Tak Perlu Digosok Sekuat Tenaga, Begini Trik Bersihkan Noda Membandel di Kasur dengan Tambahan 2 Bahan Dapur

Kini tidak perlu bingung lagi bagaimana cara membersihkan noda membandel di kasur. Dengan memanfaatkan tambahan dua bahan dapur ini, kasur auto bersih kembali. Mari simak ulasannya di sini.

oleh Eka Fadhila Kharisma Putri diperbarui 25 Jun 2024, 14:01 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2024, 13:45 WIB
Contoh ilustrasi kamar hotel dengan tempat tidur nyaman
Tempat tidur menjadi bagian sehari-hari untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas (Foto: Unsplash.com/Vojtech Bruzek)

Liputan6.com, Jakarta Menumpuknya noda kotoran di kasur kadang memang sulit untuk dihindari. Pasalnya, penggunaan sprei untuk membungkusnya kerap kali membuat kebanyakan orang mengabaikan kebersihan kasur itu sendiri.

Selain karena penggunaan sprei, kebersihan kasur juga sering diabaikan karena proses membersihkannya yang tentu akan lumayan sulit dan menguras tenaga.

Padahal, menjaga kebersihan kasur–termasuk menjaganya agar terbebas dari berbagai noda membandel–sangatlah penting agar tidur juga terasa lebih nyaman.

Namun, kini tak perlu khawatir lagi. Dengan hanya memanfaatkan dua bahan dapur dan alat-alat yang umum ada di setiap rumah, noda membandel di kasur bisa jauh lebih mudah dibersihkan.

Dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (25/6/2024), berikut ulasan selengkapnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan dan Peralatan

Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Deterjen
  • Pewangi pakaian
  • Sitrun
  • Air 
  • Garam 
  • Soda kue

Peralatan yang diperlukan:

  • Handuk
  • Setrika
  • Baskom

Campurkan Seluruh Bahan

Ilustrasi deterjen pakaian
Ilustrasi deterjen pakaian-Shutterstock-Vladeep.

Step pertama, buatlah racikan cairan pembersih terlebih dahulu. Siapkan air dalam baskom, lalu tambahkan sitrun, deterjen, pewangi pakaian, serta dua bahan dapur andalan, yaitu garam dan soda kue. Aduk sampai semua bahan larut sempurna.


Basahi Handuk

mencuci handuk cover
Mencuci handuk tidak boleh asal/Copyright pexels.com/Dom J

Step kedua, celupkan handuk ke dalam cairan pembersih yang sudah diracik. Bolak-balik agar cairan merata ke seluruh permukaan handuk. 


Bungkus Setrika dengan Handuk

Step ketiga, taruh handuk yang sudah basah di atas kasur yang akan dibersihkan. Lalu letakkan setrika di atasnya dan bungkus setrika menggunakan handuk basah tersebut. 


Setrika Noda pada Kasur

Ilustrasi kasur
Ilustrasi kasur (dok.unsplash/ Hiroshi Kimura)

Terakhir, menyalakan setrika, lalu gosokkan ke permukaan kasur yang akan dibersihkan, terutama di titik-titik noda membandel. Kasur pun bisa bersih kembali tanpa harus disikat yang justru bisa merusak serat kain pada kasur. Selamat mencoba!


Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Membersihkan Kasur


Apakah Kasur Busa Bisa Dicuci?

Kasur busa umumnya dilengkapi dengan kain pelapis yang menutupi seluruh permukaan busa. Oleh karena itu, sebelum membersihkan busanya, disarankan untuk melepas kain pelindungnya terlebih dahulu. Kain pelindung kasur busa dapat dicuci dengan mesin menggunakan detergen. Setelah dicuci hingga bersih, keringkan kain pelindung tersebut.


Kapan Kasur Harus Dibersihkan?

Disarankan untuk melakukan ini setidaknya setiap dua minggu. Apabila Anda merasa malas membersihkannya setiap dua minggu, membersihkannya sebulan sekali juga cukup. Jangan lupa, bagian mulut penyedot debu juga perlu dibersihkan secara rutin, karena jika tidak, debu hanya akan berpindah kembali ke kasur.


Apa Benar Kasur Busa Tidak Boleh Sering Dijemur?

Kasur busa sebaiknya dijemur dari pagi hingga menjelang tengah hari. Menjemur kasur pada siang hari di bawah terik matahari yang sangat panas bisa merusak strukturnya. Ketika dijemur, kita bisa menggunakan pemukul kasur untuk membersihkannya dari kotoran yang tersembunyi.


Apa Manfaat Kasur Dijemur?

Tempat tidur, termasuk bantal dan guling, mudah menyerap keringat saat kita tidur, sehingga menjadi lembap. Oleh karena itu, menjemur perlengkapan tidur sangat penting untuk mengurangi kelembapan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya