Terkuak, Sepertiga Investor Kripto AS Jadi Korban Pencurian Aset

Penipu kripto sebagian besar menipu individu melalui situs web penipuan atau platform investasi palsu.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 27 Mar 2023, 17:29 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2023, 17:29 WIB
Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Liputan6.com, Jakarta Kaspersky mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati saat menyimpan kata sandi mereka. Terkuak, 14 persen investor belum melakukan upaya apa pun untuk melakukannya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan keamanan siber Kaspersky menetapkan bahwa sekitar sepertiga dari investor kripto AS sebagian dari simpanannya dicuri oleh peretas.

Melansir Cryptopotato, Senin (27/3/2023), pelaku kejahatan biasanya menipu korban dengan memikat mereka untuk masuk ke situs web palsu atau mendesak mereka untuk bergabung dengan platform investasi yang meragukan.

Kaspersky melakukan survei terhadap 2.000 orang dewasa Amerika untuk memperkirakan bahwa sekitar 30 persen dari mereka yang ikut-ikutan kripto telah menjadi korban pencurian.

Nilai rata-rata aset yang hilang hampir USD 100.000, sementara 15 persen responden mengaku berpisah dengan token senilai hingga USD 1.000.000.

Penipu sebagian besar menipu individu melalui situs web penipuan atau platform investasi palsu, karena mayoritas korban berusia 18-24 tahun. Hanya 8 persen dari mereka yang berusia di atas 55 tahun yang beberapa asetnya disedot karena alasan tersebut.

Perlu dicatat bahwa orang tua belum merangkul kelas aset seperti yang dilakukan anak muda.

Bahkan, 36 persen dari peserta berusia 25-44 mengaku memiliki beberapa cryptocurrency, sementara hanya 10 persen dari mereka yang berusia 55+ adalah HODLers.

Peneliti Keamanan Senior di Tim Riset dan Analisis Global Kaspersky Marc Rivero mengklaim bahwa kurangnya regulasi yang komprehensif baru-baru ini memicu peningkatan penipuan mata uang kripto.  

Dia menyarankan orang untuk sangat berhati-hati saat berinvestasi di kelas aset dan menggunakan kata sandi canggih untuk mengamankan dana mereka.

"Pengguna harus sangat berhati-hati di mana mereka menginvestasikan uang mereka, mengawasi penipuan phishing dan situs web palsu. Mereka harus menggunakan langkah-langkah keamanan tambahan yang tersedia bagi mereka, seperti otentikasi multi-faktor, dan harus menggunakan yang kuat, unik kata sandi di semua akun," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tempat Penyimpanan

Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.
Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.

Perusahaan keamanan siber menemukan bahwa 19 persen investor kripto menyimpan kunci pribadi mereka di PC atau ponsel dalam bentuk teks biasa, sementara 14 persen belum melakukan upaya apa pun untuk melindungi seed phrase mereka.

Studi lebih lanjut memperkirakan bahwa 24 persen dari semua individu yang ditanyai telah membeli sejumlah aset digital. Rata-rata responden tampak agak sabar, dengan sebagian besar mengatakan terakhir kali mereka memeriksa investasi mereka adalah enam minggu yang lalu.

Survei terbaru lainnya yang dilakukan oleh Coinbase memperkirakan bahwa pangsa orang Amerika yang telah bergabung dengan ekosistem kripto adalah 20 persen.

Pertukaran mengklaim bahwa adopsi lebih tinggi di antara generasi muda, seperti Gen Z dan Milenial, dan orang kulit berwarna.

Kemudian, 80 persen peserta menganggap sistem keuangan global saat ini tidak adil, dan 67 persen percaya bahwa amandemen yang diperlukan harus diterapkan.  

Coinbase mengklaim kripto dapat memicu revolusi moneter semacam itu, menguraikan bahwa komunitas bermasalah telah menggunakannya untuk memecahkan “masalah dunia nyata".

"Pada tingkat global, kripto menawarkan transfer lintas batas yang lebih cepat dan berbiaya rendah, dan stablecoin digital membantu orang-orang yang tidak memiliki rekening bank di seluruh dunia untuk mendapatkan akses ke dolar AS dan layanan keuangan untuk membantu meluncurkan bisnis kecil," kata dia.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya