Lakukan 6 Tips Ini untuk Membuat Hidupmu Lebih Bahagia

Berikut ini beberapa tips dalam menjalani hidup agar merasakan kebahagiaan

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 03 Sep 2024, 17:05 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 17:05 WIB
wanita bahagia
Ilustrasi perempuan cantik dan baik/copyright unsplash.com/Hannah Busing

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu merasa tidak semangat menjalani hidup, itu mungkin karena kamu tidak melakukan aktivitas yang membangkitkan semangatmu. Kamu membuat hidupmu terasa monoton.

Kamu hanya melakukan pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabmu setiap harinya. Bahkan kamu tidak menikmati hari-hari yang berjalan begitu saja. Kamu mungkin butuh kebahagiaan dalam hidup, tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Hal ini terjadi karena kamu terlalu fokus dengan pekerjaan yang kamu emban.

Taukah kamu, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat dirimu menjalani hari dengan penuh kebahagiaan, Kamu tidak perlu mengorbankan pekerjaanmu untuk melakukan hal ini, dilansir dari Calm, Senin (15/01/2024) berikut cara yang dapat kamu lakukan

1. Selalu Bersyukur

Salah satu cara agar dirimu merasa bahagia adalah mulailah dengan bersyukur. Dalam hidup mungkin tidak sepenuhnya semua berjalan seperti apa yang kamu harapakan. Hari ini mungkin kamu mengalami kegagalan atau bahkan sesuatu yang membuat kamu merasa sedih. Bahkan sulit bagi dirimu untuk menerimanya.

Namun, jika kamu ingin hidupmu tetap bahagia, cobalah untuk berpikir bahwa kegagalan yang kamu dapatkan hari ini adalah langkah awal untuk memperbaiki hidupmu. Untuk dapat menerimanya cobalah untuk mensyukuri sesuatu yang telah kamu lakukan. Renungkan hal-hal baik dari proses perjalanan hidup agar hidupmu terasa lebih bahagia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Rayakan Pencapaianmu

Ilustrasi menikmati hidup, bahagia, kebebasan, hidup sederhana
Ilustrasi menikmati hidup, bahagia, kebebasan, hidup sederhana. (Photo by Sasha Freemind on Unsplash)

Kamu harus berlatih untuk merayakan segala sesuatu yang telah kamu capai. Tidak perlu menunggu pencapaian besar baru kamu merayakannya. Kamu dapat memulainya dari hal-hal kecil misalnya, menyelesaikan tugas sekolah atau kantor, berhasil memasak makanan yang kamu pelajari, mendapatkan nilai yang baik dan sebagainya.

Cobalah untuk menetapkan tujuan dalam dirimu tanpa melihat pencapaian orang lain. Kemudian, lakukanlah apa yang telah menjadi tujuanmu. Setelah kamu berhasil melakukannya maka rayakanlah pencapaian dan dirimu.


3. Istirahat

Ilustrasi perempuan tidur
Ilustrasi perempuan tidur. (Sumber: Unsplash)

Beraktivitas sepanjang hari sangatlah melelahkan. Kamu perlu melakukan istirahat dengan tidur yang cukup. Istirahat adalah salah satu cara untuk memperoleh kebahagiaan dalam hidup. Hargailah waktu istirahatmu agar kamu dapat lebih bersemangat lagi dalam menjalani hari berikutnya.

Kamu dapat membuat target dalam sehari sebisa mungkin tidur selama 7 hingga 9 jam. Dengan tidur yang cukup maka kualitas hidupmu meningkat dan suasana hatimu akan lebih baik. Sehingga, kamu siap untuk menjalani hari berikutnya.


4. Jaga Hubungan Baik dengan Kerabat

Ilustrasi wanita menghabiskan waktu bersama teman-temannya
Seorang istri yang juga menjadi mahasiswa juga dapat mengerjakan tugas bersama teman-temannya sembari menghabiskan waktu bersama agar tidak tertekan (Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Menjalani hidup akan terasa lebih bahagia jika bersama dengan orang-orang yang kita sayangi. Kamu akan merasa memiliki supporting system yang akan terus membut dirimu bersemangat melakukan segala aktivitasmu. Bangunlah hubungan yang baik dan saling support agar dirimu siap menjalani hari yang penuh kebahagiaan.

Bersama dengan orang yang kita sayangi juga dapat membuka perspektif dan pengalaman yang lebih beragam. Kamu dapat mengeksplore banyak hal dengan teman, pasangan dan bahkan keluarga yang membuat dirimu memiliki pengalaman baru yang dapat kamu jadikan hobi. Hidupmu akan dipenuhi dengan kebahagian.


5. Jaga Kebersihan Rumah

Ilustrasi membersihkan rumah, pindah rumah
Ilustrasi membersihkan rumah, pindah rumah. (Photo by Roselyn Tirado on Unsplash)

Jika kamu ingin hidup bahagia maka mulailah untuk menjaga kebersihan. Ketika kamu berada dalam ruangan yang bersih suasana hatimu akan terasa lebih bahagia dibandingkan berada pada ruangan yang kotor dan berantakan. Kamu akan merasa nyaman untuk melakukan aitivitas sehari-hari.

Untuk memulai menjaga kebersihan kamu dapat melakukannya dari hal-hal kecil hingga yang besar. Kamu dapat menjaga lantai agar tetap bersih dengan menyapu dan mengepel. Kemudian, membersikan sarang laba-laba yang nempel di atap. Kamu juga dapat menata kembali furniture dan lemari di rumahmu agar terlihat lebih rapih. Ketika kamu berada di rumah maka suasana hatimu akan lebih bahagia.


6. Olahraga Teratur

Contoh ilustrasi olahraga
Beraktivitas fisik juga memberikan kenyamanan pada tubuh, tapi jangan lupa waktu terbaik untuk berolahraga ketika cuaca sedang panas-panasnya (Foto: Unsplash.com/Gabin Vallet)

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kebahagiaanmu setiap hari adalah dengan melakukan olahraga. Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Dengan rutin berolahraga kamu akan merasakan badanmu jauh lebih sehat dan semangat. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi stress dan meningkatkan suasana hati.

Kamu dapat melakukan olahraga ringan secara rutin sebelum melakukan atau setelah melakukan aktivitas berat. Olahraga yang dapat kamu lakukan misalnya berjalan kaki, berlari, senam dan sebagainya. Sehingga, selain merasa bahagia kamu akan mendapatkan tubuh yang fit.

Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya