Pasukan Taliban Lepas Tembakan di Perbatasan Pakistan, 6 Warga Sipil Tewas

Pasukan Taliban melepas tembakan di perbatasan Pakistan dan Afghanistan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 12 Des 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 07:30 WIB
Ilustrasi bendera Pakistan (pixabay)
Ilustrasi bendera Pakistan (pixabay)

Liputan6.com, Chaman - Pasukan Taliban di Afghanistan melepaskan tembakan ke perbatasan dengan Pakistan pada Minggu (11 Desember), hingga menewaskan enam warga sipil, kata militer Pakistan.

Dilansir Channel News Asia, Senin (12/12/2022), lebih dari selusin orang terluka oleh "tembakan yang tidak beralasan dan sembarangan" di dekat kota Chaman di provinsi Balochistan, tambah militer.

"Pasukan perbatasan Pakistan telah memberikan tanggapan yang sesuai meskipun terukur terhadap agresi yang tidak pantas, tetapi menghindari penargetan warga sipil tak berdosa di daerah itu," kata pernyataan Pakistan.

"Pakistan juga telah mendekati pihak berwenang Afghanistan di Kabul untuk menyoroti tingkat keparahan situasi dan menuntut tindakan tegas untuk meniadakan terulangnya insiden seperti itu di masa depan."

Bentrokan itu terjadi setelah pasukan Afghanistan mencoba memotong sebagian pagar di perbatasan, menurut seorang pejabat senior pemerintah provinsi yang berbicara kepada AFP tanpa menyebut nama.

Seorang juru bicara polisi di provinsi Kandahar membenarkan bahwa telah terjadi bentrokan di perbatasan tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Seorang anggota Taliban tewas dan 10 orang terluka, termasuk tiga warga sipil, tambah juru bicara gubernur provinsi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ramainya Perbatasan

Puluhan Keluarga Afghanistan Menyeberang ke Pakistan
Keluarga Afghanistan duduk di luar tenda mereka di area terbuka di pinggiran Chaman, sebuah kota perbatasan di provinsi Baluchistan barat daya Pakistan, Selasa (31/8/2021). AS mengakhiri kehadiran militernya selama 20 tahun di negara yang dikuasai Taliban. (AP Photo)

Ribuan orang melintasi perbatasan antara Spin Boldak, Afghanistan, dan Chaman, Pakistan, setiap hari, termasuk pedagang, warga Afghanistan yang mencari perawatan medis di Pakistan, dan orang yang mengunjungi kerabat.

"Sebuah mortir mendarat dan menyebabkan bola api besar. Setelah itu saya kehilangan kesadaran dan tidak tahu apa yang terjadi," kata Fida Muhammad, yang terluka di sisi penyeberangan Pakistan dan dibawa ke rumah sakit.

Bulan lalu, seorang pria bersenjata menembak mati seorang penjaga keamanan Pakistan di perbatasan Chaman, yang menyebabkan penutupannya selama seminggu.


Ketegangan di Perbatasan Meningkat

Gerakan Anti-Polio Pintu ke Pintu di Pakistan
Petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak selama kampanye vaksinasi polio dari pintu ke pintu di daerah kumuh di Karachi, Paksistan, Senin (23/5/2022). Pakistan meluncurkan upaya anti-polio baru pada hari Senin, lebih dari seminggu setelah pejabat mendeteksi kasus ketiga tahun ini di wilayah barat laut negara itu yang berbatasan dengan Afghanistan. (Asif HASSAN / AFP)

Sejak Taliban kembali berkuasa tahun lalu, ketegangan perbatasan antara tetangga telah meningkat, dengan Pakistan menuduh kelompok militan merencanakan serangan dari tanah Afghanistan.

Taliban menyangkal menyembunyikan militan Pakistan, tetapi juga geram dengan pagar yang didirikan Islamabad di sepanjang 2.700 kilometer perbatasan antara kedua negara.


Pertemuan Menlu Pakistan

Foto 6 Anggota Taliban Pembantai 132 Anak di Sekolah Pakistan
Atas kekejaman ini, PM Pakistan Nawaz Sharif memutuskan mencabut moratorium atau penghentian sementara hukuman mati untuk teroris.

Belum lama ini, Hina Rabbani Khar, menteri luar negeri Pakistan untuk urusan luar negeri, telah bertemu dengan penjabat menteri luar negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi di ibukota Kabul di tengah ketegangan atas kekerasan lintas batas.

Kunjungan tersebut datang sehari setelah kelompok bersenjata Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) mengakhiri gencatan senjata selama berbulan-bulan dengan Islamabad meningkatkan kekhawatiran keamanan tentang wilayah perbatasan Afghanistan-Pakistan.

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya