Penulis Buku Robert Kiyosaki Sebut Kripto Lebih Aman Ketimbang Uang Fiat

Robert Kiyosaki mengatakan banyak orang Rusia menggunakan Bitcoin sebagai penyelamat.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 10 Apr 2022, 22:41 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2022, 16:20 WIB
Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Penulis buku Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki, membahas Bitcoin, perang Rusia-Ukraina, dan akhir dari dolar AS dalam serangkaian tweet pada Selasa lalu. 

Rich Dad Poor Dad adalah buku 1997 yang ditulis bersama oleh Robert Kiyosaki dan Sharon Lechter. Buku Itu telah berada di Daftar Penjual Terbaik New York Times selama lebih dari enam tahun. Lebih dari 32 juta eksemplar buku telah terjual dalam lebih dari 51 bahasa di lebih dari 109 negara.

Kiyosaki mengatakan banyak orang Rusia menggunakan Bitcoin sebagai penyelamat setelah rubel Rusia runtuh.

“Perang Ukraina Rusia memunculkan kripto sebagai tempat berlindung yang lebih aman daripada uang fiat palsu pemerintah,” tulis Kiyosaki dalam cuitannya, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (9/4/2022).

Sebelumnya, Kiyosaki juga mentweet pada Senin, pemerintahan Biden dan Federal Reserve “ingin inflasi untuk melunasi triliunan utang,”

“Investasi terbaik mungkin adalah menyimpan produk yang akan selalu Anda gunakan seperti kertas toilet, kantong sampah, makanan kaleng, makanan beku, emas, perak, Bitcoin,” cuit Kiyosaki.

Kiyosaki juga memperingatkan, jika saat ini kita semua sedang berada dalam gelembung besar.

“Kita berada dalam gelembung terbesar dalam sejarah dunia dan bahwa pemerintah AS akan merebut semua mata uang kripto,” ujar dia. 

Dia memperkirakan pemerintah akan mengatur sektor kripto kemudian meluncurkan “Fed crypto.” Pada akhirnya, Kiyosaki mengatakan semua cryptocurrency akan disita dan dimasukkan ke dalam kripto pemerintah.

Prediksinya dikritik habis-habisan di media sosial, dengan banyak orang mengatakan kepadanya tidak semua cryptocurrency dapat disita. Misalnya, kripto yang terdesentralisasi, seperti Bitcoin, tidak dapat disita dalam jaringan dan pemerintah akan kesulitan mengejar kripto yang dikelola sendiri.

Kiyosaki juga membahas akhir dolar AS, dia mencatat hegemoni AS berakhir dan AS menjadi kurang dari kekuatan dunia. Sebagai bukti, penulis Rich Dad Poor Dad mereferensikan berita tentang Arab Saudi yang mempertimbangkan untuk menerima yuan China alih-alih dolar AS untuk penjualan minyak China.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Siapa Sebenarnya Penemu Bitcoin?

Bitcoin - Image by mohamed Hassan from Pixabay
Bitcoin - Image by mohamed Hassan from Pixabay

Sebelumnya, bitcoin jadi salah satu kripto terbesar nomor satu di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Sejak pertama kali muncul pada 2009 hingga saat ini, Bitcoin telah mengalami berbagai gejolak kenaikan dan penurunan harga. Namun, hingga saat ini masih belum diketahui pasti sosok asli dari penemu Bitcoin. 

Dilansir dari Investopedia, Kamis, 7 April 2022, penemu dari Bitcoin adalah Satoshi Nakamoto, tetapi nama tersebut bukanlah nama asli dari penemu Bitcoin, melainkan nama anonim yang digunakan oleh pencipta Bitcoin. 

Meskipun nama Satoshi Nakamoto identik dengan Bitcoin, orang yang sebenarnya diwakili oleh nama tersebut tidak pernah ditemukan, membuat banyak orang percaya itu adalah nama samaran untuk seseorang dengan identitas yang berbeda atau sekelompok orang.

Bagi kebanyakan orang, Satoshi Nakamoto adalah karakter paling misterius dalam cryptocurrency. Hingga saat ini, tidak jelas apakah nama itu merujuk pada satu orang atau sekelompok orang. Hal yang diketahui adalah Satoshi Nakamoto menerbitkan sebuah makalah pada 2008 yang mengawali perkembangan cryptocurrency.

 


Sejarah Satoshi Nakamoto

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Persona Satoshi Nakamoto terlibat pada hari-hari awal peluncuran Bitcoin, dia mengerjakan versi pertama perangkat lunak pada 2009. Komunikasi ke dan dari Nakamoto dilakukan secara elektronik. Kurangnya detail pribadi dan latar belakang berarti tidak mungkin untuk mengetahui identitas sebenarnya di balik nama itu.

Keterlibatan Nakamoto dengan Bitcoin, bagaimanapun, berakhir pada 2010. Korespondensi terakhir yang dimiliki seseorang dengan Nakamoto adalah dalam email ke pengembang kripto lain yang mengatakan mereka telah "pindah ke hal lain”.

Belum terbongkarnya identitas Nakamoto membuat banyak spekulasi signifikan mengenai identitas Nakamoto, terutama karena cryptocurrency meningkat dalam jumlah, popularitas, dan ketenaran.


Whitepaper Bitcoin

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Makalah yang berjudul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System”, menggambarkan penggunaan jaringan peer-to-peer sebagai solusi untuk masalah pengeluaran ganda.

Nakamoto mengusulkan pendekatan desentralisasi untuk transaksi, yang pada akhirnya berpuncak pada penciptaan blockchain. Dalam blockchain, stempel waktu untuk transaksi ditambahkan ke akhir stempel waktu sebelumnya berdasarkan bukti kerja, menciptakan catatan sejarah yang tidak dapat diubah.

Karena catatan transaksi didistribusikan di banyak node dalam sistem, sulit bagi pelaku jahat untuk mendapatkan kontrol yang cukup dari sistem untuk menulis ulang buku besar untuk keuntungan mereka sendiri. 

Catatan blockchain disimpan dengan aman karena jumlah daya komputasi yang diperlukan untuk memulihkannya mencegah serangan dalam skala kecil.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya