Mensos Juliari Silaturahmi dengan Tokoh dan Pegiat Hak-Hak Penyandang Disabilitas

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menggelar pertemuan dengan para tokoh dan pegiat hak-hak penyandang disabilitas

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 03 Des 2020, 08:25 WIB
Diterbitkan 03 Des 2020, 08:25 WIB
Mensos Juliari Silaturahmi dengan Tokoh dan Pegiat Hak-Hak Penyandang Disabilitas
Dok. Kemensos RI

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Juliari P. Batubara menggelar pertemuan dengan para tokoh dan pegiat hak-hak penyandang disabilitas. Pertemuan merupakan ajang silaturahmi dan bertukar pemikiran menjelang puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) hari Kamis, (3/12).

Dalam sambutannya pada acara “Silaturahmi Menteri Sosial RI dengan Tokoh Penyandang Disabilitas dalam Rangka Hari Disabilitas Internasional tahun 2020”, Mensos menekankan bahwa silaturahmi dan saling tukar informasi dengan para tokoh dan pegiat hak-hak penyandang disabilitas penting dilakukan.

Karena, katanya, dalam menyelenggarakan pelayanan terhadap penyandang disabilitas, pemerintah tidak bisa sendiri.

“Dengan silaturahmi seperti ini kita bisa bersama-sama bersinergi merumuskan langkah-langkah efektif dalam rehabilitasi dan penguatan hak-hak penyandang disabilitas,” kata Mensos Juliari. 

Menteri Sosial Juliari P. Batubara
Menteri Sosial Juliari P. Batubara

Hadir dalam silaturahmi ini sekitar 20 orang perwakilan baik dari para tokoh dan pegiat hak-hak penyandang disabilitas. Pertemuan digelar untuk mempererat silaturahmi dan saling pemahaman kedua belah pihak.

“Dengan duduk bersama, kami bisa mendengarkan masukan dari para tokoh dan pegiat. Hal-hal apa yang sudah dikerjakan pemerintah dan apa yang perlu diperkuat. Kemensos memastikan, menjadi garda depan dalam penguatan hak dan aksesibilitas penyandang disabilitas,” katanya.

 


Presiden Jokowi Hadir via Daring

Puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020 dirayakan Kamis (03/12/2020). Presiden Joko Widodo direncanakan memberikan sambutan secara daring. 

Di Indonesia sendiri, acara pembukaan Hari Disabilitas Internasional 2020 telah dibuka sejak 18 November lalu. Dalam rangka menyambut HDI tahun 2020, Kemensos mengadakan berbagai kegiatan menarik di acara pembukaan dan konferensi pers HDI 2020, salah satunya peluncuran situs Creative Disabilities Gallery. 

Tema Hari Disabilitas Internasional yang diangkat tahun ini adalah “Building Back Better: toward a disability inclusive, accessible and sustainable post COVID-19 world” (Membangun kembali kehidupan yang lebih baik ke arah yang inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca pandemi COVID-19).

Acara HDI 2020 sendiri dibuka langsung oleh Mensos Juliari. Selain memberikan sambutan dalam kegiatan launching Website Creative Disability Gallery, Mensos turut menyerahkan bantuan sosial berupa alat bantu disabilitas secara simbolis yang dilakukan di Gedung Aneka Bhakti, Jl. Salemba Raya No.28 Jakarta Pusat. 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya