Europol Hentikan Jaringan Call Center yang Jalankan Penipuan Kripto

Jaringan itu telah menipu banyak korban di Jerman, Swiss, Austria, Australia, dan Kanada dengan kerugian puluhan juta euro.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 12 Agu 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2023, 11:00 WIB
Europol Hentikan Jaringan Call Center yang Jalankan Penipuan Kripto
Europol umumkan penghentian jaringan call center penipuan yang memikat korban untuk investasikan uang dalam jumlah besar di kripto. (Foto: Traxer/unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Europol mengumumkan penghentian jaringan call center penipuan yang beroperasi di Serbia, Bulgaria, Siprus, dan Jerman, memikat para korban untuk investasikan uang dalam jumlah besar dalam aset kripto.

Jaringan itu telah menipu banyak korban di Jerman, Swiss, Austria, Australia, dan Kanada dengan kerugian puluhan juta euro, menurut siaran pers Eurojust pada Sabtu (12/8/2023). 

Secara keseluruhan, empat call center dan 18 lokasi digeledah, dengan 14 orang ditangkap di Serbia dan satu di Jerman. Investigasi terhadap penipuan online diluncurkan pada 2021 oleh Kantor Kejaksaan Umum di Stuttgart di Jerman dan Kantor Investigasi Kriminal Negara Bagian Baden-Württemberg.

Tindakan terkoordinasi melihat penegakan hukum mewawancarai lebih dari 250 orang dan menyita lebih dari 150 komputer, berbagai peralatan elektronik, dan cadangan data, tiga dompet perangkat keras yang menyimpan sekitar USD 1 juta atau setara Rp 18,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.114 per dolar AS) dalam cryptocurrency. Penyelidikan menunjukkan jumlah kasus yang tidak dilaporkan kemungkinan jauh lebih tinggi.

"Ini berarti keuntungan ilegal yang dihasilkan oleh kelompok kriminal, dengan setidaknya empat call center di Eropa timur, mungkin mencapai ratusan juta euro,” kata Europol dalam keterangan, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (14/1/2023). 

Para tersangka mempromosikan skema penipuan di media sosial untuk memikat korban ke situs web yang menawarkan peluang investasi yang tampaknya luar biasa dalam mata uang kripto.

Menurut Europol, para korban, terutama dari Jerman, pertama-tama akan menginvestasikan jumlah tiga digit yang rendah, dengan orang-orang di belakang jaringan kriminal kemudian membujuk mereka untuk mentransfer jumlah yang lebih tinggi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Banyak Penipuan dan Kebangkrutan, Investasi Kripto di Latvia Anjlok

Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik/Pikisuperstar
Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik/Pikisuperstar

Sebelumnya, jumlah orang yang membeli aset kripto di Latvia menurun. Ini menurut Laporan Stabilitas Keuangan 2023 yang dikeluarkan bank sentral Latvia. Bank sentral mengaitkan jatuhnya minat pada kripto dengan sentimen negatif yang terkait dengan penipuan dan kebangkrutan.

Dilansir dari Cointelegraph, Senin (7/8/2023), berdasarkan temuannya pada penggunaan kartu pembayaran, bank mengatakan 4 persen populasi telah membeli aset kripto pada Februari 2023, dibandingkan dengan 8 persen pada 2022 secara keseluruhan. Latvia memiliki populasi 1,84 juta.

Orang-orang Latvia mentransfer USD 57 juta atau setara Rp 864,6 miliar (asumsi kurs Rp 15.170 per dolar AS) ke dompet kripto pada 2022, dengan kecepatan melambat menjadi USD 11,8 juta atau setara Rp 179 miliar pada kuartal pertama 2023. 

Sebagian besar akun tersebut ada di perusahaan di negara-negara Eropa di mana ekosistem baru teknologi keuangan (termasuk teknologi kripto) sedang berkembang pesat, seperti Lituania, Estonia, Malta, dan Irlandia.

Latvia menduduki peringkat ke-92 dari 148 negara berdasarkan adopsi kripto oleh Chainalysis dalam Laporan Geografi Mata Uang Kripto 2022. Tetangganya, Lituania, menduduki peringkat ke-102. Bank sentral Latvia mencatat sektor keuangan nonbank negara itu masih kurang penting dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya.

Pembayaran kripto ritel terus menang atas investasi aset kripto di negara itu, meskipun secara karakteristik kecil. Empat puluh empat persen pembayaran ritel yang dilakukan menggunakan kripto bernilai USD 66, setara Rp 1 juta atau kurang, dan 97,5 persen bernilai di bawah USD 1.100 atau setara Rp 16,6 juta. Laporan tersebut tidak menentukan nilai moneter dari transaksi tersebut.

 


Buntut Kasus Penipuan Kripto Senilai Rp 742 Miliar, SEC Tuntut Perusahaan AS

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan pertukaran AS (SEC) telah mengeluarkan perintah penahanan sementara terhadap perusahaan yang berbasis di Utah, DEBT Box, menuduh perusahaan menipu investor sekitar USD 49 juta atau setara Rp 742,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.150 per dolar AS) melalui skema kripto.

Anderson bersaudara, Jason dan Jacob, dan 15 orang lainnya diduga mengatur operasi keuangan ekstensif pada Maret 2021 yang mengumpulkan dana signifikan dari investor AS di Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Grup tersebut diduga memasarkan dan menjual "lisensi node", sekuritas tidak terdaftar yang seharusnya dirancang untuk menghasilkan token aset kripto melalui aktivitas penambangan kripto.

Mereka meyakinkan investor berbagai bisnis penghasil pendapatan di beberapa sektor akan mendorong nilai token ini. Menurut narasi yang diputar oleh tertuduh, perusahaan-perusahaan ini akan menambang dan meningkatkan nilai berbagai token yang ditangani DEBT Box.

Namun, SEC sekarang mengklaim dana yang terkumpul dari penjualan lisensi perangkat lunak node ini tidak digunakan seperti yang dijanjikan. Sebaliknya, mereka konon melayani untuk membiayai gaya hidup mewah para terdakwa, termasuk pembelian mobil mewah, rumah, dan liburan mewah.

“Kami menuduh bahwa DEBT Box dan prinsipalnya menipu investor pada hampir setiap aspek penting dari penawaran sekuritas mereka yang tidak terdaftar. Ini termasuk klaim palsu atas keterlibatan mereka dalam penambangan aset kripto,” kata SEC, dikutip dari Coinmarketcap, Jumat (4/8/2023).

Selain perintah penahanan, SEC telah memastikan pembekuan aset sementara dan bantuan darurat lainnya untuk menghambat aktivitas terlarang lebih lanjut. Para terdakwa dituduh menjual sekuritas yang tidak terdaftar, termasuk aset cryptocurrency seperti BLGD dan DEBT.

Agensi telah menindak kripto dan telah mengklasifikasikan beberapa aset digital sebagai sekuritas. Mereka baru-baru ini memberi label HEX sebagai sekuritas setelah tuduhan bahwa pendirinya menjual sekuritas yang tidak terdaftar.

 


Bos Binance, Changpeng Zhao Peringatkan Investor Modus Penipuan Kripto Baru

Founder & CEO Binance, Changpeng Zhao. Dok: Binance
Founder & CEO Binance, Changpeng Zhao. Dok: Binance

Sebelumnya, CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) memperingatkan para investor di Twitter tentang penipuan rumit dan semakin populer yang menargetkan komunitas kripto di mana alamat dompet palsu digunakan untuk menipu pengguna selama transaksi.

Skema ini menghasilkan alamat dengan karakter awal dan akhir yang sama dengan alamat asli pengguna. Setelah alamat yang dicerminkan dibuat, scammer mengirimkan transaksi yang akan mencerminkan riwayat transaksi korban. Jika korban menyalin dan menempel alamat dari salah satu transaksi, dana akan dikirim ke scammer.

Menurut CZ, operator kripto yang berpengalaman menjadi korban penipuan ini pada 1 Agustus, mengirimkan cryptocurrency senilai USD 20 juta atau setara Rp 304,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.227 per dolar AS). Operator melihat kesalahan tepat setelah transaksi dan meminta Binance membekukan Tether sebelum sampai ke scammer.

Menghindari Penipuan

Penipuan dapat dihindari dengan menggunakan domain blockchain, seperti Ethereum Name Service. Domain Blockchain mirip dengan alamat email, memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi dompet menggunakan kata-kata biasa daripada rangkaian huruf dan angka yang panjang. Pengguna Binance dapat membeli domain melalui platform.

“Selain itu, pakar keamanan tidak menyarankan pengguna untuk menyalin dan menempel alamat dari aplikasi untuk mentransfer dana. Pengguna juga disarankan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun kripto dan mengaktifkan autentikasi dua faktor pada aplikasi,” jelas Zhao dikutip dari Cointelegraph, Jumat (4/8/2023).

Pengguna Coinbase telah melaporkan insiden keamanan serupa. Korban telah melaporkan penipuan dan serangan phishing terkait dengan layanan dan aplikasi perusahaan, termasuk klaim penipu menghubungi klien menggunakan nama domain pertukaran kripto.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya