Vaksin COVID-19 dari Jerman Tiba, Bantuan Asing Pertama yang Diterima China

China menerima bantuan asing pertama yakni vaksin COVID-19 dari Jerman.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 22 Des 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 22 Des 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi Vaksin
Uji klinis vaksin dalam negeri, vaksin Indovac untuk anak masih menunggu persetujuan dari pemerintah. (unsplash.com/Mufid Majnun)

Liputan6.com, Beijing - Berlin telah mengirimkan gelombang pertama vaksin COVID-19 BioNTech ke China untuk awalnya diberikan kepada ekspatriat Jerman, kata juru bicara pemerintah Jerman pada Rabu (21 Desember). Ini merupakan vaksin virus corona asing pertama yang akan dikirim ke negara itu.

Dilansir Channel News Asia, Kamis (22/12/2022), tidak ada perincian lain yang tersedia tentang waktu dan ukuran pengiriman, meskipun juru bicara mengatakan Berlin mendorong orang asing selain warga negara Jerman untuk diizinkan mengakses vaksin jika mereka menginginkannya.

Pengiriman dilakukan setelah China setuju untuk mengizinkan warga negara Jerman di China untuk mendapatkan suntikan setelah kesepakatan selama kunjungan Kanselir Olaf Scholz di Beijing bulan lalu, dengan pemimpin Jerman mendesak Beijing untuk mengizinkan suntikan tersebut tersedia secara bebas untuk warga negara China juga. .

Ada sekitar 20.000 warga negara Jerman saat ini di negara itu.

"Saya dapat memastikan pengiriman vaksin BioNTech sedang dalam perjalanan ke China," kata orang tersebut kepada wartawan di Berlin.

"Kami sedang mengerjakan kemungkinan bahwa selain orang Jerman, orang asing lainnya juga dapat divaksinasi dengan BioNTech."

Sebagai imbalannya, warga China di Eropa dapat divaksinasi dengan SinoVac China, kata juru bicara itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Vaksin China

Pro Kontra Wajib Vaksin Covid-19 di Beijing
Seorang perempuan bermasker mendorong pria lansia di kursi roda di sepanjang jalan setapak di taman umum di Beijing, Jumat (8/7/2022). Ibu kota China, Beijing, tampaknya telah membatalkan rencana untuk mengeluarkan mandat yang mengharuskan orang menunjukkan bukti vaksinasi COVID-19 untuk masuk ke ruang publik tertentu setelah penolakan di kalangan penduduk. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Komentar itu muncul setelah laporan awal bulan ini bahwa kementerian kesehatan Jerman telah memberikan izin yang mengizinkan impor vaksin COVID-19 Sinovac China ke Jerman untuk diberikan kepada warga negara China di negara itu.

Suntikan tersebut belum disetujui untuk digunakan oleh regulator obat Eropa, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia telah memberikan lampu hijau untuk penggunaannya.


China Bersikeras Pakai Vaksin Dalam Negeri

China Mulai Berikan Vaksin COVID-19 Hirup
Seorang wanita mengenakan masker berjalan di dekat poster yang mempromosikan vaksinasi COVID-19 di pusat kesehatan masyarakat di Beijing, Rabu (26/10/2022). Kota Shanghai di China mulai memberikan vaksin COVID-19 yang dapat dihirup pada hari Rabu di tempat yang tampaknya menjadi yang pertama di dunia. (AP/Andy Wong)

Beijing sejauh ini bersikeras hanya menggunakan vaksin yang diproduksi di dalam negeri, yang tidak didasarkan pada teknologi mRNA Barat tetapi pada teknologi yang lebih tradisional.

Pengiriman itu dilakukan di tengah pembongkaran rezim penguncian "nol-COVID" yang ketat oleh Beijing , yang telah menyebabkan lonjakan kasus yang membuat sistem kesehatan yang rapuh tidak siap.

Para ahli memperkirakan bahwa negara berpenduduk 1,4 miliar orang itu dapat menghadapi lebih dari satu juta kematian akibat COVID tahun depan.


Keprihatinan WHO

China Mulai Berikan Vaksin COVID-19 Hirup
Seorang wanita melewati fasilitas pengujian virus corona yang memajang poster yang mempromosikan vaksinasi COVID-19 di Beijing, Rabu (26/10/2022). Kota Shanghai di China mulai memberikan vaksin COVID-19 yang dapat dihirup pada hari Rabu di tempat yang tampaknya menjadi yang pertama di dunia. (AP Photo/Andy Wong)

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dalam pengarahan pada hari Rabu bahwa badan PBB tersebut prihatin dengan lonjakan infeksi COVID-19 di ekonomi nomor dua dunia itu.

Dia mengatakan WHO mendukung pemerintah untuk memfokuskan upayanya pada vaksinasi orang dengan risiko tertinggi di seluruh negeri.

China memiliki sembilan vaksin COVID yang dikembangkan di dalam negeri yang disetujui untuk digunakan. Jumlahnya ini lebih banyak dari negara lain mana pun. Tetapi tidak ada yang diperbarui untuk menargetkan varian Omicron yang sangat menular, seperti yang dimiliki Pfizer-BioNTech dan Moderna untuk penguat di banyak negara maju.

Dua vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech dan Moderna adalah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Infografis Kejahatan Vaksin Covid-19 Palsu di China
Infografis Kejahatan Vaksin Covid-19 Palsu di China (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya