Situs Geologi AS Catat Gempa Magnitudo 5,3 Mengguncang Yunnan China

Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Yunnan, China pada 2 Mei 2023 pukul 23.27 waktu setempat.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 04 Mei 2023, 15:02 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2023, 15:02 WIB
Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Liputan6.com, Yunnan - Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Yunnan, China pada 2 Mei 2023 pukul 23.27 waktu setempat.

Dikutip dari laman News.cgtn.com, Kamis (4/5/2023) tiga orang menderita luka ringan setelah gempa berkekuatan 5,2 mengguncang Kota Baoshan, Provinsi Yunnan.

Pusat gempa terpantau di 25,35 derajat lintang utara dan 99,28 derajat bujur timur, dengan kedalaman 10 km, menurut Pusat Jaringan Gempa China.

Gempa juga dirasakan di kota-kota lain di provinsi itu, termasuk Dali, Lincang, Chuxiong, dan Mangshi.

Gempa ini juga tercatat oleh Situs Geologi Amerika Serikat atau USGS.gov. Bahkan, USGS mencatat bahwa gempa ini terasa hingga India dan Myanmar.

Dikutip dari laman Global Times, ditulis Kamis (4/5/2023), peringatan dini muncul di telepon seluler, pengeras suara dan televisi untuk mencegah jatuhnya korban. Gempa terjadi di distrik Longyang Baoshan pada Selasa, 2 Mei 2023 pukul 23:27 waktu setempat dengan kedalaman 10 kilometer.

The Global Times melaporkan, kalau gempa Yunnan China tersebut menyebabkan kerusakan tertentu pada rumah penduduk, pasokan listrik,air serta komunikasi, tetapi semuanya telah pulih. Menurut pejabat pemerintahan Baoshan, semua penduduk yang terkena dampak bencana dipindahkan ke daerah berisiko rendah.

Adapun jalan dan rel kereta api kembali beroperasi setelah pekerjaan penyelamatan dilakukan semalaman.

Gempa tersebut dirasakan sangat kuat oleh warga setempat ketika melanda distrik Longyang, menguncang rumah-rumah dan menyebabkan sebagian warga mengungsi. Hanya 11 menit kemudian, gempa magnitudo 4,4 muncul dan sama kuat.

“Saya terbangun dari goncangan yang saya kira teman sekelas saya berusaha membangunkan, tapi ternyata gempa,” ujar seorang netizen pada Selasa malam, 2 Mei 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gempa Terjadi Saat Hari Buruh

Ilustrasi gempa (unsplash)
Ilustrasi gempa (unsplash)

Gempa tersebut juga membuat khawatir wisatawan pada liburan Hari Buruh. “Saya akan pergi dari Lijiang ke Dali besok, dan Kunming lusa. Saya sedikit takut sekarang,” tulis netizen.

Regulator menyebutkan, sekitar 2.800 rumah di dekat pusat gempa di Longyang rusak dalam berbagai tingkat. Foto dan video yang beredar online menunjukkan sejumlah bangunan rusak, demikian juga kendaraan akibat puing-puing berjatuhan.


11 Ribu Penduduk Dievakuasi

Ilustrasi Gempa (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Ilustrasi Gempa (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Otoritas mengkonfirmasi gempa Yunnan terkait patahan seismogenik terdeteksi di Sungai Lancang. Setelah gempa bumi, otoritas aktifkan tanggap darurat level III dengan cepat dikerahkan ke daerah yang dilanda gempa.

Sekitar 2.400 personel penyelamat dikirim ke daerah yang dilanda gempa dengan 365 tenda dan 734 tempat tidur dikirim ke lokasi, menurut Departemen Bantuan Bencana Baoshan pada Rabu pekan ini.

Lebih dari 11.000 penduduk yang tinggal di dalam dan sekitar pusat gempa di Longyang dipindahkan denga naman, menurut departemen tersebut.

Sebelum gempa bumi melanda kota Baoshan, penduduk Kunming diberi tahu melalui alarm publik, televisi dan pesan teks saat peringatan dini dikirimkan yang membantu mencegah jatuhnya korban jiwa yang besar. “Harap tetap tenang, jauhi benda-benda yang ditangguhkan, dan hindari naik lift. Pilih area terbuka yang aman dan hindari risiko,” bunyi peringatan di ponsel warga.

Infografis Korban Gempa Bumi Cianjur Jawa Barat Magnitudo 5,6
Infografis Korban Gempa Bumi Cianjur Jawa Barat Magnitudo 5,6 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya