Mengenal Gaslighting dan 4 Cara Mengatasinya

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gaslighting.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 05 Feb 2023, 12:03 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2023, 12:03 WIB
Beri Kesempatan Pada Pasanganmu Untuk Bicara
Ilustrasi Pasangan Bertengkar Credit: pexels.com/Polina

Liputan6.com, Jakarta - Istilah gaslighting memang sering digunakan dalam keadaan sebuah hubungan asmara, namun gaslighting bisa dilakukan oleh siapa saja dan kepada siapa saja.

Gaslighting adalah salah satu bentuk manipulasi psikologis di mana pelaku gaslighter akan membuat korbannya merasa bingung dan ragu akan kewarasan dirinya sendiri. Itu bukan sesuatu yang bisa diabaikan dan sayangnya, itu bisa merugikan psikologis korban.

Orang yang mencoba hal ini benar-benar ingin membuatmu bingung atau ingin menciptakan situasi di mana Anda meragukan dirimu sendiri apa pun yang Anda katakan untuk memenuhi kebutuhan orang yang meng-gaslightingmu.

Jika Anda seseorang yang selalu minta maaf, merasa ditolak atau diabaikan, mulai meragukan diri sendiri, merasa tersesat atau dimanipulasi, atau rasa bersalah dalam mengekspresikan emosimu, maka ini menjadi tanda-tanda peringatan bahwa Anda sedang di gaslighting.

Jika itu masalahnya, waspadalah dan tangani dengan paling dewasa. Oleh karena itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gaslighting, seperti melansir dari Pinkvilla, Minggu (5/2/2023).

1. Beristirahatlah dari situasi tersebut

Rasa ikatan emosional yang kuat bisa dialami saat mengalami gaslighting. Tapi jangan biarkan emosi tersebut membuatmu mengambil reaksi langsung yang buruk.

Singkirkan amarah, frustasi dan kesedihan dalam dirimu dan cobalah untuk tetap tenang agar bisa menghadapi situasi tersebut secara efektif.

Hal ini bisa mendorong orang lain untuk lebih memanipulasimu, dan begitu mereka tahu Anda mengetahui trik yang mereka mainkan, mereka tidak akan menjadikanmu korbannya.

Tetap tenang dalam situasi ini karena akan membuatmu sadar mengenai kebenaran sambil menjernihkan pikiran. Karena itu Anda bisa membuat keputusan dengan sadar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Merawat diri sendiri

Ilustrasi sahabat, kecewa, bertengkar
Ilustrasi sahabat, kecewa, bertengkar. (Photo by Liza Summer from Pexels)

Merawat diri sendiri dengan baik akan meningkatkan kesejahteraan mentalmu sambil memberimu padangan lebih jelas tentang situasinya.

Terkadang, berada di ruang yang sama dan memikirkan hal serupa bisa membingungkan pikiran sekaligus menyesatkanmu.

Cobalah berbicara dengan diri sendiri secara positif, dan afirmasi positif, dan atur emosimu saat berhubungan dengan orang lain untuk melawan strategi gaslighting.

3. Cobalah mencari bantuan

Jangan ragu dan berpikir bahwa membagikan pemikiranmu akan menciptakan drama. Malah baik untuk membagikan perasaanmu dan meminta dukungan dari orang yang benar-benar Anda percayai.

Ini akan memotivasimu sambil membimbingmu di jalan yang benar. Selain itu, juga akan memperjelas bahwa Anda tidak bingung atau gila.

 


4. Bicaralah dengan sangat percaya diri

Memulai Perselingkuhan
Ilustrasi Pertengkaran Hubungan Credit: pexels.com/pixabay

Pastikan Anda mengumpulkan bukti faktual termasuk gambar, atau rekap dialog dengan kutipan langsung untuk menunjukkan kebenaran.

Pastikan Anda berbicara dengan percaya diri tanpa keraguan untuk membuat orang yakin bahwa Anda berbicara tentang kenyataan.

Cobalah untuk tetap tenang setelah Anda mengenali tanda-tanda gaslighting dan mulailah mengumpulkan bukti-bukti dari saat itu.

Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh
Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya