Penampakan Terkini Itaewon Pasca Tragedi Halloween

Bagaimana kondisi terkini Itaewon yang terkenal gemerlap dan glamor pasca tragedi mengerikan ini?

oleh Hani Safanja diperbarui 01 Nov 2022, 14:34 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2022, 14:34 WIB
Penghormatan untuk Para Korban Tewas Tragedi Halloween Itaewon
Seorang pria membungkuk di tengah-tengah lokasi tragedi Halloween Itaewon di Seoul, Korea Selatan, Senin (31/10/2022). Tragedi Halloween Itaewon menewaskan lebih dari 150 orang dan menjadi bencana terburuk Korea Selatan dalam beberapa tahun. (AP Photo/Lee Jin-man)

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, peristiwa menyedihkan yang datang dari Korea Selatan menorehkan duka bagi masyarakat di penjuru dunia. Pada Sabtu, 29 Oktober 2022, sebanyak 100.000 masyarakat Korea Selatan pergi ke Itaewon untuk merayakan Halloween.

Akan tetapi, nahasnya perayaan ini memakan korban jiwa yang tidak sedikit. Mengutip dari The Korea Herald, Selasa (1/11/2022), kabar terbaru menyatakan korban jiwa sebanyak 155 orang yang diungkapkan oleh seorang pejabat Markas Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korea Selatan.

Sebelumnya, Itaewon merupakan tempat populer bagi orang Korsel untuk merayakan Halloween. Terkenal dengan wilayah yang memiliki banyak tempat makan dan bar, Itaewon juga terkenal dengan penyatuan budaya yang beragam.

Mengutip dari Head Topics, Halloween bukanlah hari libur yang dirayakan secara tradisional di Korea Selatan. Tetapi, Seoul yang tumbuh menjadi lebih kosmopolitan dan meningkatnya jumlah orang Korsel yang kembali dari luar negeri membuat Halloween menjadi perayaan yang populer.

Akhirnya, setelah melewati tiga tahun pandemi, lonjakan massa terjadi untuk merayakan Halloween di Itaewon. Massa yang sebagian besar anak muda, yang merayakan perayaan Halloween di Seoul terjebak dan terhimpit ketika kerumunan orang melonjak ke gang sempit selebar 6 meter.

Lantas, bagaimana kondisi terkini Itaewon yang terkenal gemerlap dan glamor pasca tragedi mengerikan ini?


1.Kondisi Sepi dan Mencekam

Itaewon
Itaewon adalah sebuah permukiman yang terletak di distrik Yongsan-gu, kota Seoul, Korea Selatan.

Dipenuhi dengan stand karangan bunga, kondisi Itaewon kala ini sangat sunyi. Toko-toko yang tutup karena duka nasional yang dilakukan sejak 30 Oktober hingga 5 November juga membuat suasanya kian senyap.

Belum lagi kondisi jalan yang dipenuhi dengan sampah yang berserakan disertai dengan karangan bunga putih yang bersih, menjadi paradoks yang traumatis.

Foto yang dibagikan oleh akun @juwonreports menunjukkan suasana sepi di Itaewon yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

"Itaewon kini sunyi senyap. Sopir taksi saya mengatakan bahwa dia belum pernah melihat tempat ini sehening ini," keterangan dalam unggahan tersebut. 


2. Karangan Bunga dan Pesan Mengharukan

Kondisi Itaewon Pasca Tragedi Halloween
Bunga-bunga terlihat di lokasi kecelakaan maut di Seoul, Korea Selatan, Minggu, 30 Oktober 2022, setelah perayaan Halloween Sabtu malam. Massa yang sebagian besar anak muda yang merayakan perayaan Halloween di Seoul terjebak dan terhimpit saat kerumunan orang melonjak ke gang sempit, menewaskan puluhan orang dan melukai puluhan lainnya dalam bencana terburuk Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Di samping stasiun Itaewon, penuh karangan bunga krisan putih yang disertai dengan botol makgeolli, soju, dan catatan di tugu peringatan darurat di Itaewon. Pesan-pesan yang dituliskan pun mengirimkan harapan baik dari teman dan keluarga yang berduka.

Username dengan nama @KasulisK membagikan beberapa tangkapan yang menyebutkan kondisi Itaewon terbaru.

“Catatan di Itaewon ini benar-benar menyakiti saya. ‘Maaf saya tidak bisa melindungimu. Teman-teman, jangan khawatir tentang apa pun. Istirahatlah’,” keterangan dalam unggahan tersebut.


3. Doa dari Pemuka Agama

Ilustrasi Itaewon dari Twitter
Ilustrasi Itaewon dari Twitter (Dok:KasulisK)

Pemuka agama pun turut mendoakan para korban di samping stasiun Itaewon. Penuh dengan karangan bunga dan orang-orang berduka, mereka duduk di depan jalan tersebut sembari terus merapalkan doa dengan khidmat. 

Username dengan akun @Klarisk juga turut membagikan video ketika stasiun Itaewon dipenuhi dengan orang-orang yang turut berduka dan dipenuhi dengan orang yang berlalu lalang. 

Infografis Tragedi Mematikan Pesta Halloween di Itaewon Korea Selatan
Infografis Tragedi Mematikan Pesta Halloween di Itaewon Korea Selatan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya