Mata Terus Berair, Apa Sebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mata berair merupakan kondisi umum yang sering kali terjadi. Suatu hal yang sederhana seperti tertawa dan menguap pun tanpa sadar dapat membuat mata berair. Faktanya, sangat beragam penyebab dari kondisi mata berair ini. Yuk, simak apa saja penyebab mata berair dan bagaimana cara mengatasinya!

oleh Ega Ayu Agustin diperbarui 24 Apr 2024, 21:12 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2024, 20:59 WIB
Ilustrasi mata sakit, kedutan
Ilustrasi mata sakit, kedutan. (Photo by Kamran Aydinov on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Secara mendasar, air mata memiliki peran dalam menjaga kesehatan mata, mempercepat penyembuhan dari ketidaknyamanan, dan memberikan rasa nyaman pada mata. Namun, ketika produksi air mata berlebihan atau terjadi kondisi yang dikenal sebagai mata berair, hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan. Mata kering seringkali menjadi penyebab utama dari masalah mata berair, meskipun ada faktor lain yang juga dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Berikut ini faktor penyebab dari kondisi mata berair sekaligus cara mengatasinya, dikutip dari health.com (24/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Mata Berair

Kondisi mata yang kering adalah salah satu faktor yang paling umum yang menyebabkan mata berair. Air mata keluar untuk mengatasi kekeringan pada mata. Sindrom mata kering bisa disebabkan oleh masalah pada kelenjar meibom di kelopak mata. Penggunaan lensa kontak dalam jangka panjang, paparan asap atau angin, serta kelopak mata yang bengkak atau merah dapat menjadi penyebab mata kering. Selain itu, kondisi kesehatan seperti lupus dan rheumatoid arthritis (RA) juga dapat menjadi penyebab mata kering.

Terdapat beberapa alasan lain yang dapat menyebabkan mata berair, antara lain :

  1. Penyempitan saluran air mata karena faktor usia
  2. Alergi dan infeksi saluran pernapasan atas
  3. Paparan cahaya yang terlalu terang
  4. Konjungtivitis (mata merah)
  5. Cedera dan infeksi mata
  6. Kelopak mata yang terlipat ke dalam atau keluar
  7. Mata yang lelah
  8. Tertawa, muntah, atau menguap
  9. Kondisi kulit seperti eksim dan rosacea

Cara Mengatasi Mata Berair

Obat tetes mata (iStockphoto)
Ilustrasi obat tetes mata (iStockphoto)

Penanganan untuk masalah mata berair akan bervariasi tergantung pada faktor penyebabnya. Berikut beberapa opsi pengobatan untuk kondisi mata yang sering berair :

1. Penggunaan Obat-obatan, Penggunaan obat tetes mata over-the-counter (OTC) dan obat alergi dapat membantu mengatasi kondisi mata berair yang disebabkan oleh kekeringan atau alergi.

2. Prosedur Operasi, Untuk kasus mata berair yang parah, prosedur pembedahan atau operasi mata mungkin diperlukan untuk menangani masalah ini secara efektif.

3. Pengobatan Rumahan, Beberapa langkah pengobatan rumahan meliputi menerapkan kompres hangat pada mata yang kering, menghindari paparan udara dingin dan asap rokok, sering berkedip untuk menjaga kelembaban mata, membersihkan bulu mata secara teratur, dan menggunakan pelembab udara saat cuaca dingin.

Dengan mempertimbangkan opsi-opsi ini, pengobatan mata berair dapat disesuaikan sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahan kondisi tersebut.


Kondisi Mata Berair yang Membutuhkan Pengobatan Khusus

Sebagian besar kasus mata berair tidak memerlukan kunjungan atau konsultasi langsung dengan ahli atau layanan kesehatan mata. Namun, beberapa kondisi memerlukan perhatian khusus dan pengobatan dari ahli atau pelayanan kesehatan mata, seperti :

1. Mata merah dan nyeri

2. Adanya massa keras di dekat saluran air mata

3. Mata terus menerus berair tanpa penyebab yang jelas

4. Nyeri pada hidung dan sinus

5. Terdapat benda asing di mata

6. Peningkatan produksi kotoran pada mata

7. Terdapat goresan pada mata.


Apa yang Menyebabkan Mata Berair?

Mata lelah karena kurangnya tidurAlergi dan penyakit fluKelopak mata terkena radangInfeksi mata (konjungtivitis)

 

 

 

 

 


Bagaimana Cara Mengobati Mata Berair?

Untuk mengatasi mata berair akibat pembengkakan, kompres mata dengan handuk basah hangat selama beberapa kali dalam sehari. Untuk menangani mata kering, gunakan obat tetes mata. Bila mata berair disebabkan oleh alergi, konsumsi obat antihistamin untuk meredakan gejala yang muncul.


Kenapa Mata Kanan Sering Keluar Air Mata?

Air mata yang keluar terus menerus bisa jadi merupakan reaksi alergi. Misalnya alergi asap, debu, atau bulu binatang dan makanan tertentu. Bisanya, ada beberapa gejala lain yang terjadi bersamaan dengan keluarnya air dari mata, yaitu mata berubah warna kemerahan dan terasa sangat gatal.


Apakah Flu Bisa Menyebabkan Mata Berair?

Ketika mengalami flu, daerah hidung akan mengalami peradangan. Peradangan ini dapat menyumbat saluran keluar kelenjar air mata yang ada di hidung. Kondisi ini lah yang bisa menyebabkan mata ikut berair saat pilek.

 

 


Apa Penyebab Mata Berair dan Hidung Meler?

Hidung meler, mata berair di rumah bisa disebabkan oleh suhu di luar yang lebih dingin, atau pilek, flu, atau alergi. Obati dengan banyak minum cairan, terutama air putih, dan istirahat sebanyak-banyaknya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya