PassionMe, Aplikasi Muda dan Gaul untuk Remaja

Dengan kehadiran teknologi yang semakin pesat, semua orang dapat terhubung diberbagai belahan dunia dalam waktu bersamaan.

oleh Liputan6 diperbarui 14 Nov 2013, 16:12 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2013, 16:12 WIB
131114bpasionme.jpg
Citizen6, Bogor: Dunia teknologi saat ini sangat berkembang pesat, sehingga era globalisasi sudah bukan menjadi wacana belaka. Dunia semakin datar dengan kehadiran teknologi yang dapat menghubungkan semua orang di berbagai belahan dunia dalam waktu yang bersamaan.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi ini, banyak sekali perusahaan berbasis internet menyuguhkan berbagai website dan apllikasi yang terfokus pada hiburan, gaya hidup, dan lain-lain. Namun belum ada satu pun sebuah website atau aplikasi smartphone yang mengusung genre pendidikan dan perkembangan bakat dan emosi remaja.

Jika saya memiliki startup, saya ingin memiliki sebuah aplikasi dan website bernama PassionMe, yaitu sebuah perangkat apilikasi dan web pendidikan karakter untuk remaja. Dalam aplikasi ini ada beberapa sub tema yang dapat di akses oleh para remaja di antaraya adalah sesi curahan hati, yaitu sebuah forum dimana remaja bisa menanyakan banyak hal mengenai permasalahan tentang dirinya mulai dari sexologi, permasalahan pergaulan, pendidikan, dan lain-lain. Nantinya remaja yang bertanya mengenai permasalahannya akan dilayani langsung oleh admin yang berbasis psikolog secara live chat dan live video.

Selain pada bagian curahan hati terdapat menu lain yang tak kalah menarik yaitu my passion, ini adalah menu untuk saling berinteraksi antar remaja di seluruh indonesia untuk berbagi mengenai hobi dan passion mereka masing-masing yang akan di desain seperti jejaring sosial dimana pada menu ini bertujuan untuk dapat menggali passion dan bakat masing-masing sehingga dapat menambah akses link untuk menyalurkan bakat mereka seperti dance, menyanyi, dan lain-lain.

Pada menu ini, selain dapat berbagi dan berinteraksi dengan remaja lain yang memiliki pasion yang sama, mereka juga dapat berinteraksi langsung dengan menggunakan live video yang tersedia di menu ini.

Pada menu identitasku, para remaja dapat megekspresikan mood mereka hari ini,seperti senang, sedih, gembira, dan lain-lain dalam bentuk emoticon yang lucu.

Pada menu my education adalah menu untuk mengakses semua hal mengenai pendidikan mereka dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Terdapat pula berbagai latihan soal dari berbagai disiplin ilmu, materi, buku sarana elektronik. Keseruan lainnya yang bisa didapatkan dari menu ini adalah kita dapat live chat dengan para tutor mengenai persoalan yang mereka tidak mengerti. Selain itu mereka juga dapat mengakses dan mengupload video tentang pembelajaran mereka. Menu ini juga merupakan ajang interaksi antara guru dan siswa di luar jam belajar mereka.

Terakhir adalah menu my passion style. Yaitu sbeuah menu yang isinya terdapat berbagai informasi mengenai bakat dan idola mereka, dan masih banyak lagi. Selain itu, dalam menu ini para remaja juga dapat mengakses video dan musik secara streaming. Tidak ketinggalan adalah mengenai lomba-lomba yang akan di informasikan di menu ini.

Semua menu di atas dapat diakses secara free dengan mendaftarkan identitas para remaja tersebut dan mendapat sebuah kartu keanggotaan dimana sesuai dengan passion mereka masing-masing. Satu hal yang juga tidak kalah penting adalah bagaimana kita dapat menampung semua remaja dan menyalurkan semua bakat mereka sesuai dengan passion-nya sehingga kenakalan remaja dapat ditekan dengan kegiatan yang positif. (Heru Riswan/mar)

Heru Riswan adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Twitter: @heruryzwan

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Dapatkan 3 tiket masuk ke acara Startup Asia Jakarta 2013, yang masing-masing tiketnya bernilai Rp 3,3 jutaan ditambah merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya