Jalani Vaksinasi COVID-19, Penyandang Disabilitas Daksa Ini Mengaku Tak Alami KIPI Berat

Penyandang disabilitas daksa, Echi Pramita Sari telah menjalankan vaksinasi tahap satu dan dua. Ia pun menceritakan pengalamannya selama proses vaksinasi.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 09 Agu 2021, 10:01 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2021, 10:01 WIB
Ilustrasi kursi roda.
Ilustrasi kursi roda. (dok. BeatricBB/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Jakarta Penyandang disabilitas daksa, Echi Pramita Sari telah mengikuti vaksinasi tahap satu dan dua. Ia pun menceritakan pengalamannya selama proses vaksinasi.

Perempuan pengguna kursi roda ini mendapatkan vaksinasi antara Maret hingga April 2021. Tahapannya tak berbeda dengan vaksinasi pada umumnya.

“Sebelum vaksinasi kita akan diskrining oleh petugas, seperti cek suhu, tensi, dan ditanyakan apa pernah terinfeksi COVID-19 atau ada riwayat penyakit atau tidak,” katanya dalam tayangan video dalam konferensi pers #DisabilitasBisaVaksin ditulis Senin (9/8/2021).

Jika dinyatakan sehat, maka bisa mendapatkan vaksin tahap pertama. Setelah 28 hari dari vaksinasi pertama, ia pun mendapat vaksin tahap kedua.

Simak Video Berikut Ini:


KIPI yang Dialami

Setelah menjalankan vaksinasi, Echi menyampaikan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Menurutnya, ia merasa sedikit pusing, sedikit pegal di bagian yang disuntik, sedikit ngantuk, dan sedikit lapar.

“Rasanya ini reaksi normal ya apabila tubuh mendapatkan vaksinasi atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh.”

Perempuan yang bekerja di bidang komunikasi dan informatika ini juga menegaskan bahwa vaksinasi aman untuk masyarakat termasuk penyandang disabilitas.

“Jadi untuk teman-teman disabilitas, jangan takut untuk divaksinasi ya.”


Tanggung Jawab Bersama

Guna menyemangati teman-teman disabilitas yang lain, Echi mengingatkan bahwa vaksinasi adalah tanggung jawab bersama.

“Vaksinasi ini bukan hanya menjadi tanggung jawab diri kita sendiri tapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama.”

“Karena semakin banyak orang-orang yang divaksinasi, semakin banyak juga kita bisa melindungi orang-orang yang kita sayangi di sekitar kita.”

Saat vaksinasi, Echi mengimbau agar setiap penerima vaksin tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Yuk kita vaksin, sayangi diri kamu dan orang-orang di sekitarmu. Semoga semuanya bisa menjadi lebih baik, yuk bisa yuk, semangat,” tutupnya.

 


Infografis Sudah Vaksinasi COVID-19? Jangan Kendor 5M!

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!
Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M! (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya