6 Cara Praktis Simpan Daun Jeruk Tanpa Gunakan Tisu,Tetap Segar dan Tidak Mudah Berjamur

Cara praktis menyimpan daun jeruk agar tetap segar dan tidak cepat busuk dengan langkah mudah.

oleh Agung Budi diperbarui 29 Jul 2024, 13:12 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 12:45 WIB
Daun Jeruk
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Daun jeruk, yang sering menjadi pilihan untuk menambah aroma sedap pada masakan seperti rendang, tumis sayur, gulai, dan tongseng, ternyata menyimpan banyak manfaat. Selain sebagai bumbu dapur, daun jeruk juga sering dijadikan minuman herbal berkat khasiatnya yang melimpah. Kandungan minyak esensial dalam daun jeruk memberikan aroma khas yang mampu meningkatkan cita rasa masakan dan minuman. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang memilih untuk menyimpan daun jeruk dalam jumlah besar di rumah.

Namun, tanpa teknik penyimpanan yang tepat, daun jeruk bisa cepat layu dan tidak lagi bisa digunakan. Penyimpanan yang kurang baik tidak hanya menyebabkan pembusukan, tetapi juga dapat menghilangkan aroma khas daun jeruk. Oleh karena itu, mengetahui cara menyimpan daun jeruk dengan benar sangat penting agar manfaat dan aroma khasnya tetap terjaga.

Berikut adalah beberapa langkah praktis yang dirangkum dari Briliofood.net, Senin (29/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Siapkan Daun Jeruk

Menyimpan daun jeruk di freezer bisa awet sampai berbulan-bulan. Seperti ini contohnya.
Menyimpan daun jeruk di freezer bisa awet sampai berbulan-bulan. Seperti ini contohnya.

Pastikan daun jeruk yang hendak disimpan berada dalam kondisi prima. Pilihlah daun yang segar tanpa kerusakan atau noda. Daun yang bersih dan segar akan lebih awet ketika disimpan.


2. Hindari Mencuci Daun

Cuci bersih daun jeruk (Sumber: TikTok/@zetty.h)
Cuci bersih daun jeruk (Sumber: TikTok/@zetty.h)

Jangan mencuci daun jeruk. Mencuci daun dapat membuatnya menjadi lembab, sehingga lebih rentan berjamur saat disimpan. Selain itu, proses mencuci juga bisa menghilangkan minyak esensial yang memberikan aroma khas pada daun jeruk tersebut.


3. Membersihkan Daun dengan Tisu

Tisu Dapur
Tisu Dapur / Freepik by rawpixels

Untuk membersihkan daun jeruk, mulailah dengan menggunakan tisu kering. Jika daun terlihat sangat kotor, Anda bisa beralih ke tisu basah untuk membersihkannya. Namun, pastikan daun benar-benar kering sebelum Anda menyimpannya. Penggunaan tisu kering atau basah ini akan efektif menghilangkan kotoran tanpa membuat daun menjadi lembab.


4. Persiapkan Kontainer Penyimpanan

Daun Jeruk Purut
Daun Jeruk Purut (Sumber: wikimedia.org)

Berikut adalah versi yang lebih menarik dari konten tersebut dalam Bahasa Indonesia:

Ambillah kontainer atau toples yang akan Anda gunakan untuk menyimpan daun jeruk. Pastikan Anda memilih kontainer dengan penutup yang rapat agar kelembapan dan kesegaran daun tetap terjaga dengan baik.


5. Masukkan Daun Jeruk ke dalam Kontainer dan Tutup Rapat

Simpan plastik berisi daun jeruk dalam freezer (Sumber: TikTok/@zetty.h)
Simpan plastik berisi daun jeruk dalam freezer (Sumber: TikTok/@zetty.h)

Setelah daun jeruk dibersihkan dan dikeringkan dengan sempurna, letakkan daun-daun tersebut ke dalam kontainer yang sudah disiapkan. Pastikan Anda menyusunnya dengan rapi agar tidak saling menekan dan merusak bentuk alami daun. Tutup kontainer dengan rapat untuk mencegah masuknya udara dan kelembaban yang bisa mempercepat pembusukan daun jeruk.


6. Simpan di Freezer Kulkas

daun jeruk nipis
ilustrasi apa saja penyakit yang dapat disembuhkan jeruk nipis/AtlasStudio/shutterstock

Simpanlah kontainer berisi daun jeruk dalam freezer kulkas. Menyimpan daun jeruk di freezer akan memperpanjang umur simpannya dan menjaga kesegarannya saat digunakan. Pastikan suhu freezer tetap stabil agar daun jeruk tetap dalam kondisi terbaik.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat menyimpan daun jeruk lebih lama dan selalu siap untuk digunakan dalam berbagai keperluan, baik sebagai bumbu masakan maupun sebagai minuman herbal. Metode ini tidak hanya menjaga kesegaran daun jeruk, tetapi juga memastikan aroma khasnya tetap terjaga.


Olahan Daun Jeruk yang Lezat dan Bermanfaat

bumbu dapur/daun jeruk
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/praditkhorn somboonsa

Setelah mengetahui cara praktis menyimpan daun jeruk, Anda tidak hanya bisa menikmati aroma harum yang khas dalam masakan, tetapi juga merasakan berbagai manfaat kesehatannya. Berikut adalah beberapa kreasi olahan daun jeruk yang bisa Anda coba di rumah:


Sambal Daun Jeruk

nasi daun jeruk
ilustrasi nasi daun jeruk/ZahyMaulana/Shutterstock

Tambahkan daun jeruk yang diiris tipis ke dalam sambal untuk memberikan aroma segar dan rasa yang khas.


Ayam Goreng Daun Jeruk

Nasi Daun Jeruk Ayam Crispy Sambal Orek
Nasi Daun Jeruk Ayam Crispy Sambal Orek. (Dok: Cookpad @kikicooking13)

Rendam ayam dengan bumbu dan daun jeruk, lalu goreng hingga matang. Daun jeruk akan memberikan aroma yang menggugah selera.


Ayam Bakar Daun Jeruk

ayam bakar spesial
ilustrasi ayam bakar/copyright by Rayu Mariska (Shutterstock)

Bakar ayam yang telah dibumbui dan ditambah daun jeruk untuk aroma yang lebih nikmat.


Nasi Liwet Daun jeruk

Nasi daun jeruk
Nasi daun jeruk. (Foto: dok BUBUKLADA)

Masak nasi liwet dengan tambahan daun jeruk agar nasi memiliki aroma yang harum dan menggugah selera.


Gulai Daun Jeruk

resep gulai tongkol
ilustrasi gulai tongkol/copyright by SAM THOMAS A (Shutterstock)

Tambahkan daun jeruk ke dalam gulai untuk meningkatkan aroma dan rasa masakan


Pertanyaan Netizen Seputar Daun Jeruk


Apa saja manfaat daun jeruk?

Daun jeruk dapat melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat di dalamnya membantu memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit. Selain itu, daun jeruk juga membantu mengatasi gangguan pencernaan ringan seperti kembung dan mual.


Apa keterangan dari daun jeruk?

Daun jeruk merupakan daun yang berasal dari tanaman jeruk, dan sering digunakan sebagai bumbu pada beberapa makanan di Indonesia. Daun ini berwarna hijau tua, aromanya yang khas dan segar membuat daun jeruk banyak digunakan sebagai bahan campuran pada berbagai masakan, kue, dan makanan yang lain.


Apa ciri ciri daun jeruk nipis?

Daun jeruk nipis, yang dapat dilihat memiliki susunan berselang-seling, berbentuk jorong sampai bundar, pangkalnya bulat, dan ujungnya tumpu. Daun jeruk nipis berukuran panjang 4-8 cm dan lebar 5 cm. Tepi daunnya bergerigi kecil dan tangkai daunnya bersayap sempit (Sarwono, 2001).


Apa manfaat teh daun jeruk?

Setiap hari, teh herbal ini membantu Anda menjaga kesehatan. Untuk pilek, sakit lambung atau selulit , efek alami rebusan daun jeruk dapat meredakan Anda dengan cepat. Penggunaannya dalam penurunan berat badan juga dianjurkan. Teh jeruk nipis mudah dibuat dengan air panas.


Daun jeruk mengandung senyawa apa?

Daun jeruk purut mengandung senyawa bioaktif seperti flavonoid, steroid, kumarin, fenolik, tanin, saponin, terpen, dan minyak atsiri. Sedangkan, bagian kulit buah jeruk purut banyak mengandung senyawa golongan flavonoid dan steroid, serta senyawa kumarin (Setiawan, 2000).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya