Ramai Dibahas di TikTok, Ini yang Perlu Kamu Ketahui tentang Cortisol Face

Pernah mendengar tentang cortisol face? Benarkah ini akibat dari kortisol tinggi? Ini fakta yang perlu Anda ketahui.

oleh Bella Zoditama diperbarui 06 Agu 2024, 10:02 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 10:02 WIB
Ramai Dibahas di TikTok, Ini yang Perlu Kamu Ketahui tentang Cortisol Face
Ramai Dibahas di TikTok, Ini yang Perlu Kamu Ketahui tentang Cortisol Face(Photo by Oleg Sergeichik on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu media sosial yang cukup banyak digemari, TikTok memang bisa memberikan banyak informasi yang Anda cari. Termasuk beberapa tren kesehatan dan kecantikan.

Salah satunya yang ramai dibahas yaitu mengenai "cortisol face." Kondisi ini biasanya dikaitkan dengan tampilan wajah yang bulat dan lebih berisi.

Nah, selain di TikTok, pembahasan ini nampaknya juga sedang merajai media sosial, sehingga membuat orang bertanya-tanya apakah mereka mungkin mengalaminya, dan bagaimana cara mengatasinya jika memang mengalaminya. Lalu, apa sebenarnya cortisol face itu? Apakah ini benar-benar kondisi yang nyata?

Termasuk apakah ada hubungannya dengan hormon kortisol tinggi? Dilansir dari The Every Girl, Senin (5/8/2024), sebenarnya, TikTok tidak sepenuhnya menyebarkan informasi yang salah dengan hal ini.

Sebab, menurut dokter medis bersertifikat ganda dan pakar kesehatan Dr. Amy Shah, cortisol face adalah hal yang nyata.

"Orang yang mengalami cortisol face mungkin mengalami wajah bengkak, penuh dan kemerahan, yang terkadang dapat menyebabkan tampilan yang lebih bulat," katanya.

"Istilah tersebut menggambarkan perubahan tampilan wajah yang terkait dengan peningkatan kadar kortisol, hormon stres," sambungnya.

Jadi, daripada panik dan mendiagnosis Anda memiliki cortisol face, padahal sebenarnya tidak, ini dia seluk beluk mengenai tren kecantikan tersebut. Mulai dari cara mengatasinya hingga apakah itu sesuatu yang perlu Anda khawatirkan.

Apa Itu Cortisol Face?

Menurut ahli bedah plastik Dr. Dahlia Rice, cortisol face pada dasarnya adalah saat wajah tampak lebih bulat, bengkak dan penuh dari biasanya. Kondisi ini juga disebut sebagai moon face dan umumnya mengacu pada kembung, kemerahan, dan iritasi di sekitar wajah dan leher.

Tentu saja, wajah bengkak dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari iritasi akibat produk perawatan kulit hingga dehidrasi.

Jadi sulit untuk mengetahui apakah Anda benar-benar mengalami apa yang disebut TikTok sebagai cortisol face. Namun, penyebab dari kondisi ini, seperti yang disebutkan Dr. Shah, adalah kelebihan kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadi, Cortisol Face Itu Nyata?

Ilustrasi lesung pipi
Ilustrasi lesung pipi. (Gambar oleh Anastasia Borisova dari Pixabay)

Meskipun kelebihan kortisol selalu menjadi penyebab cortisol face, kadar kortisol yang tinggi dapat berasal dari berbagai sumber dan pemicu stres.

"Wajah bengkak dapat disebabkan oleh beberapa faktor berbeda, seperti apa yang Anda makan, minum alkohol, alergi, perubahan hormon, dan kurang tidur," kata Dr. Shah.

“Anda dapat mengaitkan wajah bengkak dengan kortisol jika Anda merasakan gejala lain seperti penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelelahan, kelemahan otot, atau perubahan suasana hati—tetapi jangan lupa bahwa faktor lain seperti pola makan tinggi natrium, dehidrasi, atau reaksi alergi juga dapat menyebabkan bengkak," lanjutnya.

Cortisol face juga dikaitkan dengan penggunaan kortikosteroid dan gangguan endokrin seperti sindrom Cushing. Sindrom Cushing terjadi ketika tubuh memproduksi kortisol dalam jumlah berlebih, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan wajah terlihat "penuh."

“Penggunaan steroid kronis, terutama dengan kortikosteroid sistemik seperti prednison, deksametason, dan hidrokortison, diketahui menyebabkan moon face,” jelas Dr. Rice.

“Prednison sering diresepkan untuk radang sendi, asma, anemia, poison ivy, atau kanker tertentu. Penggunaan steroid jenis ini dalam jangka panjang dapat memengaruhi kelenjar adrenal, yang kemudian melepaskan kortisol dalam jumlah tinggi," sambungnya.

Jika Anda mengonsumsi kortikosteroid atau mengalami sindrom Cushing dan mengalami bengkak, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh tingginya kadar kortisol.


Cara Mengetahui Apakah Wajah Bengkak Akibat Kortisol atau Bukan

Wajah Bengkak
Ilustrasi Wajah Bengkak Credit: pexels.com/Andrew

Menentukan apakah wajah bengkak atau bulat Anda disebabkan oleh kortisol tinggi bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan hanya dengan TikTok. 

"Mencari tahu penyebab pasti wajah bengkak bisa jadi agak sulit," kata Dr. Shah. "Jangan lupa bahwa faktor lain seperti pola makan tinggi natrium, dehidrasi, atau reaksi alergi juga dapat menyebabkan bengkak."

Sebelum Anda mengambil kesimpulan tentang bengkak wajah Anda berdasarkan internet, pertimbangkan untuk mencatat pola makan Anda dan apakah Anda telah mengonsumsi lebih banyak natrium, kurang tidur, atau telah mengonsumsi lebih banyak alkohol—yang semuanya dapat menyebabkan bengkak.

Jika Anda yakin bahwa Anda memiliki cortisol face, sebaiknya hubungi profesional.

"Jika Anda mengalami bengkak wajah atau gejala lain yang mengkhawatirkan, penting untuk menghubungi profesional kesehatan yang dapat melakukan evaluasi mendalam dan menentukan akar penyebabnya," ucap Dr. Shah.

“Bengkak yang berkepanjangan bisa jadi merupakan tanda kondisi kesehatan mendasar yang memerlukan perhatian medis, seperti masalah tiroid atau masalah ginjal," jelasnya.

Melakukan diagnosis kortisol pada wajah sendiri mungkin bukan ide yang baik. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bengkak sementara ini.


Tips untuk Menurunkan Kortisol dan Mengatasi Cortisol Face

Cerita Akhir Pekan: 6 Jenis Diet Terpopuler Sepanjang 2020
Ilustrasi turunkan berat badan. (dok. Ketut Subiyanto/Pexels/Brigitta Bellion)

Jika Anda ingin mengurangi tingkat stres dalam upaya mengurangi bengkak atau hanya mengurangi tingkat stres secara umum, ada beberapa strategi yang dapat Anda coba.

Berikut adalah beberapa strategi yang didukung oleh para ahli untuk mengurangi kortisol di wajah.

1. Sesuaikan pola makan Anda

Terlepas dari apakah wajah Anda mengandung kortisol atau tidak, pola makan dapat menjadi faktor besar dalam bengkak di wajah, jadi menyesuaikan pola makan mungkin merupakan langkah awal yang baik.

"Memilih makanan rendah natrium dan bebas garam, menambahkan makanan kaya kalium seperti pisang dan ubi jalar, serta pilihan kaya antioksidan seperti beri dan sayuran hijau, dapat membantu menyeimbangkan elektrolit, menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan meminimalkan bengkak," kata Dr. Shah.

"Penting juga untuk fokus pada pola makan seimbang dengan banyak makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, protein rendah lemak, dan lemak sehat, karena makanan olahan dan gula rafinasi dapat memperburuk peradangan."

Jika dokter Anda mengizinkan Anda mengubah pola makan, pertimbangkan untuk fokus pada makanan utuh dan makanan kaya air yang kemungkinan besar akan membantu Anda mengurangi bengkak di wajah.


2. Kelola stres Anda

Contoh ilustrasi meditasi
Berikut adalah berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres dengan baik. (Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Karena kortisol adalah hormon stres, kadar kortisol dapat diturunkan dengan menjaga kesehatan mental dan mengelola stres.

"Olahraga sedang, seperti berjalan, berenang, atau bersepeda juga dapat membantu," kata Dr. Shah.

Pertimbangkan untuk memulai latihan meditasi rutin, menemui terapis atau spesialis kesehatan mental, atau membuat perubahan gaya hidup untuk menurunkan tingkat stres Anda. Meskipun tidak ada jaminan bahwa hal ini akan mengurangi kadar kortisol di wajah Anda, hal ini kemungkinan akan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Tetap terhidrasi

Kita semua tahu betapa bermanfaatnya minum air putih bagi kulit kita, tetapi sangat sulit untuk benar-benar menerapkannya. Namun, tetap terhidrasi sangat penting untuk mengurangi bengkak.

“Tetap terhidrasi dengan minum banyak air dan makan makanan yang mengandung banyak air seperti mentimun dan semangka, bersama dengan pilihan yang mengandung banyak elektrolit seperti air kelapa dan sayuran hijau, dapat membantu menjaga keseimbangan cairan,” kata Dr. Shah.

Meskipun wajah bengkak Anda bukan karena kortisol yang tinggi, memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup air pasti akan membantu membuang kelebihan natrium dan pada gilirannya mengurangi bengkak.


4. Tidur yang cukup

Ilustrasi mimpi, tidur
Ilustrasi mimpi, tidur. (Image by senivpetro on Freepik)

Karena kortisol adalah hormon, hormon ini perlu diatur dengan baik—yang berarti tidur yang cukup setiap malam.

“Mendapatkan tidur berkualitas selama 7-9 jam setiap malam dapat mendukung pengaturan hormon, termasuk kortisol,” kata Dr. Shah.

Kita semua tahu perasaan terbangun setelah hanya tidur beberapa jam dan langsung merasa ingin mengompres wajah dengan es batu atau gua sha. Berfokus untuk mendapatkan tidur yang baik adalah salah satu cara terbaik di rumah untuk mengelola kadar kortisol Anda.

Itu tadi yang perlu Anda ketahui tentang cortisol face yang ramai dibahas di media sosial. Akan tetapi, tidak ada yang salah dengan keinginan untuk mengurangi bengkak dan mengatasi akar masalah kesehatan hormonal Anda sendiri.

Namun, penting untuk diingat untuk jangan terlalu mempercayai tren yang beredar terlebih jika berkaitan dengan kondisi medis jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang kadar hormon tubuh Anda, buatlah janji temu dengan dokter Anda.

Infografis Rincian Gaji PNS dan PPPK 2024 Usai Naik 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rincian Gaji PNS dan PPPK 2024 Usai Naik 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya