Deretan Kripto Ini Bisa Dicermati Investor Sepanjang Akhir Pekan Pertama Mei 2023

Berikut deretan kripto yang dapat dicermati investor sepanjang akhir pekan pertama Mei 2023.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 07 Mei 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2023, 06:00 WIB
Deretan Kripto Ini Bisa Dicermati Investor Sepanjang Akhir Pekan Pertama Mei 2023
Selama pekan ini, sentimen keruntuhan perbankan dan kenaikan suku bunga The Fed menjadi penggerak harga pasar kripto. (Foto: Freepik/Pikisuperstar)

Liputan6.com, Jakarta - Pasar cryptocurrency stabil pada level saat ini setelah mengalami penurunan singkat akhir pekan lalu. Sentimen keseluruhan tentang harga pasar kripto positif, dengan investor optimistis tentang masa depan jangka menengah. 

Selama pekan ini, sentimen keruntuhan perbankan dan kenaikan suku bunga the Fed menjadi penggerak harga pasar kripto. 

Di tengah kondisi tersebut, Dilansir dari Investopedia, Minggu (7/5/2023) ada beberapa token yang perlu dicermati investor selama akhir pekan pertama Mei 2023. Adapun deretannya sebagai berikut. 

Render Token (RNDR)

Render Token (RNDR) adalah salah satu pemain terbaik pasar cryptocurrency dalam minggu terakhir, dengan harga token naik 35 persen. Peningkatan ini kemungkinan karena model Render baru, yang disebut BME, telah aktif di blockchain Solana. Implementasi telah diantisipasi dan mengubah arsitektur jaringan.

Ekspansi ke jaringan Solana ini akan memungkinkan proyek Render memanfaatkan waktu transaksi Solana yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah. 

Render Token menyediakan sistem rendering GPU terdesentralisasi yang memungkinkan akses lebih luas ke proses rendering yang kompleks. Proyek ini memiliki kegunaan dalam industri seperti media, game, realitas virtual, dan obat-obatan.

Casper (CSPR)

Tim Casper mengatakan dompet baru akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, dukungan browser desktop penuh, pengiriman notifikasi asli, dan keamanan yang lebih baik.

Tim Casper juga mengumumkan kemitraan dengan Halborn Security, sebuah perusahaan keamanan siber blockchain. Kolaborasi ini bertujuan untuk membuat Casper Wallet seaman mungkin. Casper adalah blockchain proof-of-stake (PoS) yang dirancang untuk kinerja tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Token Lainnya yang Dapat Dicermati Pelaku Pasar

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Injective (INJ)

Injective (INJ Coin) naik lebih dari 15 persen, kemungkinan besar karena pertukaran kripto Binance memungkinkan peminjaman token secara institusional. Pinjaman institusional memungkinkan lembaga keuangan untuk meminjamkan dana ke bisnis serupa lainnya.

Proyek ini juga mengumumkan integrasi dengan platform kontrak pintar multichain Astar Network dan Celer Network di blockchain Ethereum, yang mungkin berkontribusi pada kenaikan harga token. Injective adalah blockchain PoS yang dirancang untuk penggunaan finansial.

Internet Computer (ICP)

Token proyek Komputer Internet (ICP) naik 9 persen dalam harga, mungkin karena mengumumkan rencana untuk membuat pusat Komputer Internet di Hong Kong. Token dan proyek juga mendapatkan lebih banyak eksposur, dengan meningkatnya dominasi media sosial.

MultiversX (EGLD)

Koin e-Gold (EGLD) MultiversX naik 10 persen, mungkin karena pertukaran kripto Upbit mendaftarkan koin tersebut. Pertukaran memiliki sekitar 9 juta pengguna, memberikan paparan tambahan untuk koin EGLD. Kenaikan koin dihasilkan dari perdagangan melawan won Korea dan Bitcoin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Diduga Terlibat Pencucian Uang, Polisi Ukraina Bekukan 9 Platform Pertukaran Mata Uang Kripto

Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer
Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer

Sebelumnya, didukung oleh penegak hukum Amerika Serikat (AS), Polisi Ukraina bekukan sejumlah layanan pertukaran kripto yang diduga melakukan pencucian hasil kejahatan.

Platform tersebut diduga memproses uang kotor yang diperoleh dari serangan ransomware dan berbagai skema penipuan.

Kepolisian Nasional Ukraina mengumumkan, Petugas dari unit Cyberpolice Ukraina dan Departemen Investigasi Utama, bekerja sama dengan Kantor Kejaksaan Agung telah menyita sembilan pertukaran mata uang crypto.

Perwakilan dari Biro Investigasi Federal (FBI) AS juga mengambil bagian dalam apa yang digambarkan oleh otoritas Ukraina sebagai “operasi internasional multi-level.”

Melansir laman Butcoin, Kamis (4/5/2023), platform web menawarkan pertukaran cryptocurrency tanpa nama. Mereka dipekerjakan untuk memfasilitasi legalisasi dana ilegal.

Melalui pertukaran tersebut, para penjahat menyalurkan aset digital yang diperoleh sebagai hasil dari serangan malware dan penipuan online. Layanan mereka diiklankan di forum peretas tertutup.

Infrastruktur jaringan, yang terletak pada server di Amerika Serikat, sejumlah negara Eropa, dan Ukraina, telah diblokir selama operasi berlangsung. Penyidik sekarang mencoba untuk mengidentifikasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kriminal.

Pengunjung 24xbtc.com, 100btc.pro, pridechange.com, 101crypta.com, uxbtc.com, trust-exchange.org, bitcoin24.exchange, paybtc.pro, dan owl.gold sekarang mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa domain telah disita oleh penegak hukum.

Instansi pemerintah Ukraina telah bekerja untuk meningkatkan upaya mereka pada pengawasan aset kripto. Sebuah laporan mengungkapkan pada Maret bahwa karyawan Cyberpolice, Badan Pemulihan dan Manajemen Aset, dan Layanan Keamanan Ukraina (SBU) menghadiri kelas pelatihan yang diselenggarakan oleh pertukaran crypto terkemuka dunia, Binance.

 


Cegah Penipuan, Argentina Bakal Atur Iklan Terkait Kripto

Kripto. Dok: Traxer/Unsplash
Kripto. Dok: Traxer/Unsplash

Sebelumnya, Argentina, salah satu negara di mana adopsi cryptocurrency telah berkembang, telah mulai mempertimbangkan pembentukan undang-undang periklanan terkait kripto. Hal ini merupakan tindakan dalam mencegah penipuan kripto melalui iklan

Diskusi, yang dipromosikan oleh Senator Argentina, Eduardo Andrada dan lainnya, akan berfokus pada mendidik calon pengguna cryptocurrency tentang aset ini. 

Dengan cara yang sama, tujuan lain dari proyek potensial ini adalah untuk melindungi investor agar tidak jatuh ke dalam skema kripto palsu dan berbasis Ponzi.

Pertemuan yang dihadiri anggota Komisi Sekuritas Argentina, Sebastian Negri dan Martín Breinlinger, mempresentasikan beberapa skema cryptocurrency yang memiliki promosi dan iklan melalui media yang berbeda.

Salah satu ide yang disajikan mengusulkan agar publisitas terkait kripto harus menyertakan slogan yang menjelaskan risiko yang dibawa oleh investasi semacam itu.

Senator dan asisten lainnya memiliki pandangan berbeda mengenai proyek yang diusulkan. Negri menjelaskan manfaat dari pengesahan undang-undang tersebut bagi calon investor. 

“Dengan kenaikan Bitcoin dari 10.000 menjadi 69.000 dolar, yang mereka lakukan adalah menjanjikan kepada orang-orang bahwa profitabilitas yang terjadi pada tahun sebelumnya akan terulang kembali bagi mereka yang masuk sekarang. Itu adalah iklan palsu,” kata Negri dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (30/12/2022).

Adapun, Negri menyatakan lembaga keuangan tradisional, seperti bank, tidak dapat melakukannya, tetapi kripto dapat melakukannya karena rendahnya regulasi ekosistem di negara tersebut. 

Namun, Senator Angela Negri menyatakan ketidaksetujuannya terhadap gagasan mengatur iklan kripto, menyatakan hal ini dapat menyebabkan Senat terjebak dalam masalah terkait kripto lainnya.

Negara-negara lain telah menetapkan peraturan tentang hal ini. Pada Januari, Spanyol menetapkan aturannya sendiri untuk mengontrol publisitas kripto, dengan menargetkan influencer terlebih dahulu. 

Dengan cara yang sama, Inggris mengumumkan pada Juli akan meningkatkan kewaspadaaan terhadap kampanye kripto yang menyesatkan.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya