Kenali 4 Gejala Sakit Kepala Cluster yang Sering Diabaikan

Serangan sakit kepala cluster atau cluster headache bisa menjadi sering dan bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, sangat memengaruhi kualitas hidup orang.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 29 Mei 2023, 12:04 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2023, 12:04 WIB
Kenali 4 Gejala Sakit Kepala Cluster yang Sering Diabaikan
Kenali 4 Gejala Sakit Kepala Cluster yang Sering Diabaikan - Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Rasa sakit di belakang mata seringkali tidak menjadi perhatian segera, rasa sakit ini sering menunjukkan kondisi yang mendasarinya dan secara signifikan bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang, membuatnya sulit bekerja, melakukan aktivitas, atau bahkan tidur dengan nyaman.

Tapi, kondisi ini bisa menjadi tanda sakit kepala cluster atau cluster headache.

Ada berbagai jenis kepala yang mungkin dialami seseorang, termasuk sakit kepala tegang, sakit kepala sinus, migrain, sakit kepala hipertensi dan sakit kepala cluster.

"Di antaranya, sakit kepala cluster sangat menantang karena mengikuti pola siklus dan dikenal sangat menyakitkan," kata Konsultan Senior Neurologi di Rumah Sakit Manipal Patiala, Satwnt Singh Sachdeva, seperti melansir dari Times of India, Senin (29/5/2023).

Serangan-serangan ini bisa terjadi selama tidur, tiba-tiba megejutkan individu yang terjaga dengan rasa sakit yang hebat dan menyiksa yang berpusat di sekitar atau di belakang salah satu mata.

Rasa sakitnya sering digambarkan tajam, menusuk dan bisa menjalar ke area pelipis.

"Serangan sakit kepala cluster bisa menjadi sering dan bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, sangat memengaruhi kualitas hidup orang tersebut," sambungnya.

Oleh karena itu, ketahui beberapa gejala sakit kepala cluster lainnya:

 

1. Sensitivitas terhadap cahaya dan suara

Banyak individu dengan sakit kepala cluster menjadi sensitif terhadap cahaya (fotofobia) dan suara (fonofobia) selama serangan.

Paparan cahaya terang atau suara keras bisa memperburuk rasa sakit dan ketidaknyamanan.

"Pilihan pengobatan untuk sakit kepala cluster termasuk perawatan untuk menghilangkan rasa sakit selama serangan, seperti terapi oksigen aliran tinggi dan obat-obatan, serta obat pencegahan untuk mengurangi frekuensi dan intensitas episode cluster headache," ucap Dr. Sachdeva.

 


2. Kegelisahan dan agitasi

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang
Ilustrasi Sakit Kepala Bagian Belakang Credit: pexels.com/Andrea

Selama serangan sakit kepala cluster, individu sering mengalami kegelisahan dan agitasi. Individu mungkin akan mondar-mandir, bergoyang-goyang, atau melakukan gerakan berulang lainnya untuk mengatasi rasa sakit.

3. Gejala otonom

Menurut Dr. Sachdeva, "Gejala-gejala ini bisa berupa kemerahan dan mata berair di sisi yang terkena, kelopak mata terkulai atau bengkak, hidung tersumbat atau pilek, berkeringat, atau muka memerah."

 


Gejala lainnya

Sakit kepala dan Demam
Ilustrasi Demam dan Sakit Kepala Credit: pexels.com/pixabay

4. Waktu biasa

Sakit kepala cluster seringkali mengikuti pola waktu yang tepat, dengan serangan terjadi pada waktu yang sama setiap hari atau malam. Siklus yang bisa diprediksi ini bisa mengganggu tidur dan rutinitas sehari-hari.

infografis journal
infografis journal 5 Jenis Penyakit Hepatitis. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya