Krisis Cedera Pertahanan, Erik Ten Hag Bakal Beralih ke Duo Manchester United yang Belum Teruji?

Krisis cedera pertahanan bakal membuat Erik ten Hag beralih ke duo Manchester United yang belum teruji?

oleh Sulung Lahitani diperbarui 15 Apr 2023, 16:16 WIB
Diterbitkan 15 Apr 2023, 16:16 WIB
Foto: Ekspresi Kekesalan Erik Ten Hag Setelah Newcastle Kudeta Posisi MU di Liga Inggris 2022 / 2023
Pelatih MU, Erik Ten Hag (kanan), melakukan protes dalam pertandingan pekan ke-29 Liga Inggris 2022/2023 antara Newcastle United melawan Manchester United yang berlangsung di St. James Park, Minggu (2/4/2023) WIB. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United berada dalam krisis cedera pertahanan menjelang pertandingan mereka dengan Nottingham Forest. Akan tetapi, akademi MU mungkin dapat membantu mereka keluar dari lubang sekali lagi.

Erik ten Hag tidak diperkuat duo pertahanan utama Lisandro Martinez dan Raphael Varane untuk perjalanan akhir pekan ini ke City Ground. Pemain Argentina itu harus absen selama sisa musim ini setelah mengalami cedera metatarsal saat bermain imbang Kamis malam dengan Sevilla.

Lisandro Martinez akan bergabung di pinggir lapangan bersama Varane yang akan absen selama beberapa minggu setelah ditarik melawan tim Spanyol di babak pertama. Cedera mereka masing-masing telah meninggalkan bos United Ten Hag dengan masalah yang harus diselesaikan di bek tengah.

Luke Shaw - bek kiri konvensional - baru saja kembali dari cedera dan akan menghadapi tes kebugaran akhir pekan ini untuk menentukan keterlibatannya. Pasangan yang alami kemungkinan besar untuk dipakai adalah kapten Harry Maguire, meski ia menjalani pertandingan yang sulit melawan Sevilla, bersama Victor Lindelof.

Mengingat pabrik bakat yang mereka miliki, Manchester United berpotensi beralih ke akademi mereka untuk mendapatkan sejumlah opsi kejutan untuk memberikan perlindungan di bangku cadangan. Teden Mengi - yang telah membuat dua penampilan untuk MU sejauh ini - dapat dipanggil kembali ke tim utama.

Pemain berusia 20 tahun itu memiliki pengalaman sepak bola senior setelah menjalani masa pinjaman dengan Birmingham dan Derby, sementara mantan bos Manchester United Ole Gunnar Solskjaer adalah penggemar beratnya. Berbicara selama waktunya di Old Trafford, pelatih asal Norwegia itu berkata tentang Mengi: "Anda harus memastikan dia siap untuk itu, Anda lihat contoh Ajax, yang bermain di liga yang berbeda, tetapi Matthijs de Ligt... mereka membuatnya kapten saat berusia 18 tahun."

“Anda dapat melihat sesuatu yang istimewa pada dirinya. Teden punya sesuatu yang istimewa dalam dirinya. Ini tentang memilih momen yang tepat untuk memberinya kesempatan."

Bek muda itu sendiri sempat menderita cedera yang ia alami saat pertandingan persahabatan pertengahan musim MU melawan Real Betis. Dia belum kembali ke aksi kompetitif apa pun, yang bisa membuatnya tidak dipanggil selama beberapa minggu mendatang.

Pilihan menarik lainnya adalah sesama lulusan akademi Bjorn Hardley. Pemain asal Belanda berusia 20 tahun itu telah menjadi pemain kunci bagi tim U23 MU sepanjang musim, dengan penampilannya yang cukup bagus untuk mendapatkan pengakuan senior.

Ten Hag memanggil bek muda untuk berlatih dengan tim utama pada hari Jumat bersama Lindelof sehingga dia mungkin layak mendapat tempat di skuad untuk perjalanan ke Nottingham.


Harga Mahal yang Harus Dibayar Manchester United Hanya Untuk Sebuah Hasil Imbang

MU Vs Sevilla
Lisandro Martinez mendapat cedera dalam laga Manchester United vs Sevilla pada leg pertama babak perempat final Liga Europa 2022/2023, Jumat (14/4/2023) dini hari WIB. (DARREN STAPLES / AFP)

Manchester United harus puas ditahan imbang oleh Sevilla dalam leg pertama babak perempat final Liga Europa, Jumat (14/42023). Padahal, sejak babak pertama skuad asuhan Erik ten Hag sudah unggul 2-0 melalui dwigol Marcel Sabitzer (14’, 21’). Namun sayang, dua gol bunuh diri dari Tyrell Malacia (84’) dan Harry Maguire (90+2’) cukup untuk menggagalkan kemenangan Setan Merah.

Gagal menang di menit-menit akhir ternyata bukan satu-satunya nasib buruk yang menimpa Man United. Kombo bek andalan mereka, Lisandro Martinez dan Raphael Varane harus ditarik keluar di tengah pertandingan karena masalah cedera yang menimpa kedua pemain tersebut

United yang sudah menggunakan jatah lima pemain penggantinya terpaksa harus bermain dengan 10 orang ketika Martinez dibantu keluar lapangan oleh pemain Sevilla Gonzalo Montiel dan Marcos Acuna yang juga merupakan rekan senegaranya.

Usai pertandingan ketika ditanya mengenai cedera yang dialami anak asuhnya, Erik ten Hag hanya menjawab terlalu dini untuk menilai seberapa parah cederanya.

“Tidak ada lawan yang terlibat sehingga tidak terlihat bagus tapi kami harus menunggu. Staf medis harus melakukan pekerjaan mereka, memberikan diagnosis yang tepat,” jelas Ten Hag.

“Saya pikir dengan cedera tersebut berarti ia tidak akan bermain pada hari Minggu. Saya tidak bisa mengatakan apa diagnosisnya. Saya lebih suka menunggu dan mengetahui apa itu,” sambung manajer asal Belanda tersebut.

Selengkapnya...


Jadwal Lagi Padat, Manchester United Dapat 2 Kabar Buruk di Pertengahan April 2023

Foto: Gol Bunuh Diri Harry Maguire Pupuskan Kemenangan di Depan Mata MU saat Leg Pertama Perempat Final Liga Europa
Reaksi kecewa pemain Manchester United, Marcel Sabitzer (kiri) setelah bermain imbang 2-2 melawan Sevilla pada laga leg pertama perempat final Liga Europa 2022/2023 di Old Trafford, Manchester, Jumat (14/04/2023) dini hari WIB. Sabitzer sukses mencetak dua gol pada babak pertama namun disamakan melalui dua gol bunuh diri dari rekannya sendiri. (AP Photo/Dave Thompson)

Manchester United mendapat kabar super buruk di tengah padatnya jadwal jelang berakhirnya musim 2022/2023. MU dipastikan akan ditinggal salah pemain kuncinya hingga akhir musim.

Pemain bertahan MU Lisandro Martinez tidak bisa bermain lagi di sisa musim 2022/2023. Pemuda asal Argentina itu mengalami cedera kaki ketika MU melawan Sevilla di leg pertama babak perempat final Liga Europa kemarin dini hari WIB.

Tak cuma Martinez, bek tengah MU lainnya Raphael Varane juga terkena cedera di laga kontra Sevilla. Varane terpaksa diganti sejak turun minum oleh Harry Maguire. Sedangkan Martinez mengalami cedera di menit-menit akhir.

Saat itu MU sampai tak bisa mengganti Martinez karena sudah menghabiskan seluruh jatah lima pergantian pemain.  Akibatnya Setan Merah harus melanjutkan laga dengan 10 pemain.

Hasilnya fatal, MU gagal mempertahankan keunggulan dua gol dan harus puas bermain imbang 2-2 dengan Sevilla setelah dua pemain bertahannya, Harry Maguire dan Tyrell Malacia, mencetak gol bunuh diri.

Setelah dilakukan pemeriksaan, cedera yang dialami Martinez cukup parah. Proses pemulihannya akan berlangsung sampai musim 2022/2023 selesai. Sedangkan Raphael Varane akan absen selama beberapa pekan, tapi masih bisa main di sisa musim ini.

Selengkapnya...

Infografis Nemanja Matic
Infografis Nemanja Matic sebelum berkostum Manchester United (MU)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya