4 Tipe Kepribadian Paling Bossy, Persiapkan Diri Jika Bertemu dengan Orang Seperti Ini

Berdasarkan MBTI, ada 4 kepribadian yang cenderung menjadi bossy.

oleh Bella Zoditama diperbarui 11 Agu 2023, 20:05 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2023, 20:05 WIB
perempuan kerja
Ilustrasi perempuan cantik bekerja/copyright pixabay.com/demifun1

Liputan6.com, Jakarta Dalam bekerja, tentu Anda tidak selalu menjalaninya dengan menyenangkan dan berjalan mulus. Ada kalanya, suasana kantor yang terasa kurang mengenakkan, teman yang suka bergosip, atau bahkan ada atasan yang memiliki sifat bossy. Meskipun setiap orang pastinya memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, tapi saat bertemu dengan seseorang yang memiliki sifat yang satu ini tentunya membuat jengkel atau jengah. 

Karena kadang mereka suka tidak sadar sering merasa ingin selalu ingin menjadi nomor satu dan berkuasa. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi pekerjaan yang toxic jika Anda tidak segera mengatasi dan keluar dari hal tersebut.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa tipe kepribadian menurut MBTI yang sering dianggap menyebalkan karena senang memerintah orang lain? Penasaran apa saja? Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (10/8/2023) berikut beberapa tipe kepribadian yang dianggap sangat bossy.

1. ENTJ

Orang dengan tipe kepribadian ENTJ biasanya adalah individu yang sangat bersemangat, kompetitif, dan percaya diri. Mereka bisa sangat mengintimidasi dengan kepercayaan dirinya tersebut.

ENTJ memiliki gaya kepemimpinan alami dalam pekerjaan dan tekad berani yang dapat membuat mereka mengintimidasi serta memerintah orang lain agar mengikuti arahan yang dibuat. Mereka punya gambaran yang jelas, seperti visi, tentang apa yang mereka inginkan dan mereka ingin mencapainya secepat mungkin.

Selain itu, orang dengan tipe kepribadian ENTJ bisa menjadi tidak sabar dengan orang-orang yang bertentangan dengan rencana mereka. Namun sisi positifnya, mereka bisa terbuka untuk mendengar pandangan orang lain selama mereka tidak diselimuti oleh emosi.


2. ESTJ

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli
Ilustrasi Rapat Evaluasi Kerja Credit: unsplash.com/Christinna

ESTJ mungkin adalah tipe MBTI yang paling suka memerintah dan mengontrol. Mereka yang mempunyai kepribadian ESTJ akan memimpin dengan proses yang disebut Extraverted Thinking. Karena hal itulah, yang menyebabkan mereka dapat dengan mudah melihat kesalahan yang perlu diperbaiki dan akan memerintahkan orang lain untuk memperbaiki pekerjaan tersebut dengan tepat waktu.

Mereka adalah pemimpin alami. Hal ini dapat memberi mereka reputasi sebagai orang yang suka memerintah atau mengontrol. ESTJ melihat apa yang perlu diperbaiki, apa yang perlu dilakukan, dan mereka biasanya tidak memiliki masalah dalam memberi tahu orang lain cara menyelesaikannya.

Dibandingkan dengan ENTJ, ESTJ cenderung lebih keras kepala dalam pemikiran mereka. Menantang ESTJ membutuhkan upaya yang lebih keras karena dasar keputusan dan pemikiran mereka seringkali berakar dalam pada pengalaman dan fakta yang tersimpan yang telah menjadi hal yang melekat bagi mereka.

Selain itu, ESTJ biasanya tidak merasa perlu untuk membohongi atau menutup-nutupi kata-kata mereka. Mereka cenderung frontal dan blak-blakan, lebih suka mengatakan langsung secara tentang apa yang mereka inginkan atau butuhkan. Maka bagi sebagian orang, mungkin akan merasa hal tersebut terlihat seperti memaksa dan kasar.


3. INTJ

Ilustrasi menjadi pemimpin yang baik/dok. Unsplash Leon
Ilustrasi menjadi pemimpin yang baik/dok. Unsplash Leon

INTJ sangat strategis dan visioner. Mereka menyukai logika dan pemikiran rasional daripada emosi dan perasaan mereka sendiri, dan biasanya akan dibingungkan oleh orang yang melakukan sebaliknya.

INTJ mempertimbangkan gambaran besar tentang sesuatu dan memiliki sedikit kesabaran untuk detail dan perasaan asing yang mungkin menghalangi. Sayangnya karena hal tersebut, orang lain sering salah menafsirkan ucapan langsung INTJ dan menganggapnya sebagai keburukan atau keangkuhan.

Akan tetapi, Anda perlu memahami adalah bahwa orang dengan kepribadian INTJ adalah orang yang jujur ​​​​dan tidak berbasa-basi. Mereka menyukai kejujuran yang berani dan tidak terlalu menyukai basa-basi sosial yang menghalangi kebenaran.

Dalam hal pekerjaan INTJ biasanya lebih suka memercayai orang lain yang kompeten, membiarkan orang lain mengerjakan pekerjaan tersebut. Akan tetapi, mereka akan melakukan sedikit pengawasan dan intervensi jika dirasa apa yang dikerjakan oleh orang lain tidak sesuai dengan apa yang direncakan.

Namun sayangnya, INTJ kadang-kadang bisa sangat menuntut, terutama ketika sedang stres dan mereka merasa orang-orang di sekitar mereka berkinerja buruk.


4. ENTP

Ilustrasi berdiri, meeting, rapat, diskusi
Ilustrasi berdiri, meeting, rapat, diskusi. (Image by pressfoto on Freepik)

Tipe kepribadian lain yang cenderung memiliki kepribadian bossy yaitu ENTP. Kenapa begitu? Alasannya karena ENTP memiliki kemampuan untuk memerintah karena mereka suka memunculkan ide dan menyerahkan tugas penerapannya kepada orang lain. Ada juga sedikit egoisme yang memaksa mereka untuk menonjolkan diri seperti bos.

Namun lebih sering, ENTP bertindak sebagai direktur kolaboratif. Mereka memberikan petunjuk dan arahan umum dan membiarkan orang lain memiliki banyak ruang kreatif untuk menyelesaikan masalah.

Nah, itu tadi 4 tipe kepribadian menurut MBTI yang cenderung memiliki sifat bossy. Jika ada teman atau bos Anda yang memiliki sifat seperti ini, bisa jadi itu adalah salah satu dari MBTI mereka. Namun, perlu diingat bahwa profesionalitas dalam pekerjaan juga menjadi suatu yang penting daripada tipe kepribadian, ya.

Dan jika seseorang memiliki sifat bossy pun tidak selalu berkesan negatif karena mereka sebenarnya sangat cocok untuk menjadi pemimpin.

infografis tenaga kerja asing di Indonesia
infografis tenaga kerja asing di Indonesia(Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya