Beruang hingga Lebah, Ini 5 Hewan yang Memilki Masa Hibernasi Panjang

Berikut ini deretan hewan yang memiliki masa hibernasi panjang, apa saja?

oleh Achmad Hafidz diperbarui 29 Des 2022, 10:30 WIB
Diterbitkan 29 Des 2022, 10:30 WIB
Beruang kutub kelaparan saat es Kutub Utara mencair (Antara)
Beruang kutub kelaparan saat es Kutub Utara mencair (Antara)

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan terkadang bagi manusia adalah waktu terbaik untuk tidur pasalnya saat hujan udara dingin dapat membuat tidur lebih nyenyak dan lama. Selain manusia, ternyata hal tersebut juga dilakukan oleh hewan.

Hewan salah satu makhluk bumi ini, sama kelakuannya seperti manusia. Ia juga suka tertidur ketika musim dingin seperti saat musim hujan atau salju. Mengutip dari laman Nationalgeographic, fase hewan tertidur lama ini biasanya disebut hibernasi. 

Apa itu hibernasi dan mengapa sebagian hewan membutuhkan hibernasi? Hibernasi merupakan bentuk torpor (kelambanan) yang diperpanjang, suatu keadaan di mana metabolisme tertekan hingga kurang dari lima persen dari normal.

"Sebagian besar fungsi fisiologis sangat melambat atau benar-benar terhenti," kata Marina Blanco, seorang rekan pascadoktoral di Duke Lemur Center di Durham, North Carolina, Amerika Serikat, yang mempelajari lemur kerdil (Cheirogaleus spp.) 

Menurut Marina, lemur kerdil ketika berhibernasi mereka dapat mengurangi detak jantun lebih dari 300 detak per menit menjadi kurang dari enam per menit. 

"Aktivitas otak mereka menjadi tidak terdeteksi," kata Marina, dikutip dari nationalgeographic.

Sementara itu, menurut Kelly Drew, seorang ahli neurofarmakologi di University of Alaska Fairbanks di Amerika Serikat, hewan ketika Hibernasi berarti konservasi energi. 

Menurut penelitian ada beberapa alasan mengapa hewan membutuhkan hibernasi, karena faktor perlindungan, suhu, dan kekurangan makanan sampai menjadi stabil kembali, hewan akan bangun dari hibernasi panjanganya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5 Hewan yang Memilki Masa Hibernasi Panjang

Ular hingga Beruang Kutub, Ini 5 Serangan Hewan Terparah
Beruang Hitam (Pixabay)

Sebagian hewan yang memiliki fase hibernasi biasanya mamalia, namun beberapa hewan selain manusia seperti burung, amfibi, dan reptil terkadang mempunyai masa hibernasinya sendiri. Melansir a-z-animals, berikut 5 hewan yang memiliki masa hibernasi panjang:

1. Beruang 

Pertama kali mendengar hibernasi kalian pasti langsung tahu dengan hewan ini, yaitu beruang. Dengan mekanismenya beruang mempunyai sistem hibernasi yang berbeda.

Biasanya pernapasan dan detak jantung beruang melambat saat mereka dalam keadaan torpor, dan suhu tubuh mereka turun. Mereka dapat dan sering kali dengan cepat keluar dari tidur mereka, tetapi mereka juga dapat tetap tidak aktif selama berhari-hari tanpa makan, minum, atau pergi ke kamar mandi.

Beruang memiliki kemampuan untuk tetap diam dalam waktu yang lebih lama daripada hewan pengerat, baik saat makan atau membuang kotoran. Di bagian utara Amerika Serikat dan Kanada, beruang dapat berhibernasi hingga 8 bulan tanpa meninggalkan gua mereka. Karakteristik yang sama ditunjukkan oleh beruang di Selatan, meskipun untuk jangka waktu yang lebih pendek.


2. Landak

Ilustrasi landak
Ilustrasi landak. (Photo by Eduardo Gorghetto on Unsplash)

Tergantung pada seberapa dingin musim dinginnya, landak dapat berhibernasi selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Detak jantung landak bisa turun hingga 90% saat mereka berhibernasi, namun jika cuaca menjadi terlalu dingin, mereka mungkin akan terbangun sebentar. Ketika mereka terbangun, jantung mereka berdetak lebih cepat, menghangatkan mereka sedikit sebelum tertidur kembali.

Biasanya, landak berhibernasi dari bulan Oktober ke November dan Maret ke April. Setiap individu berpindah lokasi bersarang setidaknya sekali selama masa ini. Menurut penelitian, ini berarti Anda akan melihat mereka sesekali keluar dan sekitar.

3. Kura-kura

Jumlah kura-kura yang berhibernasi bervariasi menurut spesies dan wilayah geografis. Kura-kura kotak berhibernasi selama tiga sampai lima bulan setiap tahunnya. Mereka membuat liang bawah tanah untuk diri mereka sendiri, memperlambat detak jantung mereka menjadi 5 sampai 10 denyut per menit, dan berhenti bernapas sepenuhnya. Namun, mereka tidak kekurangan oksigen karena mereka menyerapnya melalui kulit mereka. 


4. Marmut

Ilustrasi marmut (Wikimedia Commons)
Ilustrasi marmut (Wikimedia Commons)

Herbivora ini sering terlihat berkelompok sepanjang musim panas ketika mereka aktif, tetapi mereka tidak terlihat di musim dingin ketika mereka berhibernasi di bawah tanah.

Marmut bisa berhibernasi selama delapan bulan. Marmut dapat memperlambat pernapasan mereka menjadi 2-3 napas per menit dan detak jantung mereka menjadi 3-4 detak per menit ketika mereka berhibernasi. Makhluk ini menunda fungsi kritis mereka dan membakar lemak yang tersimpan saat mereka beristirahat untuk bertahan hidup.

5. Lebah

Meskipun tidak semua lebah melakukan hibernasi, setidaknya bagi sang ratu, hal ini merupakan aspek penting dari keberadaannya. Ketika suhu turun, setiap lebah jantan dan lebah pekerja akan mati, meninggalkan sang ratu untuk menemukan lokasi yang cocok untuk menghabiskan musim dingin.

Sang ratu muncul, membuat sarang, dan meletakkan seluruh koloni baru ketika suhu naik. Ratu lebah telah diamati berhibernasi dalam suhu serendah -20 derajat celsius hingga sembilan bulan.

 

Infografis TIdur Cukup Untuk Cegah Risiko Penularan Covid-19
Infografis TIdur Cukup Untuk Cegah Risiko Penularan Covid-19. Source: Liputan6
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya