8 Bahan Alami yang Bantu Mencerahkan Ketiak Gelap

Untuk membantu mencerahkan ketiakmu, kamu bisa menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumahmu.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 28 Jan 2023, 16:03 WIB
Diterbitkan 28 Jan 2023, 16:03 WIB
Bulu ketiak
Ilustrasi (Sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Ketiak gelap atau hitam tentu akan mengganggu penampilan seseorang. Apalagi jika memakai baju tanpa lengan, seseorang tentu tidak akan percaya diri.

Tidak sedikit individu, terutama wanita mencari cara untuk mencerahkan ketiak. Nah, kini Anda tidak perlu susah mencari solusinya.

Untuk membantu mencerahkan ketiakmu, kamu bisa menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumahmu. Penasaran bahan alami apa saja yang bisa membantu mencerahkan ketiak gelap? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (29/1/2023).

1. Madu, Susu dan Kunyit

Tiga bahan ini tentu sangat mudah didapat di rumahmu. Anda hanya perlu menyiapkan 1 sdm susu, 1 sdt bubuk kunyit dan 1 sdt madu. Jika sudah memiliki bahan-bahan tersebut, campur semuanya dengan baik dan oleskan ke ketiakmu. Biarkan kering lalu bilas.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengaplikasikannya tiga kali seminggu.

2. Minyak zaitun dan gula merah

Anda bisa mencampurkan 3 sdm gula merah dan 2 sdm minyak zaitun murni. Gunakan untuk menggosok ketiakmu selama sekitar 2 menit dan kemudian biarkan selama 5 menit.

Setelah 5 menit, bersihkan ketiakmu menggunakan air hangat dan gunakan handuk lembut untuk mengeringkannya. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakannya dua kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Kentang

Ilustrasi kentang | Polina Tankilevitch dari Pexels
Ilustrasi kentang | Polina Tankilevitch dari Pexels

Anda hanya perlu menggunakan satu kentang kecil. Pertama-tama kupas dan parut kentang. Lalu peras kentang untuk mengeluarkan sarinya. Kemudian oleskan perasan tersebut ke ketiakmu dan diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas menggunakan air dingin.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengaplikasikannya dua kali sehari. Sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur di malam hari.

4. Cuka Sari Apel dan Soda Kue

Anda hanya membutuhkan 2 sdt cuka sari apel dan 2 sdt baking soda. Setelah memiliki bahan-bahan tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan yakni campurkan cuka sari apel dengan soda kue. Setelah dicampurkan, oleskan larutan tersebut ke area ketiak dan biarkan mengering.

Lalu biarkan selama beberapa menit lagi dan bilas menggunakan air dingin kemudian keringkan. Untuk hasil yang maksimal, lakukan tiga kali seminggu.


5. Baking Soda dan Air Mawar

Menggunakan Baking Soda
Ilustrasi Baking Soda Credit: pexels.com/Kaboompics

Jika Anda memiliki air mawar dan soda kue, campurkan kedua bahan hingga menjadi pasta kental. Lalu oleskan pasta ini ke ketiak gelapmu, dan biarkan selama 10 menit. Setelah 10 menit, cuci menggunakan air dingin dan keringkan.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa gunakan pasta ini dua kali seminggu. 

6. Mentimun

Mentimun mempunyai manfaat sebagai pemutih bagi kulit. Cukup gosokkan irisan timun di kulit ketiak, cuci bersih setelah 10 menit dan keringkan menggunakan handuk lembut. Perawatan kulit ketiak ini perlu dilakukan minimal dua kali dalam sehari sampai hasilnya terlihat.


7. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: pexels.com/pixabay

Jeruk nipis dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi kulit ketiak yang gelap. Namun, tidak semua ketiak hitam bisa diatasi dengan jeruk nipis. Ketiak yang gelap karena kondisi medis tertentu tidak bisa diatasi dengan jeruk nipis, seperti diabetes, obesitas, atau infeksi tertentu. 

Cara menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan ketiak cukup mudah, yaitu dengan memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Lalu, peras dan oleskan airnya pada bagian ketiak yang hitam. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air sampai bersih. Kemudian beri pelembab setelahnya.

8. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman obat yang mengandung sifat antibakteri yang menenangkan kulit yang meradang dan mencerahkan ketiak yang berubah warna.

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan
Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya