Sederet Capaian Gandi Sulistiyanto Selama Jadi Dubes RI untuk Korea Selatan, Kini Ditunjuk Jadi Wantimpres

Sebelum ditunjuk sebagai Wantimpres, Dubes Gandi Sulistiyant mulai bertugas sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea pasca-pelantikan oleh Presiden Jokowi pada 17 November 2021.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 17 Jul 2023, 11:24 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2023, 11:24 WIB
Duta Besar RI untuk Seoul Korea Selatan Gandi Sulistiyanto dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden. (Dok KBRI Seoul)
Duta Besar RI untuk Seoul Korea Selatan Gandi Sulistiyanto dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden. (Dok KBRI Seoul)

Liputan6.com, Seoul - Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto telah dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 Juli 2023.

Presiden Jokowi melantik dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Istana Negara Jakarta, yakni anggota Majelis Kehormatan PPP Djan Faridz dan Dubes RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto.

Menurut informasi dari KBRI Seoul yang diterima Senin (17/7/2023), Dubes Sulis tiba di Korea Selatan pada awal Januari 2022 dan mulai bertugas sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, pasca-pelantikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 17 November 2021.

Dubes Gandi Sulistiyanto tercatat pernah mendampingi Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri yang diutus Presiden Jokowi menghadiri Pelantikan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-Yeol pada 10 Mei 2022.

Dubes Sulis juga menyambut Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja tanggal 27-28 Juli 2022 ke Korea Selatan, di mana telah diselenggarakan rangkaian pertemuan Presiden RI dan Presiden Korea Selatan.

Tercatat Presiden Korea Selatan berkunjung ke Indonesia dalam rangka KTT G20 yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Bali pada 15 – 16 November 2022.

Di dalam struktur KBRI Seoul, atas prakarsa Dubes Gandi Sulistiyanto, mulai bulan Februari 2022, Fungsi Penerangan Sosial Budaya diperluas menjadi Fungsi Ekonomi Kreatif, Digital, Start Up dan Diplomasi Publik yang difokuskan untuk menumbuhkembangkan kolaborasi antara pelaku ekonomi kreatif digital start up kedua negara serta diplomasi people-to-people kedua negara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Capaian Gandi Sulistiyanto Selama Menjadi Dubes untuk Korea

Dubes Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto meresmikan Indonesia Centre yang pertama di Korea Selatan pada Kamis (2/6/2022). (Foto: Kemlu RI)
Dubes Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto (kiri). (Foto: Kemlu RI)

Selama masa jabatannya sebagai Duta Besar untuk Korea, Dubes Sulis mengetuai ASEAN Committee in Seoul (ACS) untuk periode Januari – Juni 2023. Sejalan dengan Presidensi Indonesia di ASEAN bertema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, Dubes Sulis selalu menekankan Sentralitas ASEAN sebagai kunci kemitraan dan persahabatan negara ASEAN.

Inisiatif demi inisiatif kepemimpinan KBRI Seoul di ACS bergulir sepanjang paruh pertama tahun 2023, termasuk Pertemuan dan diskusi para Dubes ASEAN di Seoul dengan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin, Menlu RI periode 2001-2009 Dr N Hassan Wirajuda, serta Ketua Parlemen Korea.

KBRI Seoul juga menyelenggarakan Briefing Media dengan Keketuaan Indonesia di ASEAN sebagai salah satu tema utama, pertemuan silaturahmi Atase Pertahanan ASEAN di Seoul, Workshop Batik dan Pengenalan Gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia untuk Pasangan Duta Besar Negara Anggota ASEAN di Seoul.

KBRI Seoul juga memfasilitasi kegiatan Special Briefing KASI oleh Kemlu Korea, dan pertemuan dengan Dubes RRT di Seoul.

"Ambassador Gandi Sulistiyanto has proven that, in line with ASEAN Matters, ASEAN Committee in Seoul also matters" ungkap para Duta Besar negara ASEAN saat acara serah terima Keketuaan ACS dari Indonesia kepada Laos pada tanggal 13 Juli 2023.


Inisiatif di Bawah Arahan Dubes Gandi Sulistiyanto

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistyanto dan Pendiri FPCI Dino Patti Djalal. (Dok KBRI Seoul)
Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistyanto. (Dok KBRI Seoul)

Sementara itu, dalam rangka Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Korea di tahun 2023 di bawah inisiatif Dubes Sulis diselenggarakan rangkaian kegiatan antara lain:

  • Sayembara Logo 50 Tahun Persahabatan Indonesia Korea;
  • Forum Bisnis untuk Penguatan Kerja Sama Sektor Keuangan yang dihadiri Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI;
  • Forum Bisnis untuk Penguatan Kerja Sama Investasi Sektor Kendaraan Listrik dan Sektor Kesehatan yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi dan Menteri Kesehatan RI;
  • Forum Bisnis untuk Penguatan Kerja Sama Investasi di Bidang Energi Baru dan Terbarukan serta Infrastruktur Hijau yang dihadiri Menteri Keuangan RI, Gubernur Bank Indonesia, dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara;
  • Bazaar UMKM yang dihadiri Wali Kota Solo;
  • Indonesia Night yang turut dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Selain itu, pada Agustus 2023, dalam rangka menyambut Peringatan HUT RI ke-78 direncanakan kegiatan peluncuran mobil listrik bermotif Batik yang merupakan inisiatif KBRI Seoul bekerjasama dengan Hyundai Motor Manufacturing Indonesia/HMMI.


Mantan Direktur Sinar Mas Kini Jadi Wantimpres

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto menilai bahwa kepemimpinan ASEAN saat ini punya peran besar dalam kehidupan di masa mendatang.
Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto.

Gandi Sulistiyanto menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan melalui proses seleksi dari penunjukkan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi. Pria yang akrab disapa Sulis ini pun telah menjalani sejumlah tes di DPR untuk menjadi duta besar sejak awal 2021.

Berikut ini Liputan6.com ulas profil Gandi Sulistiyanto dari berbagai sumber:

Gandi Sulistiyanto lahir di Pekalongan, 13 Februari 1960. Ia pun menghabiskan masa SD dan SMP di Sukorejo, Jawa Tengah. Tamat dari SMA Masehi Pekalongan, ia melanjutkan studi ke D-3 Mesin yang saat itu bernama PAT (Pendidikan Ahli Teknologi) Universitas Diponegoro atau Undip pada 1978.

Usai lulus, Sulis pun inginan bekerja di perusahaan pupuk yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur. Namun, ia tidak jadi berangkat ke Kalimantan dan memutuskan mencari kerja di Jakarta.

Alhasil, Sulis pun bergabung dengan perusahaan otomotif Astra. Sulis merintis karier dari nol. Segala jenis pekerjaan ia lakoni, mulai dari mengangkut sparepart otomotif hingga berhasil menjadi Marketing Manager mobil BMW.

Posisinya sebagai Marketing Manager membuat Sulis sering mengikuti kegiatan golf untuk menawarkan produk. Kegiatan tersebut membawanya bertemu dengan anak dari pendiri Sinar Mas, Indra Widjaja. Ia pun ditawari pekerjaan oleh Indra.

Gandi Sulistiyanto yang akrab disapa Sulis menjadi bagian dari keluarga besar Sinar Mas pada 1992. Sepanjang kariernya di Sinar Mas, ia mengemban banyak tanggung jawab besar untuk memimpin perusahaan.

Ia dipercaya menjabat sebagai CEO Asuransi Jiwa EkaLife pada 1992, mendirikan asuransi kerugian LG Simas pada 1997, hingga pada 2002, Sulis dipercaya menduduki posisi sebagai Managing Director dan memiliki tugas untuk melakukan restrukturisasi.

Bahkan, Sulis pun menjadi saksi pertumbuhan perusahaan yang sempat dihantam krisis finansial 1998, hingga saat ini telah memiliki tujuh pilar usaha dan memiliki kurang lebih 380.000 karyawan.

Setelah menjalani sepak terjang selama 29 tahun di Sinar Mas, eks-Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto resmi menjadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan pada Rabu, 17 November 2021 di Istana Negara, Jakarta.

Saat ini, Presiden Jokowi pun menunjuk Gandi Sulistiyanto sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Istana Negara, Senin, 17 Juli 2023.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya