Kim Jong-un Bawa 12 Pengawal ke Singapura, yang Bertugas Berlari di Sisi Mobilnya

Kedatangan Kim Jong-un begitu dinanti di Singapura, jelang KTT AS - Korut. Ia membawa serta bodyguard yang berlari mengikuti ke mana mobilnya pergi. Menjadi 'perisai hidup'.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 11 Jun 2018, 18:20 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2018, 18:20 WIB
Kim Jong-un dan Rombongan Tiba di Singapura
Sebuah limusin dengan bendera Korea Utara yang diyakini membawa Kim Jong-un melintasi jalanan di Singapura, Minggu (10/6). Kedatangan Kim menjelang pertemuan bersejarah dengan Presiden AS, Donald Trump pada Selasa mendatang. (AP Photo)

Liputan6.com, Singapura City - Tak hanya membawa tiga pesawat sekaligus dalam kunjungannya ke Singapura, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ternyata mengajak para pengawalnya yang 'terkenal' menjelang pertemuan puncak dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (11/6/2018), para bodyguard yang mengenakan stelan jas lengkap terlihat berlari di sepanjang limusin hitam yang mengangkut Kim Jong-un.

Aksi yang dilakukan tak lama setelah pemimpin Korea Utara itu mendarat di Bandara Changi pada Minggu 10 Juni 2018, sontak mencuri perhatian orang-orang di Singapura.

Dalam rekaman yang beredar, terlihat pengawal berlari di sebelah mobil berkaca gelap dan dipasangi dua bendera Korea Utara yang berkibar di kap mesin. Mereka mengawal Kim Jong-un ke tempat menginapnya di Hotel St. Regis yang dijaga ketat.

Konvoi mobil Kim Jong-un terdiri atas lebih dari 20 kendaraan, termasuk ambulans.

Para pengawal itu sempat menjadi sorotan pada April lalu, ketika beredar video mereka berlari di sebelah mobil sang pemimpin Korut di tengah pertemuan penting dengan Presiden Korea Selatan.

Kim Jong-un tiba di Singapura dengan maskapai Air China. Ia juga mendatangkan dua pesawat lain, yang konon menjadi bagian dari taktik pengalihan. 

Kim Jong-un dilaporkan khawatir jadi target pembunuhan selama KTT tersebut.

Perjalanannya ke Singapura adalah yang terjauh yang pernah dijalaninya selama menjadi pemimpin negeri paling menutup diri di muka Bumi itu.

Beberapa jam setelah Kim tiba di Singapura, Donald Trump turun dari Air Force One. Dia dibawa ke hotelnya, dengan iring-iringan polisi.

Trump melakukan perjalanan ke Singapura dari Kanada, di mana ia bertemu dengan para pemimpin dunia lainnya dalam pertemuan KTT G7.

Kim dan Trump dijadwalkan untuk bertemu pada Selasa 12 Juni pagi di KTT pertama AS dan Korea Utara.

"Seluruh dunia sedang menyaksikan pertemuan bersejarah antara (Korea Utara) dan Amerika Serikat, dan terima kasih atas upaya tulus Anda ... kami dapat menyelesaikan persiapan untuk pertemuan bersejarah," kata Kim kepada Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong melalui seorang penerjemah.

Trump bertemu dengan Lee pada hari Senin.

Presiden AS itu berharap bisa mencapai kesepakatan dengan Korea Utara untuk denuklirisasi nuklir.

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aksi Sebelumnya

Ketatnya Pengawalan Kim Jong-un di KTT Korea Selatan-Korea Utara
Para pengawal berlari di samping mobil yang membawa Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat akan makan siang dalam KTT Korea Selatan-Korea Utara di zona demiliterisasi, Panmunjom, Korea Selatan, Jumat (27/4). (Korea Summit Press Pool/AP)

Aksi para bodyguard berlari mengiringi kendaraan Kim Jong-un terjadi usai pemimpin Korea Utara itu bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Peace House, yang berlokasi di kawasan DMZ.

Usai pertemuan tahap pertama itu, sang pemimpin Korea Utara beranjak untuk makan siang.

'Paspampres' mengawal mobil yang ditumpangi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (AFP/Korea Summit Press Pool)

Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat 27 April 2018, dalam video yang beredar terlihat Kim Jong-un meninggalkan lokasi pertemuan.

Ia menaiki sebuah mobil limosin Mercedes hitam, dikelilingi oleh 12 pengawal seperti Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres.

Para pengawal kemudian membentuk formasi berbentuk lingkaran di sekitar kendaraan yang ditumpangi Kim Jong-un. Lalu bergerak dan lari mengiringi laju mobil menuju sisi utara Panmunjom, lokasi makan siang sang pemimpin Korut bersama sejumlah pejabatnya.'Paspampres' mengawal mobil yang ditumpangi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (AFP/Korea Summit Press Pool)

Para penjaga dengan sigap mengubah formasi untuk menghindari tertabrak ketika mobil berbelok sebelum menyeberangi sepetak rumput.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya