Harga Bitcoin Sentuh Rp 601,7 Juta, Tertinggi dalam 18 Bulan

Kenaikan ini terjadi karena investor mengambil lebih banyak risiko menjelang komentar dari Ketua Federal Reserve

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 02 Des 2023, 10:10 WIB
Diterbitkan 02 Des 2023, 10:04 WIB
Ilustrasi kripto (Foto: worldspectrum/Pixabay)
Ilustrasi kripto (Foto: worldspectrum/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin melonjak ke harga tertinggi sepanjang 2023. Mata uang kripto terbesar di dunia ini sempat menguat sebanyak 2,87% menyentuh ke level tertinggi dalam 18 bulan. Harga bitcoin diperdagangkan di USD 38.834 atau setara Rp 601,7 juta (asumsi kurs Rp 15.490 per dolar AS) pada Jumat, 2 Desember 2023.

Kenaikan bitcoin ini terjadi karena investor mengambil lebih banyak risiko menjelang komentar dari Ketua Federal Reserve (The Fed) erome Powell yang dapat memberikan panduan apakah AS semakin dekat untuk menurunkan suku bunga. 

Harga aset digital lain, seperti Ether dan Solana, juga naik lebih dari 2 persen. Lompatan Bitcoin merupakan nilai token tertinggi sejak 5 Mei tahun lalu, tepat sebelum runtuhnya ekosistem stablecoin TerraUSD mengguncang sektor ini dan mulai mengalami penurunan harga aset secara stabil.

Saham-saham Eropa juga menguat dan dolar melemah, dengan Powell akan berbicara di Spelman College di Atlanta. Kontrak berjangka AS naik tipis sementara obligasi Treasury stabil, karena investor mencoba mengukur apakah kenaikan pada bulan November di seluruh kelas aset masih bisa berlanjut.

Kepala penelitian dan strategi di Matrixport, Markus Thielen mengatakan lingkungan makro diperkirakan akan tetap menjadi pendorong yang kuat untuk kripto.

“Penurunan inflasi lainnya diperkirakan akan mendorong Federal Reserve untuk memulai penurunan suku bunga. Dikombinasikan dengan arus geopolitik, dukungan moneter yang sehat ini akan mendorong Bitcoin ke level tertinggi baru pada 2024,” kata Thielen, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (2/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Melejit 133 Persen

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Harga Bitcoin telah meningkat lebih dari 133% sepanjang tahun ini, mengungguli kenaikan di banyak sektor tradisional lainnya karena investor lebih menyukai eksposur terhadap aset-aset berisiko.

Para pedagang optimis Komisi Sekuritas dan Bursa AS akan segera menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa pertama di negara itu yang terkait langsung dengan Bitcoin. 

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya