6 Aksi Simpatik Warga untuk Majalah Prancis Charlie Hebdo

Berikut 6 di antara aksi simpatik masyarakat atas insiden penembakan di kantor Majalah Prancis Charlie Hebdo.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 08 Jan 2015, 13:32 WIB
Diterbitkan 08 Jan 2015, 13:32 WIB
Penembakan di kantor majalah Prancis Charlie Hebdo.
Aksi simpatik masyarakat atas insiden penembakan di kantor majalah Prancis Charlie Hebdo.(Reuters)

Liputan6.com, Paris - Insiden penembakan yang melanda kantor Majalah Prancis Charlie Hebdo membuat masyarakat panik juga sedih. Mereka tak menyangka aksi teror berdarah bisa terjadi di Paris, siang bolong.

Sebanyak 12 orang dilaporkan tewas dalam serangan tersebut, termasuk Pemimpin Redaksi majalah Prancis itu, Stephane Charbonnier, kartunis Wolinski dan Cabu, serta ekonom dan kontributor majalah itu, Bernard Maris. 2 Di antara korbannya adalah polisi.

Pemerintah Prancis pun telah menerapkan level kesiagaan tertinggi atau Alerte Attentat untuk wilayah Ile-de-France, pasca-serangan teror di Kantor Majalah Charlie Hebdo, pada 7 Januari 2015.

Tak lama setelah insiden tersebut, masyarakat pun melakukan aksi simpatiknya kepada para korban. Berikut 6 di antaranya, mulai dari pemasangan lilin hingga membawa pulpen sebagai tanda duka sekaligus simbol kebebasan berekspresi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menyalakan Lilin


1. Pasang Lilin

Pemasangan lilin sebagai tanda duka cita ini dilakukan warga Prancis di berbagai tempat. Salah satunya ada di Paulista avenue in Sao Paulo, Brasil.



2. Membawa pulpen

Aksi membawa pulpen sebagai ungkapan belasungkawa ini dilakukan di Trafalgar Square in London. Mereka bersedih atas apa yang menimpa kantor majalah Charlie Hebdo.




3. Menulis dukungan

Di Paris, Prancis, orang-orang berdatangan ke Republique Square. Di sana, mereka berkumpul untuk menulis kecaman tarhadap aksi teror sekelompok orang yang menembaki kantor Charlie Hebdo.




Karangan Bunga


4. Peletakkan karangan bunga

Aksi simpatik juga tak hanya terjadi di Paris. Karangan bunga untuk menyampaikan duka cita juga dilakukan warga di kedutaan besar Prancis yang berada di Pariser Platz, Berlin. Hal serupa juga dilakukan di kedubesnya di London.




5. Duka di kedutaan besar Copenhagen, Denmark

Duka atas insiden penembakan di kantor Charlie Hebdo tak hanya dirasakan di Paris. Tapi juga di Copenhagen, Denmark. Di depan kedutaan besarnya, warga yang bersimpati pun meletakkan karangan bunga dan lilin-lilin.




6. Berkumpul bersama mengenang para korban

Aksi berkumpul bersama untuk mengenang para korban dalam penyerangan di kantor Majalah Prancis Charlie Hebdo ini digelar di Republique square. Sambil memegang poster mengutuk aksi terorisme itu, mereka juga berdoa bersama.

(Tnt/Ein)

Baca Juga:

WNI di Paris: Saya Shocked, Pilih Tinggal di Rumah

KBRI Imbau WNI di Paris Hati-hati dan Jauhi Keramaian

Polisi Prancis Rilis Foto 2 Terduga Pelaku Teror Charlie Hebdo

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya