4 Kegunaan Petroleum Jelly untuk Perawatan Rambut

Ada empat kegunaan petroleum jelly untuk rambut yang dapat Anda aplikasikan di rumah.

oleh Mestika Safrini Nasution diperbarui 03 Mei 2017, 09:00 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2017, 09:00 WIB
Petroleum Jely Balm
Ilustrasi Foto Petroleum Jeli (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang kita ketahui, petroleum jelly dapat bermanfaat untuk mengatasi kulit yang terbakar serta melindunginya dari kekeringan. Namun ternyata, jeli yang satu ini memiliki kegunaan lain, salah satunya untuk perawatan rambut.

Mungkin memang terkesan aneh, tapi petroleum jelly memiliki kandungan bahan yang juga sangat bermanfaat untuk merawat rambut jadi lebih sehat dan bersinar. Seperti yang ditulis dalam laman Bright Side, Minggu (30/4/2017), ada empat kegunaan petroleum jelly untuk rambut yang dapat Anda aplikasikan di rumah.

1. Menata rambut
Petroleum jelly dapat menjadi pengganti styling gel rambut. Caranya cukup ambil petroleum jelly menggunakan kedua jari tangan secukupnya. Lalu, oleskan pada rambut sambil menatanya sesuai keinginan.

2. Membantu atasi rambut bercabang
Oleskan petroleum jelly ke bagian ujung rambut yang kering dan bercabang. Kemudian, diamkan selama 15-20 menit. Terapkan secara rutin untuk mendapatkan kondisi rambut yang jauh lebih baik.

3. Masker rambut
Coba ambil 1-2 sendok makan petroleum jelly dan campurkan dengan beberapa tetes minyak esensial sesuai selera Anda, bisa kayu manis untuk membuat rambut tampak bersinar. Lalu, oleskan pada seluruh rambut. Diamkan selama 1-2 jam dan bilas hingga bersih.

Untuk menghilangkan sisa petroleum jelly yang menempel di rambut dengan mudah, cukup tepuk rambut dengan handuk secara perlahan. Kemudian, hangatkan dengan pengering rambut sebelum dicuci.

4. Melindungi rambut berwarna
Oleskan petroleum jelly ke setiap garis rambut yang telah diwarnai dengan pewarna rambut. Hal ini akan membantu melindungi kulit kepala dari pewarnaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya