Kala Kaesang Mengeluh Panas saat Ngunduh Mantu Diarak bareng Sang Istri Erina

Pada hari ini, Minggu (11/12//2022), pasangan mempelai Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menggelar upacara adat Ngunduh Mantu di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 11 Des 2022, 11:17 WIB
Diterbitkan 11 Des 2022, 11:00 WIB
Pada hari ini, Minggu (11/12/2022), pasangan mempelai Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menggelar upacara adat Ngunduh Mantu di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah.
Pada hari ini, Minggu (11/12/2022), pasangan mempelai Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menggelar upacara adat Ngunduh Mantu di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah. (Twitter @kaesangp)

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Minggu (11/12//2022), pasangan mempelai Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menggelar upacara adat Ngunduh Mantu di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah.

Setelah Ngunduh Mantu, acara berlanjut dengan resepsi pernikahan. Sebelum itu, keduanya dikirab bersama keluarga besar masing-masing menuju Pura Mangkunegaran untuk melaksanakan prosesi unduh mantu.

Di tengah kesibukan acara Ngunduh Mantu, rupanya putra bontot Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu masih sempat bermain sosial media (sosmed).

Hal tersebut dapat dilihat di akun sosial media Twitter miliknya @kaesangp. Dalam unggahan fotonya, Kaesang 'mengeluh' panas.

"Panas," tulis Kaesang dalam akun Twitternya @kaesangp, Minggu (11/12/2022).

Sebelumnya, pasangan mempelai Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tiba di Loji Gandrung. Keduanya siap dikirab bersama keluarga besar masing-masing menuju Pura Mangkunegaran untuk melaksanakan prosesi unduh mantu.

Berdasarkan pantuan, kali ini, Kaesang dan Erina menggunakan busana adat dodotan. Busana ini diketahuap dikenakan budaya Jawa saat melangsungkan pernikahan.

Sebelum dikirab dengan kereta kencana, keduanya melakukan prosesi adat dengan meminum air dan dilakungkan melati oleh Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Joko Widodo selaku orangtua dari Kaesang Pangarep.

Selanjutnya, mereka melakukan prosesi sungkeman dengan mencium tangan dan memeluk kedua orangtua masing-masing.

Jokowi dan keluarga besar sendiri diketahui mengenakan beskap hitam. Tampak Jokowi menggandeng tangan cucunya, Jan Ethes.

Terlihat juga, putra sulungnya Gibran Rakabumin dan istri dan juga menantunya, Bobby Nasution dan istri yang hadir di lokasi.

"Hari ini kami unduh mantu sekaligus merawat kebudayaan memelihara kebudayaan karena budaya adalah warisan para leluhur kita," kata Jokowi kepada awak media di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022).

 


Tanggapan Warganet

Warganet yang sengaja mengedit foto unggahan Kaesang kepanasan bersama sang istri, Erina dengan menambahkan payung dan kipas kecil.
Warganet yang sengaja mengedit foto unggahan Kaesang kepanasan bersama sang istri, Erina dengan menambahkan payung dan kipas kecil. (Twitter @Imrereyy)

Atas cuitan Kaesang yang mengeluh kepanasan tersebut, respons warganet pun beragam.

"Ko bisa sempet ngetwit 😂," tulis @disanasyeekk.

"sempat sempatnya ngetweet 😭," ucap @blacckforest.

"mas kaesang panas onok pasangane yg lain nya ini panas krn jomblo🥲," tulis @kusukakmuuu.

"biar sehat mas kena matahari pagi😅," cuit @qwinjuun.

Tak hanya itu, bahkan ada sejumlah warganet yang sengaja mengedit foto unggahan Kaesang kepanasan bersama sang istri, Erina dengan menambahkan payung dan kipas kecil.

"Nih mas, udah saya kasih payung biar adem," kata @Imrereyy menyertai unggahan fotonya membalas cuitan Kaesang.

"kipasnya smpai mleyot😔," jawab @rosedatives.

"Payung ajaib bisa melayang gak tuh," timpal @JH_Andrika.

"Harusnya payung model abang2 jualan itu ngga si, biar sekeliling ikut kepayungan juga," jawab @shnt____.

"Payungnya pelangi 😽😽💅," kata @xiangantaro_rev.

"Maklum kk, akhir season," timpal @Imrereyy.

"Baru ngebatin kurang payung eh udh dikirimin payung aja sm mbanya wkwk," kata @lucianatia_.

"mini fan nya yang kebalik kak," @ddgafdat menanggapi.

 


Warga Padati Depan Loji Gandrung untuk Saksikan Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina

Kemeriahan Kirab Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Pasangan pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menaiki kereta saat prosesi kirab Ngunduh Mantu di kawasan Selamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Kirab ngunduh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono yang dimulai dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran tersebut disaksikan ribuan masyarakat Solo dan sekitarnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ribuan warga tampak memadati depan Loji Gandrung untuk menyaksikan upacara adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022).

Pantauan Liputan6.com, ribuan warga telah berdatangan di depan Loji Gandrung sejak pukul 5.30 WIB. Mereka rela datang lebih awal untuk bisa melihat prosesi ngunduh mantu putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Selain meihat prosesi ngunduh mantu, warga yang hadir di depan Loji Gandrung sekaligus untuk mengisi kegiatan car free day yang digelar setiap Minggu pagi.

Sejumlah petugas TNI dan Polri tampak berjaga ketat di jalan depan Loji Gandrung. Warga hanya boleh berdiri di tengah jalan protokol Slamet Riyadi. Area citywalk depan Loji gandrung steril dan dijaga petugas Paspampresl

Rencananya ritual adat ngunduh mantu digelar sekitar pulul 07.30 WIB. Beberapa menteri tampak sudah hadir seperti Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

 


Kaesang dan Erina Resmi Menikah

Kemeriahan Kirab Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Pasangan pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menaiki kereta saat prosesi kirab Ngunduh Mantu di kawasan Selamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Kirab ngunduh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono yang dimulai dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran tersebut disaksikan ribuan masyarakat Solo dan sekitarnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Kaesang Pangarep resmi menikah dengan Erina Gudono, Sabtu 10 Desember 2022. Pembacaan ijab kabul dilaksanakan di di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Seperti pasangan pada umumnya, Kaesang pun memberikan sebuah mahar atau mas kawin untuk Erina. Dalam hal ini, Kaesang memberikan seperangkat alat salat serta uang tunai sebesar Rp300.000, dengan tiga pecahan Rp100.000

Selain itu, Kaesang juga memberikan mahar berupa logam mulia sebanyak empat buah. Masing- masing emas memiliki berat yang berbeda yakni, 10 gram, 12 gram, 20 gram, dan 22 gram.

Hal ini sesuai dengan tanggal akad nikah keduanya yang digelar pada Sabtu 10 Desember 2022. Adapun mahar tersebut dihias dan ditata dalam sebuah bingkai bewarna emas dengan ukuran besar.

Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional
Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional.  (Liputan6.com/Triyasni)    
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya