Tolak Pemakaman Dokter Meninggal Akibat Corona COVID-19, 20 Orang di India Ditahan

Penolakan penguburan jasad yang meninggal akibat COVID-19 ternyata terjadi tak hanya di Indonesia, namun juga di India.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 21 Apr 2020, 16:15 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2020, 16:15 WIB
20151111-Ilustrasi-Meninggal-Misterius-iStockphoto
Ilustrasi Meninggal Misterius (iStockphoto)

Liputan6.com, New Delhi - Sedikitnya 20 orang telah ditangkap di India selatan, karena secara kasar mencegah pemakaman seorang dokter terkemuka yang meninggal karena Virus Corona COVID-19.

Teman-teman dan keluarga Dr Simon Hercules diserang pada hari Minggu malam ketika mereka membawa jenazahnya ke tanah pemakaman di Chennai (sebelumnya Madras).

Melansir BBC, Selasa (21/4/2020), salah satu temannya harus menguburnya dengan tenang pada dini hari Senin. Tanpa ada anggota keluarga yang hadir.

Dia mengatakan ahli bedah saraf "tidak pantas mendapatkan ini".

"Dia bahkan tidak mendapat hak kemanusiaan dasar. Bahkan istri dan putranya tidak bisa berada di sana untuk mengucapkan selamat tinggal," kata Dr. Pradeep kepada situs web News Minute.

Media lokal melaporkan bahwa gerombolan yang beranggotakan sekitar 20 orang menyerang teman dan keluarga Dr Hercules dengan tongkat. Dua pengemudi ambulans juga terluka dalam insiden itu.

Polisi mengatakan orang-orang tinggal di dekat kuburan dan khawatir mengubur pasien COVID-19 di sekitarnya akan menyebarkan virus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:


Terinfeksi dari Pasien Corona COVID-19

FOTO: Prosesi Pemakaman Korban Corona COVID-19 di Jakarta
Petugas mengubur peti jenazah berisi korban virus corona COVID-19 ke sebuah pemakaman di Jakarta, Rabu (15/4/2020). Hingga sore ini, jumlah kasus COVID-19 di Indonesia sebanyak 5.136 positif, 446 sembuh, dan 469 meninggal dunia. (Bay ISMOYO/AFP)

Menteri Kesehatan Negara Bagian Tamil Nadu C Vijayabaskar mengutuk insiden itu.

"Apa yang terjadi pada dokter itu bisa dikutuk. Hal seperti itu seharusnya tidak terjadi di masa depan," katanya.

Para ahli mengatakan bahwa orang perlu lebih sadar tentang aturan pemakaman untuk pasien COVID-19.

Pedoman kementerian kesehatan federal mengatakan bahwa mengubur jenazah korban Virus Corona COVID-19 aman jika semua tindakan pencegahan diikuti.

Aturan ini termasuk instruksi bagaimana jasad seseorang harus ditangani dan dimakamkan. Ini juga mendefinisikan jenis ritual apa yang dapat dilakukan, termasuk menyentuh jenazah.

Pradeep mengatakan bahwa Dr Hercules terus bertugas selama pandemi alih-alih tinggal di rumah, dan ia kemungkinan besar terinfeksi dari salah satu pasiennya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya