Tingkatkan Layanan Pelanggan, Lion Parcel Gandeng Salesforce dan AI

Kerja sama dengan Salesforce ini memungkinkan tim Customer Care Lion Parcel untuk lebih fokus pada identifikasi masalah secara efektif dan terarah.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 20 Jul 2024, 22:30 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 22:30 WIB
Ilustrasi Lion Parcel.
Ilustrasi Lion Parcel.

Liputan6.com, Jakarta Lion Parcel, dalam upayanya untuk terus memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggannya, kini mengadopsi teknologi AI generatif dari Salesforce. Langkah ini merupakan bagian dari transformasi digital Lion Parcel, yang bertujuan untuk meningkatkan layanan pelanggan dari proses akuisisi hingga layanan pasca pengiriman.

"Sebagai perusahaan logistik, Lion Parcel selalu mengupayakan perkembangan layanan berkelanjutan dan inovasi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan secara menyeluruh," kata Budi Santoso, Chief Experience Officer, Lion Parcel. 

Kerja sama dengan Salesforce ini memungkinkan tim Customer Care Lion Parcel untuk lebih fokus pada identifikasi masalah secara efektif dan terarah. Dengan bantuan AI, pertanyaan umum seperti ongkos kirim dan lokasi agen dapat dijawab secara otomatis, memungkinkan respons yang cepat dan personal.

Di tengah era digitalisasi, kebutuhan logistik yang terus meningkat di Indonesia menciptakan peluang sekaligus tantangan bagi Lion Parcel. Dengan meningkatnya permintaan pengiriman, kebutuhan akan layanan pelanggan yang cepat dan personal juga berkembang. Oleh karena itu, Lion Parcel menggunakan teknologi terkini untuk memastikan komunikasi dengan pelanggan tetap cepat, efektif, dan efisien.

Transformasi Digital dalam Layanan Pelanggan

Integrasi teknologi AI generatif ke dalam layanan pelanggan Lion Parcel membantu menciptakan interaksi yang lebih relevan dan personal, namun tetap terasa seperti manusia. Salesforce Service Cloud memberdayakan tim Lion Parcel untuk memahami perilaku pelanggan dan memberikan layanan yang lebih personal di seluruh platform. Hasilnya, customer care dapat mengelola dan memprioritaskan kasus layanan dengan lebih efektif, mengurangi waktu penyelesaian sebesar 73%.

Lion Parcel juga memanfaatkan AI untuk menangani sekitar 90% interaksi pelanggan melalui WhatsApp, platform komunikasi yang paling sering digunakan pelanggan. Kasus-kasus yang membutuhkan penanganan khusus akan diteruskan secara otomatis ke agen layanan yang sesuai, yang kemudian mencatat kasus tersebut di Service Cloud untuk pengambilan keputusan yang cepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mendorong Pertumbuhan dan Produktivitas

Selain meningkatkan layanan pelanggan, Lion Parcel juga menggunakan Salesforce Sales Cloud dan Slack untuk menyederhanakan proses operasional dan menghubungkan semua stakeholder yang terkait. Dengan Sales Cloud, Lion Parcel memiliki gambaran lengkap terhadap data dan aktivitas komunikasi setiap pelanggan secara real time, memungkinkan operasional skala besar berjalan tanpa hambatan.

"Bisnis membutuhkan gambaran lengkap mengenai pelanggan mereka untuk memberikan pengalaman layanan pelanggan yang lebih baik dan mendorong pertumbuhan. Hal ini juga menciptakan fondasi bagi bisnis untuk kemudian membangun AI ke dalam alur kerja dan meningkatkan produktivitas," ujar Sujith Abraham, Senior Vice President and General Manager, Salesforce ASEAN.

 


Meningkatkan produktivitas

Untuk meningkatkan produktivitas, Lion Parcel juga menggunakan Slack untuk memperlancar komunikasi internal serta mempercepat pengembangan produk. Hal ini membantu Lion Parcel menjadi perusahaan yang lebih berpusat pada pelanggan, memungkinkan manajemen menyusun strategi yang lebih kuat sesuai dengan kebutuhan pasar.

Kerja sama antara Lion Parcel dan Salesforce, serta adopsi AI generatif, tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan tetapi juga mendorong pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. Teknologi ini mempersonalisasi pengalaman pelanggan dalam skala besar, menjadikan Lion Parcel sebagai pemain logistik terdepan di Indonesia.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya