang anak bisa mempengaruhi seluruh sikap mereka di masa depan.

Oleh karena itu, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (16/7/2022).

1. Hadapi ketakutanmu dan kendalikan hidupmu

Ketika kita membiarkan rasa takut menguasai kita, kita cenderung kehilangan kendali atas hidup kita dan juga kehilangan kepercayaan diri.

Jadi, alih-alih menyerah pada ketakutan terbesar kita, kita bisa memutuskan untuk menatap langsung ke matanya. Ini satu-satunya cara kita bisa menaklukkan mereka dan meninggalkan mereka untuk selamanya.

Ini adalah kemenangan pribadi yang menunjukkan kepada kita bagaimana kita bisa memiliki kendali atas hidup kita, apa pun yang terjadi.

2. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Dalam sebuah studi tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa individu yang membandingkan diri mereka dengan orang-orang di media sosial merasa sangat iri.

Dan ketika mereka merasa iri terhadap orang lain, mereka juga merasa buruk tentang diri mereka sendiri. Untuk mengalahkan itu, Anda harus selalu mengingatkan diri sendiri tentang kesuksesanmu dalam hidup dan hal-hal yang telah Anda capai sejauh ini.

Apa yang Anda lihat secara online tidak selalu akurat, dan Anda harus mengingatnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Bersikaplah tegas

Ilustrasi tersenyum, tertawa, percaya diri
Ilustrasi tersenyum, tertawa, percaya diri. (Photo by Flávia Gava on Unsplash)

Stres dan kurangnya harga diri inilah yang seringkali membuat individu kurang asertif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Tapi ini adalah keterampilan komunikasi yang sangat penting yang membuat orang lain menghormati Anda dan menunjukkan bahwa Anda selalu membela hak-hakmu.

Cara Anda berdiri dan cara mereka mengucapkan kata-kata Anda memainkan peran besar dalam membuat poin Anda didengarkan dan dihormati. Anda tidak perlu malu atau santai saat meminta hak dasarmu.

4. Jaga pikiran dan tubuhmu

Ada empat hal yang dibutuhkan otak dan tubuhmu untuk mencapai kemampuan terbaiknya, diet yang baik, olahraga, tidur dan meditasi. Dan ini juga merupakan kegiatan yang membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri dan terlihat lebih tegas di masyarakat.

Keempat kegiatan ini terbukti bisa meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri, sekaligus memberikan sikap yang lebih positif.

 

 


5. Jangan takut untuk mengambil pujian atas pencapaian Anda

Ilustrasi tersenyum, percaya diri
Ilustrasi tersenyum, percaya diri. (Photo by Daniel Xavier from Pexels)

Beberapa individu takut bahwa membual tentang prestasinya akan membuat mereka terlihat sombong. Tapi, ini salah, karena memberi tahu atasanmu bahwa sesuatu yang Anda lakukan menghasilkan sesuatu yang luar biasa bisa sangat bermanfaat bagi Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga akan merasa nyaman dengan diri sendiri karena mengetahui bahwa pekerjaan baik Anda diketahui oleh orang-orang yang paling berarti.

Tentu saja, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan bahasa dan sikap yang benar.

6. Lakukan kontak mata

Jika ini sulit bagi Anda, Anda bisa mulai dengan rasio 80/20 dan berkonsentrasi pada mata mereka selama 80% dari waktu dan pada hal lain selama 20% dari waktu.

Mungkin sulit pada awalnya, tapi seiring waktu Anda akan melihat bahwa tingkat kepercayaan dirimu akan meningkat. Anda juga akan melihat bahwa hubunganmu akan menjadi lebih kuat dan bertahan lebih lama.


7. Pelajari keterampilan baru

6 Coretan Tangan Ini Bisa Ungkap Sifat Orang, Kamu yang Mana?
Ilustrasi menggambar (pixabay.com)

Tidak ada yang tahu segalanya atau sempurna dalam apa yang sudah mereka ketahui, yang berarti bahwa pertumbuhan selalu menjadi pilihan.

Anda bisa beralih ke podcast dan buku bimbingan untuk mendapatkan inspirasi dan mulai mengembangkan keterampilanmu.

Ketika pengetahuan Anda terus berkembang, Anda akan melihat bahwa kepercayaan diri Anda juga meroket dengan cara terbaik. Mengisi kekosongan yang Anda rasa tidak hanya akan membangunmu di mata Anda sendiri, tapi juga mata orang lain.

Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya