Hasil Tes Positif COVID-19 di Indonesia Tertinggi Nomor 2 se-Asia Tenggara

Singapura juara vaksinasi COVID-19 berdasarkan persentase populasi yang sudah divaksin.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 11 Agu 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2021, 18:00 WIB
PMI Gelar Vaksinasi untuk Pelajar dan Masyarakat Umum
Petugas kesehatan menyutikkan vaksin covid-19 kepada seorang pelajar di Gudang Darurat Nasional Palang Merah Indonesia, Jakarta, Kamis (15/7/2021). PMI turut menggelar vaksinasi massal untuk mempercepat pencapaian target pemerintah untuk mewujudkan kekebalan komunitas. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia saat ini mencatat kasus tertinggi kedua di dunia pada 28 hari terakhir berdasarkan data Johns Hopkins University, Rabu (11/8/2021). Selama sepekan terakhir, hasil tes positif COVID-19 harian di Indonesia juga tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Myanmar.

Hingga 9 Agustus, persentase positif di Indonesia mencapai 23 persen. Angka itu melewati Malaysia dan Filipina di situs Our World in Data.

Persentase hasil tes positif COVID-19 di ASEAN, Rabu (11/8/2021). Dok: Our World In Data

Terkait vaksinasi, Indonesia berada di posisi enam di Asia Tenggara bersama Laos. Ada 19 persen warga Indonesia yang sudah mendapatkan vaksin.

Peringkat vaksinasi Singapura berada di nomor satu se-Asia Tenggara pada situs Our World in Data. Ini berdasarkan perhitungan persentase warga yang telah mendapat vaksinasi dosis satu dan dua. 

Sebagai catatan, jumlah populasi Indonesia yang tinggi menjadikan jumlah orang yang divaksin di Indonesia lebih banyak dari Singapura.

Pada data terkini, Singapura telah memvaksinasi 75 persen warganya. 66 persen telah menerima suntikan dosis kedua. Pemerintah Singapura memilih Pfizer dan Moderna untuk vaksinasi nasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Vaksinasi

Vaksinasi Jemput Bola untuk Lansia di Malaysia
Petugas medis memberikan vaksin COVID-19 Pfizer kepada wanita lansia di rumahnya di pedesaan Sabab Bernam, Selangor, Malaysia, Selasa (13/7/2021). Tim medis pergi dari rumah ke rumah di desa terpencil untuk menjangkau warga lansia dalam upaya meningkatkan program vaksinasi. (AP Photo/Vincent Thian)

Persentase vaksinasi tertinggi kedua ada di Kamboja. Negara itu sudah mencatat 37 persen orang populasi yang menerima suntikan dosis kedua. Totalnya, ada 49 persen yang sudah menerima vaksin.

Urutan ketiga, ada negeri jiran Malaysia yang juga telah memvaksin 49 persen masyarakat. Namun, baru 28 persen warga yang menerima vaksin dosis full.

Setelah Indonesia, ada Filipina yang baru menyalurkan 12 persen dosis vaksin.

Yang paling bawah adalah Vietnam. Negara komunis itu baru menyuntik 9,2 persen total populasinya. 

 


Infografis COVID-19:

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya