10 Tips Jitu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Berikut beberapa tips mendapatkan tiket pesawat murah

oleh Sulung Lahitani diperbarui 18 Sep 2023, 15:03 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2023, 15:03 WIB
Naik Pesawat
Ilustrasi perjalanan liburan menggunakan pesawat. Credits: pexels.com by Oleksandr Pidvalnyi

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti telah mendengar banyak teori tentang waktu terbaik untuk mendapatkan tiket pesawat murah, seperti: Anda harus terbang di menit-menit terakhir untuk mendapatkan kesepakatan atau tarif terendah adalah pada hari Sabtu pukul 6 pagi. 

Namun, inilah saatnya menghilangkan kesalahpahaman bahwa ada hari ajaib untuk memesan tiket murah. Sebaliknya, Anda dapat menggunakan beberapa strategi yang dapat diandalkan untuk mendapatkan penerbangan murah.

Tergantung pada hari apa Anda memesan, ternyata hal tersebut “sedikit atau tidak ada pengaruhnya terhadap harga”. Namun, menurut data Google Flights, harga 1,9 persen lebih murah pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis dibandingkan pada hari Sabtu dan Minggu. 

Ya, mencari tiket pesawat murah bisa memusingkan, dan mencatat penawaran penerbangan serta buletin maskapai penerbangan bisa terasa seperti pekerjaan penuh waktu. Untuk memudahkan hidup Anda, berikut ini beberapaa tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah seperti dilansir dari Lifestyle Asia:

1. Beli tiket selama 'prime booking window'

Untuk liburan Anda berikutnya, belilah tiket selama 'prime booking window', yang juga dikenal sebagai 'optimal booking window'. Ini adalah waktu yang tepat untuk dilakukan beberapa minggu dan bulan sebelum keberangkatan ketika tarif penerbangan tidak berfluktuasi, dan penumpang memiliki banyak pilihan.

Menurut laporan di Google Flights, periode pemesanan optimal untuk perjalanan domestik berkisar antara 21 hari hingga sekitar 60 hari sebelum keberangkatan. 

Harga perjalanan internasional paling rendah antara dua hingga delapan bulan sebelum penerbangan. Namun, jika Anda terbang selama musim puncak perjalanan seperti hari raya keagamaan, tahun baru, atau hari libur sekolah, pertimbangkan untuk memesan tiket sekitar sepuluh bulan sebelumnya.

2. Periksa rute 'baru' yang ditambahkan oleh maskapai penerbangan

Saat maskapai penerbangan memulai rute baru dari bandara tertentu, harga turun rata-rata 20% untuk semua maskapai penerbangan yang menerbangi rute yang sama. Jadi, manfaatkan ini, dan pesan opsi terbaik yang tersedia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Manfaatkan 'kesalahan tiket pesawat'

[Fimela] Tiket Pesawat
Ilustrasi Tiket Pesawat | unsplash.com/@choisyeon

Pernahkah Anda mendengar tentang 'kesalahan tiket pesawat'? Ya, itu penting. Di dunia yang paham teknologi dan setiap transaksi dilakukan secara otomatis, terkadang maskapai penerbangan salah menentukan harga tiket secara tidak sengaja—untuk keuntungan wisatawan. 

Hal ini menghasilkan peluang jangka pendek untuk mendapatkan banyak tiket. Tentu saja, 'kesalahan tiket pesawat' bisa jadi sulit untuk dilacak, namun kuncinya adalah bertindak cepat untuk mendapatkan penghematan. Waktu adalah hal yang sangat penting.

4. Jelajahi beberapa situs pemesanan

Sudahkah Anda menentukan tujuan perjalanan liburan Anda berikutnya? Jika ya, bandingkan harga di beberapa situs web dan cari penawaran yang mereka tawarkan. Selain itu, analisis harga selama seminggu, dan lakukan pembayaran akhir ketika Anda yakin telah mendapatkan penawaran terbaik.

 


5. Atur pelacakan harga

Mau Kebagian Tiket Pesawat Promo? Pakai 4 Siasat Jitu Ini
Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Memesan penerbangan adalah soal waktu dan pelacakan tarif. Tarif maskapai penerbangan dapat berfluktuasi sebanyak 50% setiap hari dan jarang berada pada titik terendah dalam jangka waktu lama. Anda dapat menggunakan fitur pengaturan pelacak untuk tanggal perjalanan yang paling murah. Anda akan mendapat notifikasi setiap kali tarif berubah, sehingga Anda bisa mengambilnya saat harga paling rendah.

6. Gunakan air miles Anda

Banyak maskapai penerbangan melakukan penjualan tiket pesawat untuk mendapatkan nilai luar biasa dari perjalanan Anda. Selain itu, pemesanan tiket dengan miles juga memberikan fleksibilitas yang sangat baik. Misalnya, Anda dapat menunda sebagian besar tiket yang dibeli dengan miles dengan sedikit biaya.

 


7. Pesan penerbangan untuk satu orang

Apa Sajakah Keuntungan Beli Tiket Pesawat di Traveloka?
Ilustrasi Beli Tiket Pesawat. Foto: Istimewa.

Apakah Anda bepergian dalam kelompok? Daripada memesan beberapa tiket secara bersamaan, pesanlah satu tiket. Harga yang Anda bayarkan untuk setiap tiket bisa lebih rendah daripada harga yang Anda bayarkan untuk beberapa tiket secara bersamaan. 

Hal ini karena terkadang hanya sedikit kursi yang tersedia dengan harga lebih murah pada penerbangan tertentu. Dan ketika Anda memesan beberapa tiket secara bersamaan, Anda tidak mendapatkan manfaat dari kursi yang tersedia dengan harga murah.

8. Cari tiket pesawat di browser tersembunyi atau ‘incognito’

Jika Anda khawatir apakah penelusuran penerbangan di situs pemesanan menunjukkan permintaan yang lebih tinggi, pertimbangkan untuk menggunakan mode 'incognito' saat Anda menjelajah. 

Terkadang, situs web menunjukkan harga yang lebih tinggi karena persepsi niat membeli Anda. Situs web maskapai penerbangan dan perjalanan melacak cookie dan menaikkan harga berdasarkan tindakan konsumen di situs tersebut. 

Namun, Anda dapat menghindari kenaikan harga dengan membuka situs web di browser penyamaran (pribadi) atau meminjam perangkat orang lain.

 


9. Jangan ketinggalan Flash Sales

Ilustrasi tiket pesawat
Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Meskipun tidak ada ‘hari termurah’ untuk memesan tiket pesawat, beberapa pengecualian seperti Travel Deal Tuesday, Black Friday, dan Cyber Monday mungkin merupakan hari terbaik untuk mendapatkan penawaran menarik. 

Ya, Anda mungkin tidak menemukan penawaran perjalanan bagus setiap hari Selasa, namun Anda mungkin menemukan satu atau dua penawaran pada hari Selasa tertentu.

10. Pesan penerbangan di luar musim

Anda akan mendapatkan tarif lebih tinggi jika Anda mencoba bepergian ke suatu tempat pada bulan Maret, April, Juli, Agustus, atau Desember. Harga tidak turun selama musim liburan karena tingginya permintaan.

Karena itu, pesanlah tiket pesawat di bulan Mei, Juni, Oktober, dan November. Penerbangan biasanya lebih murah pada waktu ini.

Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat
Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya