Ini Gejala Kanker Usus Besar Paling Utama yang Kerap Diabaikan Orang

Gejala kanker usus besar paling utama ini kerap diabaikan orang

oleh Sulung Lahitani diperbarui 17 Jul 2022, 12:06 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2022, 12:06 WIB
Mengatasi Diare dan Sakit Perut
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/Demon

Liputan6.com, Jakarta Kanker usus besar adalah bentuk penyakit yang mematikan—ini adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker di semua jenis kelamin—dengan gejala yang bisa tersembunyi dan mudah terlewatkan. Aliansi Kanker Kolorektal memperkirakan bahwa 52.580 orang akan meninggal akibat kanker usus besar pada tahun 2022.

Yang lebih menakutkan adalah bahwa jenis kanker ini mungkin tidak menimbulkan gejala pada awalnya, sehingga orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka mengidapnya.

Sebagian besar kanker usus besar dimulai sebagai pertumbuhan yang disebut polip

"Kanker usus besar dan kanker rektum sering dikelompokkan bersama karena memiliki banyak kesamaan," kata American Cancer Society (ACS).

Lembaga ini menjelaskan bahwa sebagian besar kanker kolorektal dimulai sebagai jenis pertumbuhan — yang dikenal sebagai polip — pada lapisan dalam rektum dan usus besar. Menurut ACS, tidak semua polip menjadi kanker.

Banyak orang mengabaikan gejala kanker usus besar ini

Perut Anda dapat memberi Anda banyak sinyal peringatan ketika ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan Anda. Beberapa gejala ini mungkin termasuk mual dan muntah, pendarahan dubur, gangguan pencernaan, dan berbagai jenis nyeri.

Sembelit dan diare dapat menandakan sejumlah masalah — tetapi mengingat bahwa mereka sangat umum, mereka dapat dengan mudah diabaikan.

Shelton menjelaskan bahwa jika kanker mempengaruhi fungsi usus besar, itu dapat menyebabkan diare. "Usus besar menyerap banyak air dalam pencernaan dan mengubah limbah dari cair menjadi tinja, sehingga ketika ini terganggu, diare dapat terjadi," katanya.

Dan meskipun diare bisa menjadi tanda kanker kolorektal, sembelit juga bisa terjadi. "Usus besar juga merupakan saluran keluarnya feses dari tubuh, dan ketika ada massa (kanker) yang menghalangi, maka pasien bisa mengalami sembelit," kata Shelton.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Ketahui gejala dan faktor risiko lain untuk kanker kolorektal

Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan Tubuh
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

Karena masalah seperti diare dan sembelit (serta gejala potensial kanker lainnya, seperti kembung atau gangguan pencernaan) sering terjadi, penting untuk mengetahui kapan harus menghubungi dokter.

"Secara umum adalah ide yang baik untuk membawa gejala-gejala ini ke perhatian dokter ketika mereka baru, berulang, terus-menerus meskipun ada pengobatan di rumah, dan/atau dengan penyebab yang tidak jelas," saran Shelton. "Ada beberapa tes diagnostik yang dapat mereka lakukan untuk menentukan penyebab gejala mereka."

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), faktor risiko lain untuk penyakit ini termasuk faktor gaya hidup tertentu seperti diet rendah serat, diet tinggi lemak, dan kondisi seperti penyakit inflamasi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang skrining kanker usus besar jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan Anda.

 


Kanker kolorektal sedang meningkat untuk satu kelompok usia pada khususnya

Ingin Buang Air
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/Sloan

Sementara risiko kanker kolorektal meningkat seiring bertambahnya usia, itu meningkat untuk orang dewasa yang lebih muda. ”Sejak tahun 1990-an, tingkat kanker kolorektal (termasuk kanker usus besar dan rektum) terus meningkat di antara orang dewasa yang berusia kurang dari 50 tahun,” lapor National Cancer Institute (NCI).

Lebih banyak orang dewasa muda yang meninggal karena jenis kanker ini juga. "Peningkatan yang cepat ini sangat membingungkan karena tingkat kanker kolorektal telah merosot di antara orang dewasa yang lebih tua - sebagian besar karena kolonoskopi reguler dan tingkat merokok yang lebih rendah," tulis NCI.

"Menangkap tanda-tanda peringatan dini kanker kolorektal sangat penting, berapa pun usia Anda," kata Eva Shelton, MD, dokter penyakit dalam di Brigham and Women's Hospital dan editor konten untuk Mochi Health. "Pemutaran rutin—kolonoskopi atau tes tinja sejak usia 45 tahun, dan lebih muda jika ada riwayat keluarga yang kuat—disarankan untuk mencegah kanker usus besar," jelasnya.

"Umumnya adalah ide yang baik untuk memeriksakan diri ke dokter ketika Anda memiliki kekhawatiran atau mengembangkan gejala baru."


4 Zodiak yang Bakalan Jadi Bos Terburuk, Anda Salah Satunya?

zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Mia Moessinger on Unsplash

Tiap individu memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Beberapa memiliki kualitas kepemimpinan yang hebat, sementara beberapa sangat buruk dalam hal itu tapi bisa juga menjadi rekan tim yang baik.

Tidak semua individu bisa menjadi pemimpin hebat atau menyelesaikan sesuatu. Jika kita memikirkannya dalam arti bos, maka berdasarkan zodiak, berikut beberapa zodiak yang bakalan menjadi bos terburuk.

Penasaran apa saja zodiaknya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Times of India, Kamis (14/7/2022).

1. Aquarius

Pemilik zodiak ini memiliki potensi besar dalam hal memimpin. Mereka memiliki ide-ide dan konsep-konsep inovatif, tapi masalah mereka adalah tidak memiliki rasa kemanusiaan ketika berhadapan dengan bawahan.

Aquarius sering tidak bisa menyeimbangkan. Mereka bahkan bisa mengerjakan ide dan bekerja atau mengikuti perasaan tim.

2. Scorpio

Scorpio adalah rekan kerja yang baik, tapi jika menjadi bos, mereka bisa menjadi mengerikan. Pemilik zodiak ini agak terkenal karena suka melebih-lebihkan. Bahkan jika mereka melakukan tugas kecil, mereka akan menunjukkan seolah-olah mereka telah bekerja keras.

Mereka membiakkan emosi gelap karena kebiasaan dan tidak pernah transparan. Sifat lain dari mereka yang bertentangan dengannya adalah berbicara di belakangmu.


3. Leo

Pekerja Perempuan
Ilustrasi pekerja peremuan yang saat ini dilindungi oleh UU TPKS terkait kasus kekerasan seksual di dunia kerja. /pexels.com Mikhail Nilov

Para Leo akan menjadi bos terburuk karena mereka tidak pernah berkompromi. Mereka tidak bisa menerima kritik karena mereka menafsirkannya sebagai penghinaan terhadap karakternya.

Anda bahkan jarang bisa menerimanya kecuali jika itu positif yang membuatnya sulit untuk bekerja dengannya.

4. Pisces

Masalah dengan Pisces adalah jika mereka tidak merasa bergairah tentang sesuatu, mereka membiarkannya pergi dan risiko ini tidak bisa diambil di tempat kerja.

Mereka bisa menjadi pemimpin yang hebat tapi itu semua tergantung pada minat mereka. Penurunan mood-nya bisa merusak keseluruhan proyek, jadi bos seperti mereka bisa menjadi semacam pertaruhan.

Delirium, Gejala COVID-19, Gejala Baru COVID-19, Gejala Covid, Gejala Baru Covid
Infografis yang menyebut bahwa delirium merupakan gejala baru dari COVID-19, penyakit yang disebabkan Virus Corona SARS-CoV-2, tersebar di media sosial dan grup WhatsApp. (Sumber: Istimewa)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya