10 Fakta Menarik Eminem, Sang Rapper Legenda

Berikut beberapa fakta menarik dari musisi papan atas, yakni Eminem.

oleh Sefan Angeline Reba diperbarui 18 Okt 2022, 07:32 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2022, 07:32 WIB
Festival Coachella-Eminem
Rapper asal AS, Eminem saat tampil di atas panggung selama Coachella Valley Music and Arts Festival 2018 di Empire Polo Field di Indio, California (15/4). Festival Coachella ini sudah ada sejak 1999. (AFP Photo/Kevin Winter)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak asing mendengar sebutan ‘King of Hip Hop’ yang sudah melegenda, yakni Eminem.

Pria kelahiran Amerika Serikat ini memiliki nama asli Marshall Bruce Mathers III. Selain dikenal lewat album The Slim Shady EP tahun 1999, ia juga dikenal sebagai salah satu penyanyi selebritis penuh kontroversial.

Salah satu lagunya yang menuai banyak kontroversi berjudul "Rap God", yang mana lirik lagu ini menyatakan kepada pendengarnya untuk menjadi seorang homophobiac.

Walaupun begitu, rapper tercepat di dunia ini meraih beragam penghargaannya, salah satu diantaranya grammy awards.

Belum lama ini, Eminem telah mengeluarkan album baru greatest hits keduanya yang berjudul “Curtain Call 2” yang sudah dirilis pada 5 Agustus 2022 lalu melalui Shady Records/Aftermath Entertainment/ Interscope Records. Perilisan album greatest hits keduanya ini mengikuti koleksi hits pertamanya yaitu “Curtain Call: The Hits” yang dirilis pada 2005 lalu.

Selain itu, pada awal tahun 2022 Eminem juga terpilih masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame Class of 2022, bersama dengan ikon musik Dolly Parton, Eurythmics, Duran Duran, dan lain sebagainya.

Bertepatan dengan hari lahirnya pada 17 Oktober, berikut fakta menarik mengenai Eminem dilansir dari Grammy.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Rapper pertama yang memenangkan Academy Award

Eminem
Eminem (AP Photo)

Lagu berjudul "Lose Yourself" yang merupakan garapan dari film 8 Mile berhasil memenangkan Academy Award untuk Lagu Asli Terbaik, dan menjadikannya artis hip hop pertama yang pernah memenangkan penghargaan tersebut.

Kemudian pada Oscar 2020, Eminem mengejutkan penggemarnya  dengan membawakan lagu tersebut setelah hampir dua dekade sejak ia memenangkan penghargaan itu.

2. Memecahkan 13 Guinness World Records

Selama 34 tahun karirnya, Eminem telah memecahkan 13 Rekor Dunia Guinness. Pada tahun 2015, singlenya "Rap God" memecahkan rekor untuk Most Words in a Hit Single.

Ia juga memegang gelar, seperti Artis Rap Terlaris, Kosakata Terbesar Untuk Artis Rekaman, dan Rap Tercepat dalam Single No. 1.

3. Musisi pertama yang memiliki 10 debut No. 1 berturut-turut di Billboard 200

Pada tahun 2020, Eminem mencetak debut No. 1 ke-10 berturut-turut di Billboard 200 dengan albumnya ke-11, Music To Be Murdered By.

Pria berusia 49 tahun itu adalah musisi pertama yang mencapai ini dan mematahkan ikatannya dengan Kanye West.


4. Eminem merekam lagu “My Name Is” setelah bertemu dengan Dr. Dre

Eminem dan Dr Dre. Tangkapan layar (sumber: billboard.com)
Eminem dan Dr Dre. Tangkapan layar (sumber: billboard.com)

Untuk pertemuan pertama mereka, Eminem pergi ke studio Dr. Dre dan merekam yang menjadi hitsnya tahun 1999, "My Name Is”.

Lagu tersebut membuat Eminem mendapatkan salah satu Grammy Awards pertamanya dan menandai awal dari salah satu hubungan rapper-produser paling ikonik dalam sejarah hip-hop.

5. Sempat ingin menjadi seniman buku komik

Sebelum terjun dalam dunia musik, Eminem memiliki ambisi menjadi seniman buku komik. Meskipun dia tidak suka membaca, namun satu-satunya buku yang ia baca adalah I Make My Own Rules dari LL Cool J hingga membuatnya terpesona dengan komik.

Eminem mengaku di “The Jonathan Ross Show” pada 2009, bahwa komik superhero juga menjadi pelampiasan saat menjalani rehabilitasi kecanduan narkoba. Kecintaan Eminem pada buku komik pun muncul dalam karir musiknya, seperti video musik “Mosh” dan “The Seri Slim Shady Show”.

6. “Lose Yourself” adalah hit terbesar Eminem

Hit tahun 2002 ini bersertifikat berlian dari 8 Mile, yang merupakan single Eminem paling sukses hingga saat ini.

Lagu ini memuncak di No.1 Billboard Hot 100 yang menjadi single pertamanya hingga mencapai posisi teratas di 24 tangga lagu nasional di seluruh dunia.

Selain itu juga memenangkan Lagu Rap Terbaik dan Penampilan Rap Solo Pria Terbaik pada tahun 2004.


7. Memenangkan 15 Grammy Awards

Festival Coachella-Eminem
Aksi panggung rapper Eminem selama Coachella Valley Music and Arts Festival 2018 di Empire Polo Field di Indio, California (15/4). Festival Coachella ini sudah ada sejak 1999. (AFP Photo/Christopher Polk)

Eminem telah memenangkan total 15 Grammy Awards dan telah dinominasikan sebanyak 44 kali.

Ia membawa pulang dua piala pertamanya di Grammy Awards ke-42 untuk “My Name Is,” yang memenangkan Best Rap Solo Performance, dan ”The Slim Shady LP”, yang memenangkan Best Rap Album.

8. Rick Rubin, memproduseri dua album Eminem

Rick Rubin bekerja sama dengan Eminem sebagai produser dan produser eksekutif dari album kedelapannya, “The Marshall Mathers LP 2” dan album kesembilannya, “Revival”.

Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone, Eminem mengungkapkan bahwa ia tertarik untuk bekerja dengan produser legendaris itu karena ingin bereksperimen dengan musik breakbeat dan retro.

9. Eminem mengubah kalimat "Mom's spaghetti" miliknya yang terkenal menjadi sebuah restoran

"His palms are sweaty, knees weak, arms are heavy / There's vomit on his sweater already, mom's spaghetti,” adalah kalimat yang paling diingat oleh fans Eminem.

Meskipun lirik "Lose Yourself" yang terkenal tidak terinspirasi oleh kehidupan Eminem sendiri, namun ia terinspirasi sebagai salah satu karakter protagonis di film 8 Mile.

Kemudian pada tahun 2021, Eminem membuka restoran “Mom’s Spaghetti” di Detroit, Amerika Serikat.

10. Lagu “Stan” tidak berdasarkan kisah nyata

"Stan" Eminem yang sukses pada tahun 2000 tidak didasarkan pada kisah nyata. Lagu ini menceritakan tentang seorang fans yang membunuh dirinya sendiri dan pacarnya setelah Eminem tidak membalas suratnya.

Setelah menerima surat dari fansnya yang sedikit mengganggu, sebagai tanggapan atas album keduanya, Eminem menulis lagu tersebut sebagai “pesan kepada penggemar” untuk tidak mengartikan liriknya secara harfiah.

Infografis Jurus NASA Cegat Asteroid Berpotensi Tabrak Bumi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jurus NASA Cegat Asteroid Berpotensi Tabrak Bumi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya