Viral Wirda Mansur Pamer Sedekah Jadi Perhatian Warganet

Putri Yusuf Mansur, Wirda Mansur, kembali menuai perhatian warganet setelah foto candidnya sedang bersedekah viral di internet.

oleh Achmad Hafidz diperbarui 21 Okt 2022, 14:05 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2022, 14:05 WIB
Gaya Wirda Mansur Pakai Kacamata Hitam, Penampilannya Makin Kece
Unggah foto ala candid dan tanpa pamer senyum, pebisnis muda dengan nama lengkap Wirda Salamah Ulya ini dipuji cantik. Tak hanya bikin penampilannya makin keren, kacamata yang dikenakan Wirda ini tentnya melindungi matanya dari sinar matahari yang menyilaukan mata. Dalam Instagramnya, Wirda tak hanya sekadar posting foto namun biasanya disertai dengan keterangan unggahan yang menginspirasi.(Liputan6.com/IG/@wirda_mansur)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini media sosial Twitter tengah ramai unggahan yang memperlihatkan video anak ustaz Yusuf Mansur, Wirda Mansur, yang memamerkan sedekahnya. 

Gara-gara foto tersebut, nama Wirda dan 1,4 M menduduki trending topic pertama di Twitter pada Jumat pagi (21/10/2022), banyak yang mengunggah kritik atas cuplikan video tersebut.

Potongan video yang memperlihatkan Wirda Mansur membeli mobil dan lalu ia berbicara,  berarti harus mengukur sedekah-nya dengan nominal yang cukup besar.

“Bukannya mau ria, ini untuk motivasi dan dorongan ke kalian. Jadi gua habis sedekah 200 juta,” kata Wirda di cuplikan video akun @mardiasih.

“Ini mobil harganya Rp 1,4 miliar, jadi gue harus sedekah kurang lebih Rp 140 juta. Tapi gue sedekah Rp 200 juta,” kata Wirda

Hal ini menuai kontroversi dan kritik dari warganet Twitter, ada yang mengatakan Wirda bodoh dan arogan.

Wirda you are so self-absorbed, arrogant, pretentious, tone-deaf, and most of all – stupid,” tulis akun @luluunatic.

Sedangkan akun @mardiasih menjelaskan dan memberi kritik untuk Wirda agar tidak sombong dan membagikan saran agar wirda tidak terjerumus dalam pemahaman yang berbahaya.

“1) Sedekah dalam Islam adl distribusi pendapatan; Al Hasyr: 7 (agar kekayaan itu tdk beredar di orang kaya yg itu2 saja), dlm Islam kekayaan ga boleh ditimbun, harta kita bukan 100% milik kita. Kita BUKAN NGASIH, tapi MENGEMBALIKAN HAK kaum marjinal.” tulis @mardiasih di laman Twitternya.

“2) Pemahaman konsep sedekah buat dapat kekayaan yg lebih itu berbahaya sekali," tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keutamaan Sedekah

Mendapatkan Naungan di Hari Akhir
Ilustrasi Bersedekah Credit: freepik.com

Sebenarnya yang kita harus pahami sebagai umat beragama, alangkah baiknya sedekah tidak menyebutkan berapa nominal, namun sedekah semata-mata karena ingin membagi sebagian rezeki kita kepada orang yang lebih membutuhkan.

Dikutip dari Dompetduafa, Jumat (21/10/2022), Sulaiman Al Rajhi merupakan salah satu miliarder Arab Saudi yang sering menyumbang selama hidupnya, sepanjang dunia islam dan masih belum ada yang dapat menandingi. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sedekah adalah pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi.

Keutamaan dan manfaat sedekah

Bukan segalanya uang menjadi tolak ukur sedekah, sedekah bisa bermacam-macam. Senyum pun merupakan salah satu sedekah yang membuat pahala bagi umat muslim. Begitu juga dengan membantu ketika orang kesusahan juga bisa dianggap sedekah, dan sebagainya.

Dilansir zakat.or.id keutamaan sedekah antara lain adalah:

1. Dapat menghapus dosa dan meringankan sakaratul maut

2. Sedekah mendatangkan rezeki

3. Allah SWT melipatgandakan pahala orang yang bersedekah

4. Mendapatkan naungan di hari kiamat

5. Didoakan malaikat

6. Mendapatkan keberkahan harta dan jiwa.


7 Jenis Sedekah Menurut Islam

Ilustrasi sedekah.
Ilustrasi sedekah. Photo Copyright by Freepik

Dikutip dari laman Kementerian Agama, sedekah yang bertujuan membelanjakan harta dengan mendekatkan diri kepada Allah, bersedekah termasuk amal ibadah yang dicintai Allah dan Rasul.

Ada beberapa jenis sedekah yang hukumnya sunnah, namun mendatangkan banyak kemuliaan dan pahala besar diantaranya adalah :

1. Menyantuni Anak Yatim

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

“Tetapi Dia tidak menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. Tahukah kamu apa jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat, atau kepada orang miskin yang sangat fakir. (QS. Al Balad: 11-16)

Bagi orang yang bersedekah kepada anak yatim dijanjikan posisi yang dekat dengan Rasulullah di surga.

2. Menyumbang Masjid

Kemuliaan sedekah masjid atau mengisi kotak amal. Dijelaskan dalam surat Al-Baqarah Ayat 261, sangat bernilai di sisi Allah, sedekah sangat dianjurkan setiap hari Jumat, walaupun setiap hari sebagai muslim kita harus bersedekah kapan pun dan di mana pun.

3. Menyerahkan Harta Wakaf

Tidak hanya uang, tanah pun bisa dijadikan dan dikelola untuk sedekah, tanah wakaf biasanya dijadikan masjid dan membawa pahala setiap orang yang berkunjung di masjid itu bagi pemilik tanah tersebut.

 


Sedekah Saling Membantu

Ilustrasi sedekah.
Ilustrasi sedekah. Photo copyrigt by Freepik

4. Membiayai Penuntut Ilmu

Membiayai para penuntut ilmu, termasuk membiayai siswa berprestasi dalam program beasiswa dan menyantuni sekolah atau pesantren.

5. Membiayai Kegiatan Dakwah

Kegiatan sedekah ini merupakan mengeluarkan sebagian harta kita untuk membiayai program dan kegiatan dakwah, di antaranya kepentingan majelis taklim, pengajian dan sebagainya.

6. Memberi Makan Hewan

Sedekah bukan hanya santunan dan uang saja, bahkan memberi makan hewan-hewan juga termasuk sedekah yang dicintai Allah. Diriwayatkan ada orang masuk surga karena memberi minum anjing yang kehausan. Berkat memberi minum anjing itu, Allah mengampuni dosanya.

7. Membantu Kerabat atau Fakir Miskin

Membantu atau bersedekah pada kerabat dan fakir miskin termasuk amalan yang mendatangkan pahala besar. Hal ini sebagaimana diterangkan Rasulullah dalam sabdanya:

“Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah dan kepada kerabat ada dua (kebaikan), sedekah, dan silaturrahim.” (HR At-Tirmidzi).

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya