15 Makanan yang Justru Bikin Kamu Lebih Lapar Setelah Mengunyahnya, Apa Saja?

Beberapa makanan tidak membuat merasa kenyang dan malah membuat kita lapar atau menginginkan lebih banyak lagi.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 20 Des 2022, 12:45 WIB
Diterbitkan 20 Des 2022, 12:45 WIB
Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Alex Haney

Liputan6.com, Jakarta - Kita makan untuk mendapatkan energi yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap kuat.

Tetapi ironisnya, beberapa makanan tidak membuat kita merasa kenyang dan malah membuat kita lapar atau menginginkan lebih banyak lagi.

Merasa lapar terus-menerus tidaklah menyenangkan. Rasa lapar, perut keroncongan, dan hal lainya yang terkait dengan rasa lapar dapat membuat kamu merasa agak frustrasi, terutama jika sudah makan.

Selain itu, jika merasa lapar sepanjang waktu, kemungkinan besar kamu menyerah pada rasa lapar dan makan berlebihan bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, terutama adalah kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kenaikan berat badan dapat menjadi akar penyebab banyak penyakit dan penyakit lainnya, termasuk obesitas, diabetes, nyeri sendi, penyakit kardiovaskular, dan lain-lain.

Jadi, sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat jika Anda ingin bebas dari berbagai macam penyakit.

Melansir Boldsky, Selasa (20/12/2022), berikut sederet makanan yang justru akan membuat kamu lapar atau bahkan semakin lapar:

 

1. Yoghurt

Sebagian besar jenis yoghurt yang tersedia di toko-toko bisa jadi mengandung gula yang tinggi. Yoghurt memiliki lebih banyak pemanis buatan yang dapat meningkatkan gula darah kamu, tetapi hanya memberikan sedikit kepuasan.

Selain itu, karena konsistensinya, yoghurt tidak perlu dikunyah, dan tindakan mengunyah membantu meningkatkan faktor kepenuhan kita.

Greek Yoghurt dapat membantu mengatasi rasa lapar lebih baik daripada yoghurt biasa. Yoghurt ini memiliki jumlah protein dua hingga tiga kali lipat dari yoghurt biasa, yang juga dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nasi Putih hingga Jus Buah

Nasi Putih
Ilustrasi/copyright unsplash.com/

2. Nasi Putih

Nasi putih meningkatkan gula darah dan kemudian menurunkannya. Akibatnya, kamu akan merasa lapar lagi. Daripada nasi putih, pilihlah beras merah atau beras basmati karena mereka tidak akan bereaksi seperti nasi putih, dan hindari memasak nasi putih terlalu lama.

3. Roti Putih

Roti tepung putih memiliki sedikit nilai makanan. Roti ini terbuat dari tepung putih dan lemak yang memberikan lebih banyak kalori tetapi kurang memuaskan.

Oleh karena itu, daripada roti putih yang besar, makanlah produk gandum utuh untuk sarapan, yang akan melayani Anda jauh lebih baik.

4. Pasta Putih

Karena kurangnya serat dalam pasta putih, bahkan setelah memakannya, kamu bisa merasa lapar. Pasta putih adalah sumber karbohidrat yang terkonsentrasi, meningkatkan gula darah, diikuti dengan penurunan tidak lama setelahnya.

5. Putih Telur

Putih telur sangat baik untuk kesehatan Anda, tetapi memakannya tidak akan membuat Anda merasa kenyang dan dapat membuat Anda merasa lapar, namun, kuning telur adalah bagian protein dari telur, yang membantu Anda kenyang.

6. Jus Buah

Jus buah memang baik tetapi tidak pernah sebaik buah itu sendiri karena kurangnya serat. Tanpa nutrisi yang diperlukan, jus dapat meningkatkan gula darah dan menurunkannya, dan Anda menjadi lapar lagi dalam waktu singkat.


Soda hingga Kentang Goreng

ilustrasi soda/unsplash
ilustrasi soda/unsplash

7. Soda

Semakin banyak soda yang kamu minum, semakin banyak kalori yang didapatkan. Karbondioksida dari soda, ketika dikonsumsi, dilepaskan di perut, di mana, reseptor kimia yang mendeteksi karbon dioksida menyebabkan sel-sel di bagian atas perut melepaskan ghrelin, yang menyebabkan rasa lapar.

Soda mencegah kamu merasa kenyang, dan soda yang dicampur dengan gula membuat kamu mendambakan lebih banyak rasa manis, yang jelas buruk bagi kesehatan.

8. Alkohol

Studi menunjukkan bahwa neuron Agouti-related peptide (AgRP) yaitu neuron khusus di bagian depan otak yang berhubungan dengan rasa lapar dan fungsi lainnya diaktifkan selama keracunan, yang membuat kamu merasa lebih lapar. Ketika minum alkohol, kamu cenderung makan lebih banyak kalori.

9. Sereal

Tidak semua sereal, tetapi jenis dengan pemanis buatan dapat mempengaruhi gula darah dan benar-benar membuat kamu lebih lapar.

Para ahli mengatakan bahwa ini bisa jadi karena rasa manis tanpa kalori, tubuh kamu akan mendambakan kalori, membuat kamu lebih lapar.

10. Kentang Goreng

Hanya sebuah makanan dengan nama. Menggoreng kentang dalam minyak dan garam membuatnya tidak berharga, sejujurnya.

Gunakan kentang yang sama untuk dipanggang atau direbus, maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Jika benar-benar menginginkan keripik kentang, maka makanlah ubi jalar sebagai penggantinya.


Roti dengan Selai hingga Makanan Ber-MSG

Ilustrasi roti dan selai kacang
Ilustrasi roti dan selai kacang (Sumber: Pixabay/eroyka)

11. Kombinasi Roti dan Selai

Camilan yang disukai banyak orang ini dapat membuat rasa lapar Anda semakin parah, karena sarat dengan karbohidrat dan lemak yang dapat menurunkan kadar gula darah Anda, sehingga menyebabkan rasa lapar.

12. Smoothies

Smoothies yang kaya akan kandungan gula dapat membuat Anda merasa energik dan kenyang sesaat. Namun, smoothies juga dapat menurunkan kadar gula darah Anda setelah beberapa saat dan menyebabkan rasa lapar.

13. Daging Babi

Daging babi sangat kaya akan kandungan vitamin B, dan vitamin B terkait dengan peningkatan rasa lapar, jadi pikirkan dua kali saat Anda ingin makan hidangan daging babi favorit Anda saat Anda sangat lapar.

14. Cokelat Susu

Meskipun cokelat hitam itu sehat, cokelat susu dapat menciptakan ketidakseimbangan dalam kadar gula darah Anda dan  menyebabkan lonjakan rasa lapar.

15. Makanan Ber-MSG

Monosodium glutamat (MSG) adalah penambah rasa yang biasa digunakan dalam makanan seperti daging olahan, sup, dan lain-lain. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa MSG dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan. 

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya